River trekking sungai pegunungan di Puncak Bogor rute curug Panjang – curug Cibulao

River trekking di Puncak Bogor – River trekking adalah wisata minat khusus berbasis petualangan dengan penelusuran aliran sungai sebagai kegiatan utamanya. Aktivitas river trekking merupakan kombinasi antara hiking, petualangan dan penyusuran  sungai yang terkadang harus berenang pada sebagaian sungai yang dilewatinya.

Jalur river trekking menghubungkan antara satu obyek daya tarik wisata alam dengan lokasi wisata lainnya dalam sebuah kawasan wisata alam. Sebagian besar river trekking dilakukan pada aliran sungai pegunungan, hal ini karena aliran sungai yang ada di wilayah pegunungan relative masih asri dan eksotis dengan air yang belum tercemar.

Jalur river trekking di Puncak Bogor yang menjadi favorit untuk kegiatan penelusuran sungai adalah aliran sungai Ciesek Sub DAS Ciliwung yang menghubungkan antara obyek daya tarik wisata air terjun curug Panjang dengan curug Cibulao sepanjang 1,2 km dan atau dengan jarak tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan sungai, dan sekitar 1 jam perjalanan di trek hutan pada kepulangannya, atau tergantung pada ritme perjalanan yang bisa jadi durasi keseluruhan dari aktivitas river trekking dapat memakan waktu setengah hari petualangan.

Pada jalur sub DAS Ciesek yang menghubungkan antara air terjun curug Panjang – curug Cibulao terdapat dua skenario perjalanan, yaitu setengah perjalanan sungai dan setengahnya lagi dalah trek hutan pada kepulangan. Pada skenario penelusuran ini yang menjadi tujuan ODTW adalah leuwi buleud yang lokasinya berada di antara curug Panjang dan curug Cibulao. Dari leuwi Buleud dilanjutkan hiking dengan menggunakan jalur hutan sehingga kembali pada titik awal perjalanan yaitu Highland camp. Adapun skenario kedua adalah melanjutkan perjalanan menyusuri sungai dengan obyek daya tarik wisata curug Cibulao menjadi tujuan akhir river trekking, lalu kembali ke cek point pertama dengan menggunakan kendaraan.

Baca Paket Trekking :
4 Paket trekking di Puncak Bogor


Go Adventure

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Baca Juga :
Family trekking di Puncak Bogor dan program wisata berbasis petualangan

River trekking di Puncak Bogor – Lerangan barat daya gunung Paseban dengan hutan pegunungannya merupakan surga jalur trekking di Puncak Bogor. Dari sinilah pintu masuk hutan untuk trekking menuju puncak Kencana via gunung Gedogan dan puncak Karvak, dari paseban lah check point pertama jalur trekking menuju curug 7 Cilember berada, dan dari kawasan wisata minat khusus curug Panjang lah, jalur trekking sungai menuju air terjun curug Cibulao di mulai.

Nuansa dan suasana lingkungan hutan river trekking memiliki kemiripan dengan jalur trekking menuju air terjun curug 7 Cilember, yang membedakan hanyalah rute trekking yang berada pada aliran sungai pegunungan. Sementara itu, untuk menuju curug 7 Cilember trekker akan menyisir lerengan kaki gunung Paseban (ngais pasir) dan melewati dua pungungan kaki gunung paseban sehingga mencapai obyek daya tarik air terjun curug Cilember.

Adalah sungai pegunungan yang yang berada di lembahan dengan diapit oleh dua bukit yang berada di kiri dan kanannya merupakan hal yang berbeda dan sangat unik jika dibandingkan dengan jalur trekking lainnya yang berada di Puncak, Bogor ataupun sentul.  Perbedaan dan keunikan lainnya adalah aktivitas penelusuran yang dilakukan pada sungai pegunungan dengan melawan arus air dan sebagiannya berjalan pada trek hutan pegunungan bawah (submontana),

Jalur river trekking sungai pegunungan ini menghubungkan antara Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) air terjun Curug Panjang dengan Curug Cibulao, melewati sungai di lembahan hutan pegunungan bawah, trek nya berada di sungai Ciesek sub DAS Ciliwung dimana kedua curug ini berada. Rute ini merupakan jalur wisata minat khusus bergendre petualangan baik untuk kelompok umum maupun untuk keluarga, berada di lengkob Cibulao atau cerukan / lembah yang memisahkan dua bentang alam dalam lembahan. jalur river sungai pegunungan ini menghubungkan antara curug Panjang yang berada di barat dan curug Cibulao di timur. 

