Trekking Sentul curug Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk Bogor

Trekking Sentul – Trekking sentul leuwi Hejo adalah aktivitas perjalanan dengan menggunakan kaki sebagai alat dalam menempuhnya, dimulai dari hutan babakan menuju Leuwi Hejo, melewati persawahan, kebun-kebun dan jalan perkampungan, menghubungkan antar obyek daya tarik wisata air terjun yang berada dalam komplek wisata alam leuwi Hejo yaitu leuwi Liek, leuwi Benjol, curug Barong, leuwi Cepet, leuwi kawao, curug Baliung dan curug leuwi Hejo.

Sementara itu, Paseban trekking yang berada dalam kawasan wisata Puncak sebagian rute nya berada dalam hutan tropika pegunungan bawah (submontane forest) sebagai penghubung antar air terjun dengan curug dan puncak-puncak pegunungan dalam kawasan pariwisata Puncak Bogor. Terdapat 3 karakter utama pada jalur Paseban trekking di Puncak Bogor yaitu 1. River trekking routes, 2. Family trekking routes, dan 3. Montane forest routes.

Sedikit berbeda dengan Paseban trekking Puncak yang sebagian besarnya berada dalam kawasan hutan hujan pegunungan (montane) dengan puncak-puncak gunung, air terjun dan pesona biodiversitas hutan pegunungan sebagai obyek daya tarik wisata trekking nya,  trekking hutan Babakan Sentul leuwi Hejo lebih menonjolkan sisi kuatnya adalah trek persawahan, jalan perkampungan, kebun-kebun masyarakat dengan obyek daya tarik wisata nya adalah sungai, curug, leuwi yang berada dalam komplek wisata alam leuwi Hejo.


Go Adventure

+62 811 1200 996

Whatsapp

Baca Paket Trekking :
4 Paket trekking di Puncak Bogor


Trekking Sentul leuwi Hejo adalah kegiatan berjalan kaki dengan menyusuri rute trekking yang berada di sekitar komplek curug leuwi Hejo atau dengan mengambil  titik awal perjalanannya yang berada di sekitar areal Sentul dengan leuwi Hejo sebagai tujuan akhir dari perjalanan.

Trekking di Sentul Bogor dengan tujuan leuwi Hejo ini merupakan rekreasi penjelajahan hutan, kebun, persawahan, perkampungan dan perbukitan yang masih alami (adventure). Aktivitas trekking leuwi Hejo memiliki banyak level yang disesuaikan dengan rute jelajah yang dilalui, minat wisatawan dan medan penjelajahan,

Kegiatan trekking menuju curug leuwi Hejo akan melewati beberapa obyek daya tarik wisata seperti pemandangan perbukitan, persawahan, hutan, sungai  dan  air terjun dengan leuwi Hejo ataupun leuwi lieuk sebagai destinasi akhir atau tujuan utamanya.

Kawasan wisata alam Leuwi Hejo


Trekking Sentul – Komplek wisata alam leuwi Hejo meliputi leuwi Lieuk, leuwi Benjol, curug Barong, leuwi Cepet, leuwi kawao, curug Baliung dan leuwi Hejo merupakan obyek daya tarik wisata alam yang berada wilayah Sentul di kabupaten Bogor dengan genre wisata tirta dan petualangan. Pada saat in komplek wisata alam leuwi Hejo menjadi  jalur trekking yang yang banyak diminati.

Terdapat dua skenario trekking  di sentul ini yaitu 1. “Explore leuwi Hejo” yaitu sebuah perjalanan dengan mengambil titik awal lapangan parkmir menuju leuwi Hejo dan berakhir di curug Baliung  dengan melewati curug Barong, leuwi Cepet dan, leuwi Lieuk. Dan, skenario kedua dengan mengambil titik awal perjalanan dari hutan Babakan Sentul menuju leuwi Cepet, curug Barong, dan obyek daya tarik wisata tujuan / terakhir adalah Leuwi Hejo.

