Trekking di Sentul Bogor jalur Leuwi Asih – Goa Garunggang

Trekking di Sentul Bogor – Salah satu tempat terdekat dengan Jakarta yang banyak menyuguhkan beragam obyek daya tarik wisata alam berbasis petualangan adalah Sentul dan Puncak Bogor. Terdapat beberapa jalur trekking di Sentul Bogor yang menjadi pilihan favorit para penghobi trekking maupun yang sedang mencoba wisata trekking guna menikmati antar satu obyek daya tarik wisata alam dengan destinasi lainnya dengan aktivitas trekking atau hiking. Trekking di sentul Bogor dengan rute Leuwi Asih – Goa Garunggang merupakan salah satu jalur yang di banyak gemari.

Sementara itu jalur trekking di Puncak yang terfavorit adalah rute Paseban – Puncak Kencana via Gunung Gedogan dan Puncak Karvak dan jalur trekking Highland camp – curug 7 Cilember, kedua rute tersebut berada dalam kawasan hutan pegunungan (submonttane forest) dengan jalur trekking yang sangat eksotis. Lainnya adalah river trekking route dan family trekking route di paseban. 

Baca Paket Trekking :
4 Paket trekking di Puncak Bogor


Go Adventure

+62 819-1005-4000

Whatsapp


Baca juga :
Trekking di Puncak Bogor melalui jalur perawan yang eksotis

Trekking di Sentul Bogor – Belakangan ini trekking menjadi salah satu aktivitas menarik bagi para wisatawan, kendatipun terjadinya pembiasan makna antara trekking dan Hiking, namun dalam artikel ini penulis menggunakan kata “Trekking” yang merujuk pada aktifitas “Hiking” dengan alasan tertentu, kendatipun kata trekking tidak sesuai penggunaannya jika merujuk pada aktifitas wisata perjalanan dengan rute Leuwi Asih – Goa Garunggang.

Terdapat banyak rute trekking di sentul Bogor, rute terpavorit ialah Cisadon – Rawa Gede, Leuwi Asih – Goa Garunggang, Goa Garunggang – Curug Kencana, Goa Garunggang – Leuwi Hejo, Goa Garunggang – Curug Kencana, Gunung Pancar – Leuwi Asih, Gunung Pancar – Curug Kencana, Explore Leuwi Hejo, Explore Curug Ciburial, Gunung Pancar – Curug Cinta ,Gunung Pancar – Curug Bidadari, dan rute-rute lainnya.

Baca juga :
Pengertian hiking vs trekking dan tempat trekking di Sentul Bogor

Perjalanan trekking di Sentul jalur Leuwi Asih – Goa Garunggang

trekking Sentul
Image -2 : Trekking di Sentul

Aksesibilitas menuju Leuwi Asih

Trekking di Sentul Bogor – Untuk mencapai lapangan Leuwi Asih dimana tempat memarkirkan kendaraan sekaligus sebagai titik awal trekking Leuwi Asih – Goa Garunggang, para trekker akan melewati sebagian jalan perkampungan dengan badan jalan yang relatif sempit untuk dilalui oleh kendaraan. Jarak tempuh kendaraan dari exit tol sentul – lapangan leuwi Asih berjarak 17,2 km atau dapat ditempuh dengan perjalanan 40 menit jika jalanan relatif lancar.

Perjalanan trekking menuju Goa Garunggang

trekking di sentul goa garunggang
Image -3 : Goa Garunggang

Trekking di Sentul Bogor – Jarak tempuh perjalanan trekking dari lapangan Leuwi Asih menuju Goa Garongggang sekitar 3,6 km atau dengan setara waktu tempuh sekitar 50- 60 menit trekking dan atau tergantung pada kecepatan ritme perjalanan seorang trekker. Rute trekking Leuwi Asih dan Goa Garunggang memiliki karakter trek yang tidak terlalu berat, jalurnya berupa tanah liat dengan sedikit batuan dan ketika hujan turun dengan lebat dan cukup lama, tanah merah yang menjadi jalur trekking akan menjadi becek dan licin.