Disepanjang perjalanan, trekker akan diperhadapkan dengan nuansa lembahan yang begitu kental, terlihat jalur river trekkingnya berada diantara dua bukit yang mengapit di kiri dan kanannya. vegetasi pohon campuran hutan pegunungan bawah dan suara aliran air yang mengalir menuju air terjun curug Panjang dari curug bulao yang berada di hulu nya. Dan, jika perjalanan dilakukan pada pagi hari atau sore, suara burung hutan turut meramaikan perjalanan di sepanjang aliran sungai dan trek hutan.

Baca Juga :
Trekking di Puncak Bogor melalui jalur perawan yang eksotis

Perlengkapan river trekking

river trekking di puncak bogor

River trekking di Puncak Bogor – Aktivitas river trekking direkomendasi untuk dilakukannya pada musim kemarau, hal ini karena kondisi air pada musim penghujan itu cukup besar dan terkadang aliran air sungai bisa meluap ketika terjadi hujan dalam kawasan hutan ataupun hujan di daerah hulu.  Namun, eksotisnya aliran sungai serta lingkungannya akan terasa pada musim penghujan, bebatuan hitam terlihat berlumut tebal dengan hutan disekitar aliran sungai memiliki nuansa hutan hujan tropis nan eksotis dan lembab.

Aktivitas river trekking sangat berbeda sekali dengan kegiatan hiking / trekking yang dilakukan pada jalur hutan pegunungan, oleh karenanya perlengkapan yang digunakan pun akan berbeda. Pada jalur river trekking curug Panjang – Leuwi Buleud – curug Cibulao beberapa bagiannya melewati trek hutan, terutama ketika tujuan akhirnya adalah leuwi Buleud, hal ini karena setelah penelusuran sungai menuju leuwi buled, trekker akan kembali ke check point awal dengan melewati jalur hutan, oleh karenanya disarankan untuk menggunakan pakian tepat yang dapat dapat digunakan di sungai dan hutan.

Perlengakapan yang direkomendasi untuk penjelajahan sungai dan hutan yaitu :

  • Menggunakan pakaian ringan dan mudah kering pada ketika river trekking sepeti pakaian berbahan Quick Dry, karena pakaian dengan bahan quick dry atau polyester akan lebih cepat kering sekaligus menyerap keringat dengan baik.
  • Menggunakan baju berlengan panjang dan celana panjang ketika melintasi trek hutan.
  • Menggunakan sepatu yang dapat nyaman digunakan di air ketika dalam penelusuran sungai dan enak ketika dalam trek hutan.
  • Membawa trekking pole berbahan karbon yang kuat untuk menahan beban dan benturan pada saat perjalanan di hutan maupun penelusuran arus sungai. Memang akan riskan sekali membawa trekking pole ketika river trekking, terkadang trekking pole sama sekali tidak bermanfaat malah menambah beban perjalanan ketika penelusuran sungai.
  • Membawa perlengakapan elektronik untuk kepentingan dokumentasi yang tahan air seperti waterproof camera atau water resistant camera yang mampu bertahan dari cipratan air.
  • Membawa dry bag river trekking untuk menyimpan barang-barang yang dibawa pada saat penulusuran sungai.

Venue river trekking curug Panjang – curug Cibulao

River trekking di Puncak Bogor -. Terdapat 5 obyek daya tarik wsiata dalam aktivitas river trekking di Puncak Bogor, yaitu Highland camp, air terjun curug Panjang, Leuwi buleud, curug Cibulao dan trek hutan pegunungan bawah. Keempat ODTW ini berada di punggungan barat daya gunung Paseban yang merupakan kawasan wisata minat khusus berbasis petualangan di Puncak Bogor.