Selain dua skenario tersebut diatas, banyak pilihan rute trekking menuju curug leuwi Hejo dari berbagai metting point. Untuk trekker pemula disarankan untuk menggunakan jalur singkat yang hanya berjarak sekitar 1 – 1,5 kilometer atau dengan waktu tempuh +2 jam perjalanan, atau menggunakan jalur langsung dari arah parkiran mobil menuju curug leuwi Hejo tanpa memilih rute lainnya.

Komplek wisata alam leuwi Hejo berada diantara dua desa, yaitu desa Karang Tengah Babakan Madang dan desa Cibadak, Sukamakmur. Terdapat dua akses masuk untuk mencapai Leuwi Hejo yaitu melalui akses desa Cibadak dan akses desa Karang Tengah.

Leuwi Hejo Trekking Routes

Trekking Sentul – Rute trekking dalam komplek wisata alam leuwi Hejo sebenarnya bukan diperuntukan sebagai jalur pengunjung umum untuk wisata massal jalur trekking leuwi Hejo adalah rute wisata minat khusus yang sengaja dibuat untuk aktivitas  trekking dengan trek yang berada dalam hutan, pinggir jurang, melewati pematangan sawah bahkan menyeberangi sungai.

Trekking Sentul Hutan Babakan – leuwi Hejo Bogor

trekking sentul curug leuwi hejo
Image 3 : Explore Leuwi Hejo

Trekking Sentul – Trekking Sentul Hutan Babakan Leuwi Hejo dengan menggunakan titik awal perjalanan (star point) berada di Desa Cibadak akan ditempuh dengan durasi perjalanan sekitar 4-5 jam atau dengan jarak tempuh sekitar 6 km. Selanjutnya perjalanan trekking akan diperhadapkan dengan menyusuri kawasan kawasan hutan RPH Babakan Madang BKPH Bogor dengan melewati perkebunan kopi dan pemandangan yang mempesona.

Tujuan pertama (Destinasi) trekking hutan babakan – leuwi Hejo adalah Leuwi Lieuk. Setelah melewati leuwi Lieuk, perjalanan akan dilanjutkan menuju Leuwi Cepet, dilanjutkan menuju curug Barong, dan obyek daya tarik wisata tujuan / terakhir adalah Leuwi Hejo. 

Baca Juga :
Trekking Sentul Leuwi Asih – Goa Garunggang

Explore Leuwi Hejo Sentul

Image 4 : Explore Leuwi Hejo routes

Trekking Sentul – Explore leuwi Hejo adalah aktivitas penjelajahan dalam kawasan wisata alam curug leuwi Hejo Sentul dengan melintasi jalanan setapak, melewati hutan, kebun-kebun dan perkampungan menuju 2 curug dan 3 leuwi atau lubuk air yang berada dalam aliran sungai, yaitu  leuwi Hejo, curug Barong, leuwi Cepet, leuwi Lieuk, curug Baliung.

Sesaat setelah memarkirkan kendaraan, trekker akan menapaki jalan tanah dengan keadaan alam yang masih sangat alami, sehingga mencapai pos leuwi Hejo, selanjutnya menapaki jalan setapak berupa tanjakan dan turunan di tengah rindangnya pepohonan yang masih alami. Setelah melewati jalan yang menanjak dan menurun, serta melalui beberapa anak tangga, sayup akan terdengar deburan air terjun curug Barong yang berada diantara dua leuwi yaitu leuwi Hejo dan leuwi Lieuk.

