Pengertian hiking dan trekking serta lokasinya di Sentul Bogor

Hiking dan trekking memiliki makna umum yaitu perjalanan dan penjelajahan atau aktivitas perjalanan di luar ruang dengan menggunakan kaki sebagai alat dalam menempuhnya. Dan, banyak yang menganggap dua padanan kata tersebut adalah sinonim[1]sinonim/si·no·nim/ n bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain; muradif;, namun sesungguhnya terdapat perbedaan yang mencolok diantara hiking dan trekking.

Hiking adalah aktivitas perjalanan untuk kesenangan, rekreasi dan olahraga, biasanya hanya ditempuh dalam waktu singkat, bahkan hanya dalam hitungan jam atau kurang dari 1 hari perjalanan. Jalur hiking telah dipersiapkan secara baik, aman dan nyaman sebagai rute yang menghubungkan antara satu venue / destinasi dengan venue lainnya, bahkan disepanjang jalur hiking terdapat titik-titik untuk beristirahat.

Sedangkan trekking, adalah aksi perjalanan panjang yang dilakukan dengan cara berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya seperti untuk expedisi dan lainnya, trekking biasanya dilakukan di pedalaman suatu daerah yang belum terjamah oleh masyarakat perkotaan, dengan rute perjalanan yang berada di daerah yang minim sarana dan prasarana atau bahkan belum ada. Durasi perjalanannya dalam trekking akan sulit diprediksi, bisa sehari, seminggu  bahkan berbulan-bulan.

Bagaimana dengan mendaki gunung, apakah termasuk hiking atau trekking ? Mendaki gunung atau mountaineering memiki pakem nya tersendiri yaitu kegiatan olahraga dengan aktivitas mendaki gunung[2]Oxford Dictionary ; the sport or activity of climbing mountains dengan dua kategori medan yang dihadapi 1. Hill Walking ; secara khusus kegiatan ini disebut mendaki gunung atau perjalanan mendaki bukit-bukit dan atau pegunungan yang belum membutuhkan peralatan khusus dan tekhnik khusus, dan  2. Climbing ;  yaitu pendakian yang membutuhkan alat dan tekhnik khusus. Baca selengkapnya di Journey

Hiking versus Trekking

Berdasarkan jalur penjelajahan

Rute untuk melakukan aktivitas hiking itu menggunakan jalur resmi atau jalur yang sudah ada, jalur yang pernah digunakan sebelumnya, atau jalur yang pernah dibuat khusus untuk kegiatan hiking. Sedangkan trekking menggunakan rute dengan membuka jalur perjalanan baru dan belum ada petunjuk arah ataupun tempat istirahat. begitupun dengan sarana dan prasarana jalur perjalanan trekking masih dalam kondisi minim untuk dilalui. Dalam hal ini, trekking dapat dikatakan perjalanan membuka jalur baru dengan resiko dan tantangan yang tinggi. Kendatipun sudah memiliki jalur tersendiri, pada hiking terdapat beberapa resiko hambatan, namun resiko hambatan akan lebih kecil dibandingkan dengan trekking, oleh karenanya trekking membutuhkan keterampilan ekstra dalam penjelajahan medan yang nyaris tidak landai atau rata kadang  terjal dan kadang tegak lurus.

Berdasarkan waktu tempuh

Lama waktu yang diperlukan untuk hiking relatif lebih singkat dibandingkan dengan trekking. Pada kegiatan trekking waktu tempuh akan lebih lama dibandingkan dengan hiking, hal ini disebabkan medan yang ditempuh akan lebih panjang dan sulit untuk dilalui, begitupun dengan waktu yang dibutuhkan untuk melewati permukaan-permukaan bentuk medan yang akan memakan waktu yang lama. Sementara itu, hiking dapat ditempuh kurang dari satu hari perjalanan atau berkisar 2 jam hingga 8 jam,  sedangkan waktu tempuh dalam melakukan trekking akan sulit diprediksi, bisa sehari, hingga berminggu minggu bahkan berbulan-bulan.

Berdasarkan segi persiapanya

Hiking tidak begitu banyak memerlukan peralatan untuk dibawa dalam perjalanan, hanya cukup mebawa pakaian set outdoor activities, trekking pole, air dan makanan kecil. Sementara itu, trekking membutuhkan banyak peralatan / perlengkapan yang memumpuni untuk dibawa seperti alat untuk menginap sementara atau alat berkemah, alat untuk bertahan hidup (survival kits), perlengkapan perjalanan yang disesuaikan dengan tujuan trekking hingga kondisi fisik yang prima, persiapan mental yang kuat, kemampuan navigasi, dan lainnya.

Berdasarkan jarak tempuh

Jarak tempuh akan berbanding lurus dengan waktu. Sebagian perjalanan hiking memiliki jarak yang pendek yaitu jalur yang menghubungkan antara satu venue / destinasi dengan venue lainnya dan itu kurang dari 40 km, sedangkan trekking memiliki jarak perjalanan panjang berkisar 40 km hingga ratusan kilometer.