Sungai Ciesek Sub DAS Ciliwung

River trekking di Puncak Bogor – Secara geografis Sub DAS Ciesek berada di dua buah Kecamatan yaitu kecamatan Cisarua melewati Desa Cilember dan Kecamatan Megamendung melewati Desa Cipayung, Desa Cipayung Girang, dan Desa Megamendung di Kabupaten Bogor. Di sepanjang aliran sungai, penggunaan lahan Sub DAS Ciesek meliputi hutan pegunungan bawah yang berada di hulunya dan hutan lahan kering sekunder, semak belukar, hutan tanaman, pemukiman, pertanian lahan kering, pertanian lahan kering campur semak. Penggunaan lahan sempadan sungai Sub DAS Ciesek merupakan bentuk campur tangan (intervensi) manusia terhadap lahan dalam rangka memenuhi lingkungan hidup baik materil maupun spiritual.

Sungai Ciesek merupakan Sub DAS Ciliwung yang aliran airnya terhubung dikawasan Gadog. Airan air sungai Ciesek termasuk pada kategori sedang dengan Indeks keragaman hayati di bagian hilirnya termasuk pada kategori pencemaran ringan. Penggunaan lahan di sempadan aliran sungai sebagai kawasan hutan berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas air, sedangkan penggunaan lahan sempadan selain hutan seperti pemukiman warga, pervilaan menyebabkan dan lainnya sebagainya menyebabkan terjadinya penurunan kualitas air sungai Ciesek.

Pada sebagian aliran sungai yang berada di hilir dan telah melewati perkampung warga, dan komplek pervilaan air nya sudah tercemar oleh aktivitas kehidupan masyarakat yang hidup dan mendiami disepanjang sempadan aliran sungai Ciesek. Namun hal ini berbeda pada aliran yang berada di hulu sungainya masih yang segar dan belum tercemar, hal ini  karena kualitas air di suatu sungai dipengaruhi oleh penggunaan lahan sempadan sungai yang berkembang sesuai keperluan hidup manusia.

Dalam hal ini, aktivitas river trekking dilakukan di hulu sungai Ciesek yang berada pada kawasan hutan pegunungan bawah, dari titik awal  berada di Latitude : 6, 38′ 44.2427″, Longitude: 106, 56′ 45.9132″; dan ketinggian ketinggian 1.033 M dpl, dimana titik awal perjalanan berada dalam hutan pegunungan bawah dengan kondisi air yang bersih.

Penggunaan lahan sempadan sungai sub DAS Ciesek merupakan bentuk intervensi manusia terhadap lahan dalam rangka memenuhi lingkungan hidup baik materil maupun spiritual.

Highland Camp Puncak Bogor

highland camp

River trekking di Puncak Bogor – Highland camp merupakan bumi perkemahan terbesar di Puncak yang menghadirkan keindahan lanskap buatan diantara pesona lanskap alam untuk kegiatan rekreasi, edukasi, pelatihan dan pengembangan SDM. Highland camp berada dilerengan barat gunung Paseban pada ketinggian 949-1086 mdpl, memiliki nuansa dan suasana hutan pegunungan dengan tiga aliran anak sungaiSub DAS Ciesek yang mengitarinya. Dalam kawasan perkemahan terdapat delapan campsite dengan beragam karakter lengkap dengan air terjun, jalur treking hutan dan interpretasi, jalur susur sungai serta taman edukasi dan konservasi.

Lokasi Highland Camp :

Highland Camp berada di Jalan Curug Panjang atau jalan Situhiang pada ketinggian 949 – 1086 m dpl, terletak di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, 16770.
Peta dan Koordinat GPS:
ttps://goo.gl/maps/sQunywbb83ydVbQF8h
8WXW+J4 Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga :
Highland Camp Curug Panjang Puncak Bogor

Obyek Daya Tarik Wisata Curug Panjang

trekking curug panjang

Trekking di Puncak Bogor  – Selain merujuk pada obyek daya tarik wisata alam dengan daya tarik terjunan air yang meluncur dari lerengan (slope) sepanjang +20 meter, curug panjang merupakan komplek air terjun yang berada di aliran sungai  Sub DAS Ciliwung dengan 5 terjunan air yang sangat eksotis, yaitu curug naga, curug barong, curug priuk, curug orok dan curug panjang. 

Curug panjang dan wanawisata curug naga merupakan komplek air terjun yang berada disekitar Highland camp untuk kegiatan wisata alam dan wisata petualangan seperti berenang, body rafting, river treking dan cliff jumping. Curug panjang terbentuk karena terjadinya patahan bumi sehingga adanya terjunan air yang melintasi lerengan sepanjang +20 meter. Selain sebagai obyek wisata air, curug panjang merujuk pada kawasan wisata di punggungan sebelah barat gunung paseban yang merupakan obyek dengan daya tarik wisata (ODTW) alam untuk berkemah, wisata edukasi dan wisata minat khsusu berbasis petualangan.

