Trekking di Puncak Bogor rute Paseban – Curug 7 Cilember via hutan pegunungan

Trekking di Puncak Bogor – Terdapat beberapa jalur trekking di Puncak Bogor yang menghubungkan antar satu destinasi dengan destinasi lainnya, sebagian banyak destinasi yang menjadi tujuan utama perjalanan adalah air terjun, puncak gunung seperti puncak gunung Kencana, puncak Karvak dan puncak gunung Gedogan dan lainnya. Sebagain banyak jalur terkking yang eksotis di Puncak Bogor berada dalam hutan pegunungan (montana) dan hutan pegunungan bawan (submontana).

Trekking di Puncak Bogor dengan rute Paseban menuju curug 7 Cilember, jalurnya berada dalam hutan pegunungan bawah yang menghubungkan antara bumi perkemahan Highland camp dengan destinasi air terjun Cilember di sebelah barat dayanya. Jalur trekking yang melintasi dua perbukitan di kaki gunung paseban ini dapat ditempuh dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam, sehingga mencapai destinasi air terjun ke 7 atau terjunan air teratas dari komplek curug Cilember, lalu dilanjutkan menapaki ketujuh air terjun sehinnga mencapai pada air terjun pertama.

Baca Paket Trekking :
4 Paket trekking di Puncak Bogor


Go Adventure

+62 819-1005-4000

Whatsapp


Baca Juga :
Family trekking di Puncak Bogor dan wisata berbasis petualangan

Trekking di Puncak Bogor – Jalur trekking Paseban – Curug 7 Cilember hanyalah 1 dari 4 rute trekking yang berada dalam Hutan pegunungan bawah di kaki gunung Paseban. Ke empat rute trekking tersebut adalah 1. Paseban – Puncak Kencana via gunung Gedogan dan puncak Karvak, 2. Highland camp – curug Cibulao, 3. Highland camp – curug Panjang dimana jalur ini merupakan jalur khusus untuk trekking keluarga, dan yang ke empat (4) adalah rute Highland camp – curug 7 Cilember.

Jalur trekking Paseban – curug 7 Cilember memiliki kemiripan karakter dengan jalur-jalur trekking yang ada dalam hutan pegunungan di zona penyangga Taman Nasional Gunung Gede Panggrango (TNGGP), yang membedakannya hanyalah jarak tempuh dan destinasi tujuan perjalanan.

Kendatipun memiliki kemiripan secara umum, namun terdapat perbedaan yang mencolok antar satu jalur trekking dengan jalur lainnya, seperti tantangan pada medan perjalanan, dominasi vegetasi tutupan dan tumbuhan-tumbuhan penciri yang berada di jalur trekking serta kehidupan binatang liar yang mendiaminya.

Pada jalur trekking Highland camp – curug 7 Cilember, para trekker akan melewati tempat tinggal kra (Macaca fascicularis) / kera atau monyet yang berada dalam lobang-lobang tanah di tebingan-tebingan hutan (gawir), hal ini karena pada lerengan barat daya gunung paseban merupakan salah satu zona sebagai tempat hidupnya kelompok mamalia berekor panjang, lainnya adalah pohon puspa, seru, atau medang gatal (Schima wallichii) yang merupakan pohon endemik di dataran sunda yang banyak mendominasi tajuk tegakannya.

Baca Juga :
Trekking di Puncak Bogor

Destinasi trekking di Puncak rute Paseban – Curug 7 Cilember

trekking puncak
Image 2 : Hutan pegunungan bawah

Trekking di Puncak Bogor – Terdapat tiga venue pada rute Paseban – curug 7 Cilember yaitu Highland camp yang merupakan titik awal perjalanan, keduanya hutan pegunungan bawah dengan berbagai biodiversity yang terkandung didalamnya dan fenomena estika lansekap alam dan yang ketiga adalah komplek air curug yang memiliki 7 terjunan air di yang dikenal dengan sebutan curug 7 Cilember.

Trek Hutan Pegunungan Bawah


Trekking di Puncak Bogor – Hutan pegunungan bawah (Submontana forest) dimana jalur trekking berada merupakan hutan yang berada kaki gunung paseban dan kaki gunung Gedogan, hutannya berada pada ketinggian antara 1000 s.d 1500 mdpl. Hutan pegunungan merupakan formasi hutan tropika basah yang terbentuk di wilayah pegunungan dengan segala bentuk penomena lansekap alam dan kekayaan biodeversitas nya.