Peralatan Hiking

Hiking  – Di Indonesia akan sulit membedakan antara hiking dan trekking dalam pengertian yang benar dengan pengaplikasiannya, karena lingkungan perdagangan dan para pelakunya telah membiaskan atau mengkaburkan pengertian antara hiking dan trekking dalam berbagai bentuk, termasuk pada bentuk perdagangan peralatan hiking / trekking. Dan dalam hal ini penulis akan menganggap bahwa hiking dan trekking memiliki persamaan kata yaitu aktivitas perjalanan di kawasan hutan gunung dan pegunungan. Perlengkapan dibawah ini adalah untuk hiking yang memiliki waktu durasi satu hari perjalanan di dibawah 6 jam.

  • Trekking / hiking pole ; berfungsi untuk membantu hiker / pejalan kaki dengan ritme mereka dan memberikan stabilitas di medan yang berat.
  • Sepatu Hiking ; adalah sepatu khusus yang didesain untuk hiking, memberikan keselamatan dan kenyamanan dalam penjelajahan serta dapat membantu melindungi kaki saat mendaki.
  • Tas hiking ; adalah tas gunung dengan ukuran kecil untuk membawa baju ganti, makanan dan minuman, perlengkapan hiking, first aid dan lainnya
  • Minuman dan makanan ; adalah makanan ringan, buah-buahan dan air putih sebagai bekal perjalanan
  • Baju cadangan dan jas hujan ; baju ganti dan jas hujan untuk perlindungan tubuh ketika turun hujan pada saat hiking
  • Perlengkapan serba guna ; seperti pisau dan lainnya yang dianggap penting dan akan digunakan pada saat hiking.
  • First aid kit; adalah kotak untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan dalam perjalanan seperti obat antiseptik, betadine atau sejenisnya, kain kasa, perban atau plester, obat-obatan umum dan ringan serta  kit tambahan  berupa pemotong seperti gunting atau pisau, juga pinset, dan sarung tangan.

Lokasi hiking di Puncak Bogor

Hiking di Puncak – Berada dalam kawasan pariwisata gunung Paseban di punggungan barat dayanya, perjalanan ini akan dimulai dengan mengambil titik kumpul di Highland camp. Ada beberapa rute jalur penjelajahan dengan durasi dan tantangan yang berbeda antara satu dengan lainnya, yang terdekat dapat di jangkau sekitar 1.5-2 jam perjalanan dengan melewati sungai, air terjun dan hutan menuju venue air terjun curug panjang. Dan, rute kedua hiking menuju venue air terjun curug bulao, perjalanan dengan menggunakan jalur highland – curug panjang – curug bulao ini dapat ditempuh sekitar 2-3 jam dengan melewati hutan, sungai lembahan dan perbukitan. Rute lainnya menuju gunung Kencana, perjalanan dengan menggunakan jalur ini dapat ditempuh dengan 4-5 jam perjalanan. baca selanjutnya di Gunung Paseban.  

Tempat hiking di Sentul dan Bogor

Hiking di Sentul – Selain di kawasan punggungan barat gunung paseban, tempat hiking lainnya berada di kawasan sentul dan sekitarnya menuju Cisadon. Antara gunung Paseban, kawasan sentul dan Cisadon memiliki jalur-jalur hiking yang terhubung antara satu dengan lainnya dengan melewati perbukitan, perkampungan, hutan dan lembahan, dibawah ini adalah titik point perjalanan penjelajahan yang mengambil star di Bojong Koneng, Leuwi Asih, Gunung Pnacar di kawasan sentu, untuk detail kawasan dapat di baca di Wisata Sentul.

  • Bojong Koneng – Cisadon ; dengan mengambil titik awal di Bojong Koneng, ini merupakan rute dengan keberagaman jalur hiking dan tantangannya, yaitu tanah berbatu, jalanan tanah merah berlumpur dengan kiri dan kanannya adalah tebingan dan lembah, melewati kebunkebun warga lokal hingga akhirnya memasuki kampung terpencil yang berada di antara perbukitan, itulah Cisadon yang menjadi tujuan akhir dari perjalanan.
  • Gunung Pancar – Leuwi Asih ; Jalur hiking ini dapat ditempuh dengan waktu 1,5 – 2 jam perjalanan, dengan titik star di  gunung Pancar
  • Leuwi Asih – Goa Garunggang – Leuwi Asih ; Rute ini memiliki estimasi waktu tempuh perjalanan sekitar  2 – 2,5 jam, dengan meeting point dan titik finis berada di leuwi Asih.
  • Leuwi Asih – Curug Kencana – Leuwi Asih ; Jalur hiking dengan tujuan curug kencana dari leuwi asih memiliki estimasi waktu tempuh 2 – 2.5 jam.
  • Eksplor Curug Ciburial; memiliki estimasi waktu tempuh 2 -2,5 jam dengan trek cenderung menanjak
  • Eksplor Leuwi Hejo; jalur jelajah menuju leuwi hejo memiliki kemiripan dan jarak tempuh ketika explor curug Ciburial
  • Gunung Pancar – Curug Kencana ; jalur jelajah gunung pancar – Curug Kencana  ini memiliki estimasi waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan meeting point di Gunung Pancar.
  • Gunung Pancar – Leuwi Asih – Curug Kencana ; Rute ini memiliki estimasi waktu tempuh 3,5 – 4 jam, dengan meeting point di Gunung Pancar ;
  • Gunung Pancar – Curug Cinta; Rute ini memiliki estimasi waktu tempuh 3,5 – 4 jam, dengan meeting point Gunung Pancar
  • Cisadon – Curug Kencana ; Rute ini memiliki estimasi waktu tempuh 8 jam, dengan meeting point Gunung Pancar
  • Gunung Pancar – Curug Bidadari ; Rute ini memiliki estimasi waktu tempuh 3,5 jam dengan rute menyusuri sungai. Meeting point Gunung Pancar

