Family trekking di Puncak Bogor | Wisata trekking keluarga berbasis petualangan

Family trekking di Puncak – Family trekking adalah aktivitas petualangan yang dilakukan pada jalur interpretasi atau pada rute yang didesain secara khusus yang menghubungkan antar satu obyek daya tarik wisata dengan lokasi lainnya untuk edukasi, olahraga, wisata minat khusus dan liburan keluarga.

Jalur family trekking atau trekking keluarga di Puncak Bogor berada dalam hutan pegunungan bawah, di lerangan barat daya gunung Paseban. Jalur ini menghubungkan antara Highland camp dengan obyek daya tarik wisata air terjun curug Panjang dengan melewati jalanan setapak di bawah rimbunnya tajuk tegakan, aliran sungai, tebingan-tebingan dimana air terjun curug Saimah berada yang dilanjukan ke air terjun curug Panjang, sehingga kembali ke Highland camp.

Baca Paket Trekking :
4 Paket trekking di Puncak Bogor


Go Adventure

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Family trekking di Puncak – Wisata petualangan (adventure tourism) dengan program-program family trekking merupakan sebuah aktifitas petualangan yang melibatkan semua anggota keluarga dalam penjelajahan hutan pegunungan bawah pada jalur-jalur yang khusus. Wisata petualangan ini belum terlalu populer, hal ini disebabkan karena tidak banyaknya lokasi yang memberikan fasilitas alam untuk kegiatan family trekking, juga sedikitnya para pelaku usaha jasa yang berfokus khusus dalam menyediakan jasa wisata minat khusus dengan paket family trekking.

Salah satu lokasi yang memiliki fasilitas alam dan buatan untuk aktivitas family trekking di Puncak adalah kawasan wisata minat khusus curug Panjang, jalur trekking nya berada di lerengan barat gunung Paseban. Alur family trekking di Puncak Bogor ini menggabungkan antara kegiatan trekking hutan, susur sungai dan wisata air terjun dalam satu alur kegiatan.

.

Jalur family trekking di Puncak Bogor ini merupakan penggabungan antara jalur interpretasi yang berada dalam kawasan Highland camp, rute telusur sungai dan jalan setapak menuju obyerk daya tarik wisata alam curug Panjang. Aktifitas family trekking memiliki durasi perjalanan sekitar 60 menit s.d 90 menit atau tergantung pada ritme perjalanan sebuah keluarga ketika trekking. Durasi perjalanan pada aktifitas family trekking akan berbeda antara satu keluarga dengan keluarga lainnya, hal ini terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Berbeda dengan kegiatan trekking atau hiking pada umumnya, dimana aktivitas trekking sebatas berjalan di jalur setapak dibawah rindangnya tajuk-tajuk tegakan atau rute trekking berada pada rute jalanan tanah, jalur family trekking dalam kawasan ini memiliki fungsi sebagai jalur interpretasi dan susur sungai.

Baca juga :
Trekking di Puncak Bogor melalui jalur perawan yang eksotis

Alur family trekking di Puncak Bogor (umum)

family trekking puncak bogor
Image 2 : Jalur curug Panjang

Family trekking di Puncak – Aktifitas family trekking merupakan perpaduan antara kegiatan hiking yang dilakukan di  jalur interpretasi, menelusuri  aliran sungai yang tak berarus kencang dan mendaki tebingan di air terjun curug saimah, lalu dilanjutkan dengan aktivitas berenang di segarnya air berwarna hijau tosca di curug panjang yang.

Selain sebagai olahraga dan liburan, Family trekking merupakan wisata edukasi berbasis petualangan yang dapat mengembangkan kesadaran dan apresiasi keluarga terhadap lingkungan alam yang dilaluinya serta pemahaman akan destinasi pada saat rekreasi keluarga.

Perjalanan dengan titik awal di Highland camp, memiliki durasi 60 menit s.d 90 menit atau tergantung pada dari ritme perjalanan, perjalanan ini berujung di air terjun curug Panjang. Dari Curug Panjang, trekker keluarga akan kembali ke cek point pertama yaitu di Highland camp dengan durasi sekitar 7 menit – 10 menit. Perjalanan kembali cek point pertama tersebut akan melewati hutan pinus dan jalan berbatu. 

Trekking hutan

trekking di puncak bogor
Image 3 : Susur sungai

Family trekking di Puncak – Dengan cek point pertamanya di Highland camp zona Situhiang, para trekker keluarga terlebih dahulu akan melewati trek hutan dengan jalanan tanah yang menanjak. Dalam trekking hutan ini, beberapa rintangan yang akan dilewati berupa tanjakan-tanjakan, lorong yang terbentuk dari pepohonan hutan secara alami, jalanan menurun hingga mendapati sebuah aliran sungai yang airnya bersumber dari terjunan air curug Saimah untuk melanjutkan tahapan kedua berupa menelusuri arus sungai.