Hutan pegunungan bawah merupakan salah satu ekosistem yang sangat penting untuk menopang lingkungan hidup di kawasan Puncak Bogor, Kawasan hutan merupakan tangkapan dan resapan air yang sangat berperan dalam penyimpanan air sebagai sumber kehidupan seperti kehidupan rumah tangga, perkebunan dan pertanian, dan pariwisata. Hal ini terbukti bahwa dilerangan barat gunung Paseban terdapat banyak terjun air yang menjadi obyek daya tarik wisata alam seperti curug Cibulao, curug Orok, curug Panjang, curug Naga, curug curug 7 Cilember dan banyak lainnya yang tersebar di kawasan wisata Puncak. 

Curug 7 Cilember

trekking puncak
Image 4 : Curug 7 Cilember

Trekking di Puncak – Curug Cilember yang menjadi tujuan darin trekking Puncak Bogor jalur Paseban – Curug 7 Cilember memiliki daya tarik wisata air terjun yang tersusun sebanyak tujuh tingkat dalam aliran air yang sama dan sekaligus memiliki sejarah legenda masyarakat yang diceritakan secara turun menurun.

Curug Cilember terletak di desa Jogjogan Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki luas efektif kawasan wisata Curug 7 Cilember sebesar 5,8 Ha, Sumber air yang melimpah, panorama pemandangan  dengan kawasan hutan yang masih alami menjadi daya tarik utama wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani sejak tahun 1990 ini. Komplek air terjun curug 7 Cilember berada dalam kawasan lindung di sebelah utaranya Taman Nasional gunung Gede Pangrango, dalam kawasan pariwisata Puncak Bogor.

Curug Cilember dengan tujuh terjunan air yang bertingkat-tingkat yang dikenal juga dengan sebutan curug 7 Cilember, mengambil asal nama dari kata dalam padanan bahasa Sunda yaitu lember, yang merujuk pada jenis jamur berwarna kecoklatan yang tumbuh di pepohonan atau batang kayu yang sudah mati yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama jamur kuping, dan supa lember telah menginspirasi nama inentitas tempat (marker identity)  komplek air terjun ini sehingga sepopler sampai sekarang

Banyak mitos sehingga membentuk narasi cerita yang berkembang di masyarakat setempat dan menjadi cerita secara turun menurun, bukan hanya pada masyarakat sekitar namun sudah berkembang pada masyarakat diluar Cilember, konon katanya curug 7 Cilember merupakan tempat pemandian putri Kerajaan Pajajaran, sehingga pada akhirnya masyarakat mempercayai bahwa dengan mandi di curug Cilember akan membuat awet muda, keluarga menjadi bahagia, enteng jodoh, karier meninggi, dan menyehatkan tubuh. MItos yang berkembang di curug Cilember merupakan fenomena budaya yang banak berkembang di dataran sunda yang selalun mengaitkan air terjun dengan cerita-cerita pembangunnya.

Lokasi Curug Cilember :

Jl. Raya Puncak – Gadog No.KM. 15, Cisarua, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/iMqQxoQf6t9GPsUt7
8WQW+PF Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Highland camp curug Panjang

highland camp
Image 5 : Highland camp

Trekking di Puncak Bogor – Titik yang menjadi tempat awal trekking dengan rute Paeban – curug 7 Cilember adalah Highland camp. Highland camp berada di lerengan barat daya Gunung Paseban dan di sebelah barat lautnya curug 7 Cilember. Highland camp curug panjang meruoakan tempat berkemah terluas di yang berada dalam kawasan hutan pegunungan bawah, dengan nuansa hutan pegunungan, lokasi Highland camp yang dilingkar oleh 3 aliran hulu sungai ini, disekitarnya terdapat 5 air terjun yang eksotis.

Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang hadir diantara pesona lanskap alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah, hadir daslam pesona hutan pegunungan bawah (sub-montana) serta elemen air. Tempat berkemah ini berada pada ketiggian berkisar antara 949 – 1086 m dpl.

Lokasi Highland Camp :

Highland Camp berada di Jalan Curug Panjang atau jalan Situhinag pada ketinggian 949 – 1086 m dpl, terletak di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, 16770.
Peta dan Koordinat GPS:
ttps://goo.gl/maps/sQunywbb83ydVbQF8h
8WXW+J4 Megamendung, Bogor, Jawa Barat.


The trekking story of Paseban – curug 7 Cilember

Trekking di Puncak Bogor – Dengan sebuah perangkat Iphone yang tidak mendapatkan jaringan komunikasi, aku merangkai kata demi kata dibawah tegakan pohon puspa dalam keriuhan suara burung di pagi hari, duduk diantara akarnya dengan sulur-sulur liana yang menggantung diatasnya, disini telihat pohon pandan hutan yang merupakan bahan baku untuk membuat tikar pandan yang sering dianyam penduduk lokal sebagai kriya etnik, dan lainnya terlihat seusereuhan (Piper angustifolium, Piper celtidifolium, Piper elongatum) yang kabarnya berkhasiat sebagai obat bisul dan obat luka baru, terlihat pula rotan cacing (Calamus heterodieus Blume), dan jenis pakis-pakisan atau paku-pakuan yang merupakan kelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati, serta beberapa tumbuhan yang tidak aku kenali.