Baca Juga :
Obyek Daya Tarik Wisata Curug Panjang

Obyek Daya Tarik Wisata Curug Panjang :

Obyek Daya Tarik Wisata Curug Panjang berada di Jl. Curug Panjang, Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/tHoWazMurqmGqXAT9
9W3W+G2 Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Curug terbentuk karena terjadinya patahan bumi sehingga adanya terjunan air, dapat juga disebabkan oleh adanya aktivitas erosi aliran air yang mengalir diatas lapisan batuan sehingga terjadinya pengikisan

Leuwi Buleud

trekking curug bulao puncak

Trekking di Puncak Bogor  – Leuwi buleud merupakan sebuah kolam air berbentuk bulat (bulat dalam padanan sunda berarti buleud). Disekitar kolam tempat mengumpulnya air atau lubuk terdapat bebatuan yang sangat besar yang menghalangi laju pergerakan air sehingga membentuk kolam dengan kedalaman orang dewasa, kolam leuwi bulat dapat dapat direnangi oleh orang dewasa, maupun anak-anak dengan pendampingan orang tua.

Leuwi buleud yang sunyi dan tidak untuk wisata massal, lokasinya berada di antara curug Panjang dan curug Cibulao yang merupakan obyek daya tarik wisata minat khusus. Leuwi dalam padanan bahasa sunda yang berarti Lubuk, padanan kata ini  merupakan istilah geografis yang leuwi merujuk pada bagian terdalam dari aliran sungai sehingga membentuk kolam. Leuwi dapat pula berarti cekungan di dasar sungai yang memiliki air tenang atau bahkan relatif terlihat tidak mengalir.

Obyek Daya Tarik Wisata Leuwi Buleud :

Obyek Daya Tarik Wisata leuwi Buleud berada Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770

Obyek Daya Tarik Wisata Curug Cibulao


Trekking di Puncak Bogor – Yang membuat warna biru atau bulao curug Cibulao adalah tekstur tanah dan bebatuan yang berada di sekitar kolam terjunan air curug cibulao dan aliran yang berada disekitar curug. Obyek dengan daya tarik wisata (ODTW) curug Cibulao, merupakan air terjun terhulu dalam aliran sungai Sub DAS Ciesek. Terjunan air curug Cibulao berada dilembahan dimana disekelilingnya dilingkar oleh hutan pegunungan bawah dengan perbukitan yang hijau. Obyek daya tarik wisata alam ini memiliki pesona pemandangan hutan dan lembahan yang sangat indah dengan daya tarik utamanya adalah kesegaran air yang berwarna kebiru-biruan seperti warna bulao dikolam terjunan air curug Cibulao dan disekitar aliran sungainya.

Air terjun curug Cibulao memiliki tiga buah terjunan air dengan karakteristik yang unik pada setiap lompatan terjunan airnya. Terjunan air yang ketiga membentuk lerengan (slope) dengan ketinggian 2 meter, memiliki lompatan air terpendek yang langsung jatuh kolam terjun dengan diameter + 5 meter, curug kedua dan pertama memiliki lompatan air sekitar 5 – 7 meter dengan terjunan air yang vertikal. Curug Cibulao telah menjadi satu dari enam daya tarik wisata air terjun yang berada disepanjang hulu Sub DAS Ciesek dan telah menghipnotis banyak wisatawan untuk berwisata di lerengan barat daya gunung Paseban.

Lokasi Curug Cibulao Puncak  :

Curug Cibulao berada di Jalan Jl. Situhiang Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/curug-cibulao?share
9X32+W8 Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga :
Obyek Daya Tarik Wisata Curug Cibulao Puncak

The trekking story of curug Panjang – Curug Cibulao route

river trekking di puncak bogor

Trekking di Puncak Bogor – Dari sebuah warung berarsitektur sunda yang berada dipojokan zona wisata curug Panjang, perjalanan kali ini akan menuju timur laut arah 65 derajat, menuju sungai pegunungan untuk petualangan trekking sungai. Diawal-awal perjalanan, jalurnya melewati areal hutan pinus merkusi dengan kontur jalan menanjak dan dengan kontruksi jalur setapaknya yang berbatu atau onderlaag dalam padanan bahasa belanda. Trek ini merupakan pembatas antara blok pemanfaatan yang berada di bagian utara dan blok wisata yang berada di sebelah selatannya.