Alur Explore leuwi Hejo (sekenario-1)

trekking sentul curug leuwi hejo
Image 5 : Melintas pematang sawah

TimeAktivitas
07:00-07:30Berkumpul di meeting point, menuju lokasi parkiran trekking leuwi Hejo,
Tiba di lokasi parkiran
Briefing dan doa
Prepare kelengkapan perjalanan seperti air minum, trekking pole dll
07:30-08:30Star trekking menuju leuwi Hejo
Mellintasi perkebunan kopi
Medan yang dilalui berupa anak tangga
08:30-09:00Melintasi leuwi Banjoel
Melintasi curug Barong
09:00-10:00Tiba di leuwi Hejo
Explore leuwi Hejo
10:00-12:00Perjalanan ke leuwi Lieuk
Explore leuwi Lieuk
 
12:00-13:00Kembali ke meeting point

Alur Explore leuwi Hejo (sekenario-2)

trekking sentul curug leuwi hejo
Image 6 : View perbukitan

TimeAktivitas
07:00-08:00Berangkat ke curug leuwi Hejo dari metting point (stasiun Bogor)
08:00-12:00Menjelajahi curug leuwi Hejo dan curug leuwi Cepet
Explore leuwi Hejo
12:00-13:00ISHOMA
13:00-14:00Jelajah curug leuwi Liuk
Explore leuwi Lieuk
Jelajah curug Barong
14:00-15:00Bersih-bersih
 
15:00-16:00Kembali ke meeting point.

Disclimair

Alur explore Leuwi Hejo ataupun trekking hutan Babakan – Leuwi Hejo yang termaktub pada artikel ini tidak sepenuhnya mencerminkan gambaran trekking yang ada di kawasan wisata alam curug Leuwi Hejo. 

Pentingnya pemandu dalam trekking leuwi Hejo Sentul !

Trekking Sentul – Jalur yang digunakan untuk explore leuwi Hejo itu berbeda dengan jalur umum wisata massal leuwi Hejo, oleh karenanya fungsi pemandu lokal (local guide) sangat penting dalam aktivitas trekking di komplek leuwi Hejo, hal ini karena :

  • Penduduk lokal akan lebih mengetahui secara detail situasi dan lingkungan rute trekking yang yang menjadi pilihan penjelajahan. Dengan hal ini, trekker yang belum berpengalaman akan merasa lebih aman dan nyaman selama explore leuwi Hejo ataupun trekking hutan Babakan Sentul menuju curug leuwi Hejo.
  • Seorang pemandu akan memberikan penjelasan tentang kondisi alam, lingkungan, situasi kampung, nama-nama pepohonan yang terlintas, cerita rakyat maupun mitos pada daerah yang dilewati dan lainnya, hal ini akan menambah pengalaman trekker selama perjalanan.
  • Selama dalam perjalanan banyak spot photo dan moment-moment indah untuk diabadikan dan dalam hal ini pemandu lokal yang memiliki kemahiran photografer dapat membantu untuk mengabadikan moment-moment tersebut.
  • Ketika seorang trekker lelah karena panjangnya perjalanan ataupun karena beban yang dibawa, pemandu lokal juga dapat diminta untuk membawakan tas sebatas meringankan perjalanan.

Obyek daya tarik wisata leuwi Hejo Sentul

Leuwi Hejo Sentul

trekking sentul leuwi hejo
Image 7 : Leuwi Hejo

Trekking Sentul –  Dikatakan Leuwi Hejo karena saat lubuk terkena pancaran sinar matahari, airnya berwarna kehijauan. Selain jernihnya air dengan pantulan semburawat berwarna hijau tosca, pesona lain leuwi Hejo lainnya adalah suasana alam yang indah dengan rimbunnya pepohonan di lingkungan leuwi Hejo, tantangan jalur trekking dengan medan yang tidak mudah ditaklukan serta pesona beberapa terjunan air atau curug yang segar, jernih menghijau dialiran sungai yang sama dengan leuwi Hejo. Leuwi Hejo memiliki kolam terjunan yang sangat dalam dengan air yang cukup jernih untuk direnangi serta sebagai kolam lompatan untuk cliff jumping.