Hiking di Halimun Salak

Hiking di Bogor – Banyak tempat untuk hiking di Halimun-Salak, yang terpopuler adalah jalur pendakian menuju puncak salak 1 (2.211 Mdpl) dan puncak salak 2 (2.190 Mdpl). Untuk menuju puncak salak, hiker dapat melalui pintu pondok Cangkuang dan pintu Pasir Rengit / gunung Bunder Bogor, kedua rute  tersebut merupakan jalur resmi pendakian. lainnya adalah  jalur hiking menuju kawah ratu, terdapat  tiga jalur resmi untuk mencapai kawah Ratu yaitu jalur bumi perkemahan gunung Bunder dengan waktu tempuh sekitar 3 – 4 jam hiking, pintu lainnya adalah  Pasir Reungit, dan bumi perkemahan Cangkuang.

Lokasi hiking lainnya yang berada di Halimun adalah jalur iterpretasi atau loop trail sepanjang ±3,8 km di Citalahab-Cikaniki. Disepanjang jalur interpretasi Citalahab-Cikaniki hiker dapat menikmati beberapa jenis anggrek hutan, kantong semar, suplir, dan pepohonan yang usianya sudah mencapai ratusan tahun serta berbagai  fauna hutan sambil hiking. 

Jelajah air terjun di Puncak Bogor

Hiking Puncak – Aktivitas Jelajah curug naga merupakan penggabungan antara hiking dengan penjelajahann sungai dan air terjun dengan mengambil titik awal perjalanan dari Highland camp. Beragam sensasi yang dapat dirasakan ketika berjelajah, seperti sensasi cliff jumping, body Rafting, mendaki bebatuan hitam berlumut, rappeling, sensasi menjelajah jalanan setapak dibawah rimbunan tajuk tegakan dan sensasi menyusuri dinginnya arus sungai.

Jelajah air terjun curug naga merupakan wisata berbasis petualangan (adventure tourims based) yang kegiatannya dilakukan pada 4 air terjun dengan lingkungan yang eksotis yang berada pada kawasan pariwisata minat khusus gunung Paseban, Dalam jelajah curug naga, alam akan menjadi untaian symponi yang menakjubkan, dimana aktivitas fisik dan olah emosi akan berpadu peran dengan instrumen-instrumen hutan pembentuk kehidupan dan gemuruh terjunan air serta dalam indahnya ruang kebersamaan. Selangkapnya dapat dibaca di Jelajah Air Terjun.

Simpulan hiking, trekking di Puncak, Bogor dan sentul

Hiking Puncak – Sangat jelas dan tegas perbedaan antara hiking dan trekking yang selama ini ditafsirkan sinonim antara satu dengan yang lainnya, perbedasan ini terlihat dari tujuan, waktu tempuh dan jalur penjelajahan antara hiking dan trekking, namun sebagian dari kita telah membiaskan kedua kata tersebut dengan kepentingan perdagangan dan branding produk-produk pariwisata.

Di Bogor yang kawasannya dilingkar oleh 2 taman Nasional dengan 3 gunung (gunung Gede, Pangrango dan salak serta satu pegunungan Halimun) dan beberapa pegunungan lainnya, terdapat banyak jalur hiking untuk kegiatan wiata alam berbasis petualangan dan olahraga, yaitu yang berada di kawasan gunung Paseban, dikawasan Sentul dan Halimun.


This entry was tagged in hiking and treking, trekking adalah, hiking di sentul, tempat hiking di sentul, hiking gunung pancar, trekking di sentul, arti trekking, explore sentul, sentul hill trekking,  tempat hiking di bogor,  trekking adalah, hiking artinya, apa arti hiking, arti trekking, highland adventure indonesia, apa yang dimaksud dengan hiking, tempat hiking di bogor, tempat hiking, arti dari hiking, hiking sentul, trekking sentul, apa yang dimaksud dengan hiking, tempat hiking di bogor, hiking di bogor, tempat hiking, tempat hiking di sentul, tempat hiking di puncak, tempat trekking di puncak, apa arti hiking, trekking di bogor, hiking di bogor.

References

References
1 sinonim/si·no·nim/ n bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain; muradif;
2 Oxford Dictionary ; the sport or activity of climbing mountains