Nama kecilku Kiade, Memang benar apa yang sebelumnya dibincangkan oleh sesepuh paseban, jalur pertama trekking menuju air terjun curug 7 Cilember dari kaki gunung Paseban itu akan perhadapkan dengan jalanan menanjak lurus lalu berkelok-kelok seperti jalanan Puncak, tanjakan yang memiliki kemiringan 60 sd 70 derajat dari titik masuk hutan yang berada pada ketinggian 963 mdpl. Dari jalanan setapak yang tidak terlalu lebar ini kami melewati sebuah pohon pinus merkusii yang cukup besar, dengan lingkar batang sekitar 2,3 meter dan pinus kedua dengan diameter lingkar batang sekitar 2 meter menjadi akhir tanjakan yang banyak menguras energi.

Di sepanjang perjalanan tadi, banyak ditemukan tumbuhan penciri hutan hujan pegunungan bawah yang berada di kaki gunung paseban yaitu pohon pupsa, cuangfung atau bin bin sejenis palem-paleman dari famili Arecaceae atau suku pinang-pinangan (palem). Dan jenis tumbuhan merambat yang mendominasi adalah rane (Selaginella) adalah marga sekelompok tumbuhan berpembuluh yang merupakan satu-satunya anggota suku Selaginellaceae, tumbuhan ini banyak tumbuh pada selasar di sepanjang jalur trekking, tumbuhan perdu lainnya adalah kaliandra (Calliandra; Benth) yaitu marga sekelompok tumbuhan berbuah polong, kelasi, tepus (famili Zingiberaceae), pakis (Polypodiophyta), cariang (Caladium) jenis keladi-keladian, dan lainnya. Dibeberapa tempat dapat ditemukan perkampungan (tempat tinggal) kra/ kera ekor panjang /kunyuk/monyet (Macaca fascicularis) yang merupakan lobang-lobang berada di tebingan-tebingan (gawir) hutan.


Hal yang harus di hindari dalan perjalanan tahap pertama ini adalah pohon rotan karena durinya sangat tajam yang dapat merusak pakaian ataupun dan menusuk kulit,  kedua adalah pohon pulus atau jelatang, karena jika terkena tumbuhan dari jenis ini akan berdampak pada iritasi pada kulit dengan rasa gatal yang teramat sangat, ketiganya adalah sarang babi hutan karena banyak kutu yang membahayakan dan dikenal dengan kutu babi atau peuti, dan yang keempat yang harus dihindari adalah menghayalkan seorang wanita ayu berkulit sawo matang nan manja dengan gaun putih berkeliaran dalam hutan belantara, karena itu adalah imaginasi atau fantasi.

Ah…!, Rasanya akupun sudah mulai berimaginasi. Baiklah, agar logik dan stamina tetap terjaga, kita akan segera melanjutkan kembali perjalanan kedua menuju curug 7 Cilember, dan menurut informasi, trek kedua menuju curug teratas atau curug yang ke-7 di komplek air terjun Cilember,  perjalanannya menurun atau melandai. (bersambung)

Simpulan trekking di Puncak Bogor jalur Paseban – curug 7 Cilember

Trekking di Puncak Bogor – Banyak cara untuk liburan, salah satunya dengan menjelajah alam yang masih liar dengan pesona estika lansekap alam dan biodevirsitas nya. Adalah aktifitas trekking di Puncak Bogor sebagai pemenuh kebutuhan akan liburan sehat pada saat politik pandemi berlangsung. Akan banyak didapatkan petualangan dan pengalaman yang dibisa eksperesikan pada kanal Youtube, Instagram, Tik tok, facebook ataupun media ke-ria-an lainnya, seperti layaknya aku (penulis) yang mengekpresikan perjalanan trekking di Puncak Bogor ini dalam “The trekking story” yang sengaja ditulis bersambung sehingga anda menjelajah sendiri untuk merasakan kelanjutan cerita dari the trekking story. 


Baca Juga :
Trekking di Puncak ; Paseban – Curug 7 Cilember Bogor

This entry was tagged in trekking di bogor and trekking di puncak, trekking di bogor, trekking di puncak bogor, hiking di puncak, hiking di bogor, hiking di puncak bogor, tempat trekking keluarga di puncak bogor, liburan trekking keluarga di puncak, hiking bersama keluarga, trekking ke curug cilember, trekking di curug, hiking ke curug, wisata trekking, perjalanan trekking di puncak, jalur trekking di puncak bogor, lokasi trekking, tempat trekking, lokasi trekking di puncak, tempat trekking di bogor dan puncak.