Pada awalnya, leuwi Hejo dikenal dengan sebutan curug Bengkok.  Pada tahun 2014 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) mulai membuka curug dan lubuk yang berada dialiran sungai yang berkelok-kelok yang terbentuk secara alami ini menjadi obyek daya tarik wisata alam. Dibawah manajemen LMDH, areal yang dikelola untuk kepentingan wisata alam leuwi Hejo seluas 4,5 hektar.

Leuwi Hejo merupakan sebutan atas sebuah cerukan air berwarna gradasi biru kehijauan, warna hijau itu ditimbulkan hasil dari pantulan cahaya matahari yang menyinari air leuwi. Leuwi Hejo menjadi identitas penciri (brand identity) pada kawasan wisata alam yang berada di Sentul Bogor dengan komplek air terjun dan lubuk yang terdiri dari leuwi Liek, leuwi Benjol, curug Barong, leuwi Cepet, leuwi kawao, curug Baliung dan Leuwi Hejo.

Komplek terjunan air yang terletak di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Cibadak, Bogor memiliki akses yang tidak bisa dikatakan mudah untuk mencapainya, terlebih pada musim penghujan dimana jalanan tanah menjadi basah dan berlumpur, hal ini akan sedikit susah untuk dilalui. Namun, kesusahan dan rasa lelah yang didapatkan sepanjang perjalanan menuju leuwi Hejo dan saudara-saudaranya akan terbayar oleh keindahan panorama air terjun ataupun dengan air berwarna hijau tosca.

Lokasi Curug Leuwi Hejo  :

Curug Leuwi Hejo berada di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16830.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/Leuwihejotriptrekking?share
CX43+XX Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat

Leuwi Lieuk Sentul

Image 8 :Leuwi Lieuk Sentul

Trekking Sentul –  Pesona lubuk ini hadir karena keindahan airnya yang menyerupai Green Canyon di Pangandaran. Curug leuwi Lieuk berbeda air terjun lainnya yang memiliki lompatan air yang tinggi, arus sungai yang kuat dan kolam terjunan yang membuih. Aliran air di curug leuwi Lieuk tidak deras, malah terkesan tenang. Begitupun terjunan air nya yang tidak tinggi, malahan terkesan bersembunyi “ngumpet” dibalik bebatuan dan tebing. Airnya yangb jernih dan berwarna kehijau-hijauan yang dikelilingi oleh tebingan yang tidak terlalu tinggi menjadi karakter kuat pesona leuwi Lieuk.

Lubuk dengan air berwarna kehijau-hijauan memiliki kedalaman yang berbeda beda (variatif). Biasanya, spot berenang untuk anak-anak berada jauh dari tebingan karena disana airnya tidak terlalu dalam, sementara yang berada di tengah–tengah tebing memiliki kedalaman sekitar 4 meter. Selain untuk berenang, beberapa aktivitas wisatawan yang mengunjungi leuwi Lieuk sehabis trekking adalah cliif jumping atau lompat dari ketinggian tebingan di sekitar lubuk ataupun berphoto.  

Leuwi liewuk berada di Jalan Gunung wangun, Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat- Indonesia..

Lokasi Leuwi Lieuk Sentul :

Lewui Lieuk berada di Jl. Gunungwangun Kampung Cibereum No.rt 05/04, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/leuwi-liek?share
CX34+9M Cibadak, Bogor, Jawa Barat


Curug Barong Sentul

Image 9 :Curug Barong Sentul

Trekking Sentul – Curug Barong berada diantara leuwi Hejo dan leuwi Lieuk dengan kesejukan dan keindahan alamnya yang dapat yang mengalahkan rasa lelah setelah trekking yang panjang. Karena lokasinya berada diantara dua lubuk, terkadang trekker luput untuk menikmati gemuruh terjunan air yang posisinya berada diantara bebatuan besar. Kesannya, seolah curug Barong disembunyikan dari tangan-tangan manusia yang jahil.