Trek menanjak yang sebagian kecilnya datar, memiliki lebar badan jalan sekitar 1 s.d 1,2 meter. Dan, terlihat diujung trek yang mendatar terdapat sebuah jembatan yang berada tepat diatas air terjun curug panjang. Inilah jembatan yang menghubungkan blok wisata dari arah pintu masuk Cilember (pintu masuk pos-2) dan dari arah Megamendung atau pintuk masuk pos-1.

Disebelah kanan jalan sebelum bibir jembatan dari arah pos-2 terdapat zona yang banyak ditumbuhi oleh pohon pinus merkusii, dan disinilah pintu untuk memasuki jalur river trekking sungai pegunungan, dimana untuk pertama kalinya aku akan menyebrangi sungai ciesek dengan batu-batu hitam besar sebagai pijakan untuk menyebrang untuk berjelajah disungai yang diapit oleh tebingan-tebingan hutan untuk menuju curug Cibulao.

Nama kecilku Kiade, inilah perjalananku kali ini. Yang biasanya trekking pole, topi rimba dan sebagian besar perlengkapan trekking aku digunakan pada jalanan setapak di hutan belantara dan hutan hutan pegunungan, kali ini mereka akan menemaniku untuk menyusuri dinginnya air sungai Ciesek dengan berjalan melawan arus air.

Dengan seorang interpreter yang sering menjelahi pegunungan Halimun, kami memiliki kesan bahwa jalur sungai tak berarus liar ketika pada musim kemarau ini, memiliki daya tarik wisata petualangan berbasis air. Aliran sungai dapat menjadi alternatif liburan keluarga yang menyuguhkan petualangan, edukasi dengan karakter serta tantangannnya sendiri.

Sebentar saja river trekking di aliran sungai yang menghubungkan antara curug Panjang dengan  curug cibulao berlangsung, terasa nuansa dramatis tercipta dari hutan belantara yang berada dikiri dan kanannya sungai, bebatuan hitam berlumut yang terkesan klassik dan jernihnya air sungai. Sepanjang perjalanan di sungai, sebagian kaki dengan sepatu millet membungkus sampai pergelangan kaki terendam oleh aliran sungai, sol-nya menapaki bebatuan dan pasir-pasir yang berada di dalam sungai, dan terkadang mamanjat bebatuan besar hitam berlumut. (Bersambung)

Baca Juga :
Trekking di Puncak Bogor rute Paseban – Curug 7 Cilember via hutan pegunungan

Simpulan trekking ke curug Cibulao di Puncak Bogor

river trekking di puncak bogor

Trekking di Puncak Bogor – Mungkin inilah jalur river trekking atau penelusuran sungai pegunungan yang tereksotis di Puncak Bogor yang dapat dinikmati oleh wisatawan umum maupun keluarga. Aliran sub DAS Ciliwung yang berada di hulu nya ini diapit berada dilembahan yang diapit oleh dua bentang alam dengan vegetasi khas hutan pegunungan memiliki rute sepanjang 1,2 km yang dimuai dari titik awal terjun curug panjang dan berakhir di curug Cibulao.

Terdapat dua pilihan alternatif wisata petualangan river trekking di Puncak Bogor ini, yaitu setengah menyusuri aliran sungai menuju leuwi Buleud lalu dilanjutkan dengan trekking hutan untuk kembali ke cek point awal, atau river trekking sampai curug Cibulao dan kembali ke check point pertama dengan menggunakan kendaraan, dan aku memilih keduanya dengan hari yang berbeda.

Nama kecilku Kiade, itulah cerita perjalanan petualang kali ini di lerengan barat daya gunung Paseban, petualangan selanjutnya adalah trekking ke puncak Kencana via gunung Gedogan dengan semalam menginap di puncak karvak.


This entry was tagged in trekking di bogor and trekking di puncak, river trekking, river trekking di sentul, paket trekking, paket river trekking, river trekking sungai pegunungan, river trekking di puncak, river trekking di bogor, wisata petualangan, susur sungai, tempat river trekking di puncak, lokasi river trekking di bogor, paket river trekking di sentul, jalur river trekking, rute river trekking di puncak.