Di sekitar lapangan Leuwi Asih dimana tempat memulai trekking, suara air sungai Leuwi Asih terdengar dengan sayup-sayup, dan dari sinilah kemudian para trekker menuruni jalanan menuju Leuwi Asih yang merupakan check point pertama perjalanan dengan pemandangan sawah, air terjun dan bebatuan. 

Dari Check point pertama, para trekker akan menyeberangi sungai melalui jembatan bambu menuju area persawahan. dan dari titik persawahan inilah trekking yang sebenarnya dimulai. Jalur jalan yang dilalui merupakan tanah basah dan licin, sehingga para trekker perlu kehati-hatian dalam melakukan perjalanan agar tidak terpeleset.

Setelah melewati jalanan tanah licin, para trekker akan diajak untuk mendaki bukit yang cukup terjal, setelahnya menuju area perkebunan warga, disinilah para trekker akan melihat indahnya hamparan sawah dari atas bukit yang sebelumnya didaki. Perjalanan terus berlanjut sehingga jalur trek menyusuri perkampungan warga yang jalanannya menurun, sehingga akhirnya menemukan kembali jalanan yang mendaki dengan kontur berbatu dan bertanah merah. Pada beberapa trek menuju Goa Garonggang merupakan sebuah tanjakan yang panjang dengan tingkat elevasi yang curam.

Memasuki hutan pinus, suasana mulai terasa teduh karena jalurnya banyak ditumbuhi oleh vegetasi pinus merkusii kendatipun treknya tidak begitu panjang tapi cukup menyegarkan. Dari hutan pinus, perjalanan di lanjutkan menuju bukit dengan hamparan rerumputan di kanan dan kirinya sehingga sampailah di Goa Garunggang. Di Sekitar kawasan Goa Garunggang terhampar bebatuan besar dengan bentuk yang unik dengan garis-garis alami mengukir pada setiap batuannnya. Selain bebatuan yang unik, di tempat ini terdapat goa yang bisa dimasuki.

Destinasi trekking di Sentul rute Leuwi Asih – Goa Garunggang

Curug di Sentul Bogor
Image – 4 : Destinasi ketika trekking di Sentul

Trekking di Sentul Bogor – Beberapa destinasi alam disepanjang perjalanan trekking sentul dengan jalur Leuwi Asih – Goa Garunggang terdapat curug / air terjun Leuwi Asih, persawahan, perkampungan, perbukitan, dan Goa Garunggang sebagai destinasi terakhir.

Lapangan Leuwi Asih Sentul

lokasi trekking di Sentul Bogor
Image -5 : Lapangan Leuwi Asih sebagai titik awal trekking di Sentul

Trekking di Sentul Bogor – Lapangan Leuwi asih merupakan lapangan yang luas dengan kontur tanah. Lapangan ini berada di desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Selain digunakan sebagai tempat memarkirkan kendaraan, lapangan leuwi asih merupakan titik awal trekking di sentul dengan menggunakan jalur Leuwi Asih – Goa Garunggang.

Lokasi lapangan Leuwi Asih Sentul Bogor :

Lapangan Leuwi Asih berada di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/UAxevJyGEDVxrM8U6
CW6H+V6W, Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Leuwi Asih dan Curug Handeulem

curug di Sentul Bogor
Image -6 : Curug Handeulem Sentul Bogor

Trekking di Sentul Bogor – Air terjun atau yang dikenal dengan curug dalam padanan bahasa sunda merupakan terjunan air yang meluncur dari atas ketinggiian menuju kolam terjunan air. Sementara itu Leuwi Asih merupakan sebuah leuwi yang dalam padanan bahasa sunda berarti lubuk dan asih adalah identitas nama lokal yang disematkan pada lubuk tersebut. Lubuk atau leuwi merupakan istilah geografis yang berarti bagian terdalam dari wilayah perairan seperti sungai, danau, dan laut. Kata ini dapat pula berarti cekungan di dasar sungai. Aliran air di lubuk biasanya tenang atau bahkan relatif tidak mengalir.