Susur sungai

family trekking di puncak bogor
Image 4 : Susur sungai

Family trekking di Puncak – Setelah rintangan pada jalur interpretasi atau trek hutan terlewati, saatnya trekker keluarga menyusuri airan sungai menuju curug Saimah. Dalam telusur sungai, tantangannya berupa menyusuri aliran sungai yang dingin dengan cara melawan arus air, melewati celah-celah bebatuan hitam berlumut sehingga sampai di terjunan-terjunan air curug Saimah. Di curug Saimah, trekker keluarga akan sebentar saja menikmati kolam-kolam kecil terjunan air yang ada diantara bebatuan besar untuk beristirahat atau berphoto ria.

Setelah menyusuri aliran sungai yang tak berarus kencang, para trekker keluarga akan kembali memasuki hutan menuju spot terbuka yang berada pada ketinggian di 1012 m dpl, Dan, disinil jugalah para trekker keluarga dapat beristirahat untuk sejenak menikmati pemandangan gunung salak dengan latar hutan pegunungan Paseban. Setelah selesai beristirahat dan berphoto ria, para trekker keluarga pun akan melanjutkan perjalanannya menuju air terjun curug Panjang untuk berenang di destinasi terakhir.

Wisata air terjun

family trekking di puncak bogor
Image 5 : Destinasi terakhir family trekking

Family trekking di Puncak – Curug Panjang merupakan tujuan terakhir perjalanan family trekking di Puncak Bogor, disinilah para trekker dapat berenang atau beristirahat sejenak sebelum melakukan perjalanan kembali pada cek point pertama di Highland camp. Perjalanan dari destinasi terakhir menuju titik pertama perjalanan dapat dicapai sekitar 7 s.d 10 menit dengan melewati jalanan berbatu yang membelah hutan pinus  dalam kawasan wisata curug Panjang.


ODTW Family trekking di Puncak Bogor

Family trekking di Puncak – Aktivitas family trekking biasanya di ikuti oleh para keluarga yang sedang berkemah di Highland camp. Namun beberapa keluarga mengkhususkan diri untuk datang ke Highland camp guna mengikuti aktivitas family trekking. Destinasi family trekking ini meliputi Highland camp, Curug Saimah dan air terjun Curug Panjang yang semuanya berada di lerengan barat daya gunung Paseban, Megamendung Puncak Bogor.

Jalur interpretasi

family trekking di puncak bogor
Image 6 : Landasan berbatu pada jalur interpretasi, sebagaian besar nya adalah tanah

Family trekking di Puncak – Jalur interpretasi dalam kawasan Highland camp merupakan jalur khusus yang digunakan untuk memasuki lingkungan hutan yang sangat menarik, memperlajari biodiversity yang ada dalam kawasan hutan pegunungan bawah di lerengan barat daya gunung Paseban. Jalur interpretasi dibuat khusus untuk pendidikan lingkungan seperti untuk mempelajari tumbuh-tumbuhan dan binatang liar dan lain sebagainya dengan menggunakan obyek asli dengan media yang bersifat ilustratif dan pembelajaran dilakukan secara experiential learning.

Sebagain besar jalur interpretasi berada di dalam hutan dikawasan Highland camp yang mengitari taman Kunang-kunang, terdiri dari jalanan menanjak, menurun dan datar dengan tanah sebagai pijakannya dengan obyek-obyek interpretasi berupa tumbuhan, binatang liar, tofografi dan lainnya. 

Terjunan air curug Saimah

family trekking di puncak bogor
Image 7 : Salah satu terjunan-terjunan air di curug Saimah

Family trekking di Puncak – Curug Saimah merupakan salah satu curug yang berada dalam kawasan Highland camp, berada di zona Ciputri.. Lompatan-lompatan air yang meluncur diantara celah celah bebatuan, airnya bersumber dari hutan punggungan yang berada di sebelah timurnya. Pada aliran sungai serta lingkungannya banyak bertebaran batu besar hitam berlumut dan terdapat tiga terjunan air dengan ketinggian + 8 s.d 11 meter, empat terjunan air berkisar kurang dari tujuh meter, yang beberapa lainnya memiliki terjunan-terjunan air setinggi orang dewasa dengan lompatan airnya yang tidak terlalu besar.

Curug Saimah merupakan air terjun yang unik, dominasi bebatuan besar, patahan-patahan tebingan dengan kemiringan mencapai 70 s.d 90 derajat yang membentuk lompatan air terjun dapat dimanfaatkan untuk beragam aktivitas wisata petualangan. Curug yang tidak memiliki kolam terjunan untuk berenang ini merupakan jalur family trekking yang menghadirkan sensasi petualangan dalam hutan pegunungan dengan elemen air sebagai pasangannya.