Curug Barong memiliki terjunan air dengan ketinggian sekitar 7 meter dan aliran airnya berasal dari sungai Cirangrang yang cukup deras, Kolam terjunannya memiliki kedalaman bervariasi, terdalam mencapai 2 meter, Keindahan curug ini adalah bebatuan besar berwarna coklat dengan air jernih mengalir disela dan bawahnya. Oleh pengunjung, Bebatuan menjadi spot utama pengambilan foto dengan latar belakang Curug Barong, namun diperlukan kehati-hatian karena konon kabarnya diantara bebatuan tersebut ada semacam lorong atau terowongan sehingga air disekitanya membentuk pusaran. 

Lokasi curug Barong Sentul :

Curug Barong berada di Kawasan Babakan Madang, Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/QGA354hezfUiisXv6
CX43+2Q Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat


Hutan Babakan Sentul

trekking sentul leuwi hejo
Image 10 :Hutan Sentul

Trekking Sentul – Hutan Babakan Sentul atau hutan Sentul berada pada ketinggian 300-500 mdpl dengan kemiringannya mencapai 15-40%. Bentang vegetasi Hutan Sentul terdiri dari hutan alam dataran rendah, hutan tanaman, serta semak belukar. Disini terdapat berbagai jenis tanaman, seperti pinus merkusi, Rasamala (Altingia excelsa), Puspa (Schima wallichii), Rotan (sekelompok palma dari puak Calameae yang memiliki habitus memanjat), Jamuju (Dacrycarpus imbricatus), Saninten (Castanopsis argentea), dan masih banyak lagi tanaman endemik lainnya.

Dalam Kawasan hutan Sentul  memiliki sejumlah satwa yang hidup bebas, Jika beruntung, akan terlihat owa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata), babi hutan atau celeng (Sus scrofa), jelarang atau bajing raksasa (Ratufa bicolor), serta sejumlah jenis burung seperti kutilang dari suku Pycnonotidae, ayam hutan merah suku Phasianidae, jalak dari suku Sturnidae, elang, dan lain-lain.

Lokasi Hutan Babakan Sentul  :

Hutan Babakan Sentul atau hutan Sentul berada di Jl. Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/gpZDc75m5yuind5r8
CWC9+X5 Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Simpulan trekking Sentul curug leuwi Hejo dan leuwi Liek Bogor

trekking sentul curug leuwi hejo
Image 9 : Berenang setelah trekking Leuwi Hejo

Trekking Sentul – Di Sentul Bogor terdapat banyak sekali jalur trekking yang menghubungkan antara obyek daya tarik wisata air terjun atau curug dengan destinasi lainnya. Dan, saat ini yang banyak diminati oleh para trekker pemula ataupun penghobi adalah jalur trekking sentul leuwi Hejo yang dapat di jangkau dari berbagai cek point awal perjalanan dengan tujuan curug Leuwi Hejo Sentul Bogor, salah satunya adalah rute treking hutan Sentul / hutan Babakan menuju leuwi Hejo via Leuwi Cepet dan Curug Barong. Sepanjang trekking anda akan diperhadapkan dengan beberapa curug dan leuwi yang sudah terbuka untuk umum maupun yang masih tersembunyi, lubuk dan curug  itu adalah leuwi hejo, curug barong, leuwi lieuk, leuwi cepet, leuwi lieuk, curug Baliung, curug kembar, curug mariuk dan masih banyak pesona keindahan lainnya.



This entry was tagged in trekking curug leuwi hejo and trekking leuwihejo, trekking sentul, trekking di sentul, trekking leuwi hejo, curug leuwi lieuk, paket trekking sentul, trek curug leuwi hejo, leuwi hejo trip trekking, curug leuwi hejo, curug leuwihejo, trekking sentul hutan babakan dan curug leuwi hejo, trekking bogor, trekking leuwi hejo, trekking leuwihejo sentul