Leuwi asih menjadi identitas penciri (brand identitiy) yang disematkan pada sebuah lubuk yang berada dalam aliran sungai di kampung Wangun Landeuh, desa Karang Tengah. Saat ini Leuwi Asih telah menjadi obyek daya tarik wisata alam dengan wahana pemandian air sungai. Konon kabarnya dari cerita rakyat yang berkembang bahwa dahulunya Leuwi asih merupakan sebuah tempat pemandian orang-orang kerajaan dan para putri-putri nya.

Tidak jauh dari Leuwi Asih, terdapat curug Handeulem dengan memiliki ketinggian terjunan airnya sekitar 6 meter, Curug Handeulem merupakan curug tunggal yang kecil dengan airnya mengalir dari bebatuan tebing, bukan dari aliran sungai utama. Curug Handeulem dapat di tempuh  dengan melewati tebingan-tebingan batu atau menyusuri arah arus aliran sungai.

Lokasi Curug Leuwi Asih Sentul Bogor:

Curug Leuwi Asih berada di Jl. Kp. Wangun landeuh, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/TMMP4T9DvPS5Zcij9
CW6H+MF Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Goa Garunggang Sentul

Lokasi trekking di Sentul Bogor
Image -7 : Goa Garunggang sebagai titik akhir trekking di Sentul

Trekking di Sentul Bogor – Goa Garunggang ditemukan sejak tahun 1987 dalam kondisi tertimbun oleh tanah, Goa ini terdiri dari dua buah Goa yang saling terhubung antara satu sama lain dengan 4 akses pintu masuk Goa. Penamaan Goa Agung Garunggang berasal dari kata “anggang” terambil dari bahasa sunda yang memiliki arti pemukiman atau suatu tempat yang berada di pemukiman. 

Lokasi Goa Garunggang merupakan lahan milik Perum Perhutani dalam Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bogor. Saat ini Goa Garunggang merupakan salah satu objek destinasi wisata alam yang unik dengan karakter khas bebatuannya.  Pemandangan alam berupa bongkahan bebatuan unik dan masih tersembunyi  ini menjadi tujuan akhir dari aktivitas trekking jalur Leuwi Asih – Goa Garunggang.

Lokasi Goa Garunggang – Puncak dua Sentul Bogor :

Curug Goa Garunggang berada di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810, Situs Ekologi Goa Garunggang berada dalam kawasan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Kesatuan Pemangkuan Hutan Bogor (KPH) dengan areal seluasa 1 Ha, di Petak 2D, RPH Babakan Madang, BKPH Bogor.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/goagarunggang?share
CWGP+PF Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat

Baca juga :
TREKKING DI PUNCAK ; Paseban – Curug 7 Cilember

Simpulan trekking di Sentul Bogor jalur Leuwi Asih – Goa Garunggang

Trekking di Sentul Bogor – Jalur trekking di sentul dengan rute Leuwi Asih – Goa Garunggang merupakan jalur hiking yang menghubungkan dua destinasi alam dengan melewati jalanan tanah, perkampungan dan persawahan. disepanjang rute trekking, para trekker akan di suguhkan oleh pemandangan perbukitan, pesawahan dan diakhiri dengan beristirahat disekitar Goa Garunggang untuk menikmati indahnya karakter bebatuan yang unik.


This entry was tagged in trekking di sentul and hiking di sentul, trekking sentul, rute trekking di sentul, trekking di bogor, rute trekking di bogor, hiking di sentul, rute hiking di sentul, sentul trekking, trekking di daerah sentul, paket trekking sentul, harga paket trekking sentul, open trip trekking sentul, leuwi Asih sentuk, goa garunggang sentul, curug Kencana sentul, gunung pancar sentul, curug Kencana sentul, curug bidadari sentul, cisadon sentul,  curug kencana sentul, trekking dan hiking di sentul.