Di sepanjang aliran sungai menuju curug saimah, lokasinya tertutup oleh vegetasi dengan dominasi pohon kaliandra ( (Calliandra callothyrsus merupakan sekelompok tumbuhan berbuah polong), kerapatannya membentuk lorongan, lembab nan eksotis, aliran sungai yang air nya bersumber dari terjunan-terjunan di curug saimah inilah merupakan jalur susur sungai yang digunakan dalam aktifitas family trekking di Puncak Bogor. 

Wisata air Curug Panjang

family trekking di puncak bogor
Image 8 : Curug Panjang sebagai destinasi akhir family trekking

Family trekking di Puncak – Air terjun curug panjang yang memiliki bentuk yang memanjang, dikenal dengan sebutan curug panjang atau kependekan dari kata curug yang memanjang. Curug panjang memiliki terjunan air vertikal yang membentuk lerengan (slope) sepanjang +20 meter dengan debit air yang cukup deras dan konstan. Curug Panjang memiliki ketinggian terjunan air sekitar +4 meter yang melompat dari bibir lerengan.

Kolam terjunan air curug Panjang memiliki kedalaman mencapai 7 meter, berdiameter +10 meter, curahan air yang sejuk dan berwarna hijau tosca itu membentuk kolam besar yang dapat direnangi. Dan, curug Panjang inilah sebagai tujuan akhir aktifitas family trekking sebelum kembali ke cek point pertama yang berada di Highland camp.

Lokasi Curug Panjang :

Curug Panjang berlokasi di Jl. Curug Panjang, Cilember, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16770
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/1UJwsbEW5Gz2HQZ99
9W3W+M5 Cilember, Bogor, Jawa Barat.

Highland camp

family trekking di puncak bogor
Image 9 : Highland camp sebagai cek point pertama family trekking

Family trekking di Puncak – Highland camp curug panjang terbentuk dari keindahan lansekap alam yang berpadu padan dengan lansekap buatan ini merupakan tempat berkemah terluas di Puncak Bogor yang berada dalam nuansa hutan pegunungan. Lokasi Highland camp yang dilingkar oleh 3 aliran hulu sungai aliran sungai, berada pada ketinggian antara 949 – 1086 m dpl, dimana disekitarnya terdapat 5 air terjun yang eksotis.

Aliran sungai yang melingkar di Highland camp mengalir ke sungai sungai Ciesek / Cirangrang dan bermuaranya di sungai Ciliwung. Tidak jauh dari bumi perkemahan terdapat curug Panjang, curug Bulao, curug Orok dan curug Naga, sementara itu curug Saimah merupakan curug yang berada dalam kawasan bumi perkemahan Highland camp yang kerap di gunakan sebagai jalur susur sungai.

Lokasi Highland Camp :

Highland Camp berlokasi di Jl. Curug Panjang atau Jl. Situhiang, berada di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, 16770.
Peta dan Koordinat GPS:
ttps://goo.gl/maps/sQunywbb83ydVbQF8h
8WXW+J4 Megamendung, Bogor, Jawa Barat.


Resume family trekking di Puncak Bogor dan wisata berbasis petualangan

family trekking puncak bogor
Image 10 : Fun family trekking

Family trekking di Puncak – Produk wisata alam berbasis petualangan keluarga salah satunya adalah family trekking. Namun, program-program trekking keluarga pada saat ini tidak banyak ditemukan, baik itu di kawasan pariwisata Puncak, Bogor, sentul, Sukabumi dan Cibodas, padahal banyak keluarga yang berharap untuk mendapatkan pengalaman wisata minat khusus dengan genre petualangan ini. Kondisi ini disebabkan karena jalur family trekking masih sangat minim ditemukan begitupun denga pelaku jasa yang menfasilitasi trekking keluarga yang sangat terbatas.

Kegiatan family trekking merupakan liburan pro edukasi dimana aktivitas wisata keluarga ini dapat membangun nilai-nilai kebersamaan yang erat dan komunikasi efektif dalam sebuah keluarga, selain menambah pengalaman, wawasan tentang lingkungan hutan atau lingkungan dimana aktivitas family trekking dilaksanakan.

Salah satu lokasi family trekking yang berada di Puncak Bogor, terdapat di lerengan barat daya gunung Paseban, dalam kawasan wisata minat khusus curug Panjang. Aktivitas family trekking dalam kawasan ini tidak hanya sebatas melakukan perjalanan di  jalur interpretasi atau rute trek yang berada dalam hutan pegunungan bawah di kawasan highland camp, namun aktifitas family trekking merupakan gabungan dari kegiatan penjelajahan hutan, telusur sungai yang diakhiri dengan aktivitas wisata air terjun.


This entry was tagged in family trekking and trekking keluarga, family trekking di puncak, family trekking di sukabumi, family trekking di sentul, family trekking di bogor, trekking keluarga di puncak, trekking keluarga di sentul, trekking keluarga di bogor, trekking keluarga di sukabumi, jalur family trekking, rute family trekking, program family trekking, family trekking merupakan liburan keluarga, wisata trekking keluarga.