10 Tempat trekking Sentul dan 4 paket hiking di Puncak Bogor terfavorit

Trekking Sentul – Belakangan ini kegiatan trekking di Sentul Bogor dan hiking di Puncak tengah menjadi aktivitas wisata populer bergendre petualangan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Aktivitas perjalanan ini tidak sebatas di ikuti oleh kelompok orang dewasa saja, namun juga oleh kelompok keluarga yang dikenal dengan sebutan family trekking.

Terdapat 4 tempat trekking di Puncak Bogor dalam balutan hutan pegunungan sebagai wisata minat khusus bergenre petualangan yaitu 1. river trekking routes, 2. Paseban – puncak Kencana route, dan 3. Highland camp – curug 7 Cilember routes, serta 1 jalur trekking khusus keluarga yang merupakan penggabungan antara trek hutan dan jalur telusur sungai dengan tujuan obyek daya tarik wisata air terjun yaitu family trekking route.

Baca Paket Trekking :
4 Paket trekking di Puncak Bogor


Go Adventure

+62 819-1005-4000

Whatsapp

The real trekking only exist in the montane forest in Puncak, other in the mountains of Halimun and Gunung Gede Pangrango National Park routes

– Kiade

Trekking Sentul – Trekking di Sentul Bogor menghubungkan antara satu obyek daya tarik wisata dengan destinasi wisata lainnya, menggunakan jalur jalan perkampungan, jalananan tanah, pematang sawah, kebun-kebun penduduk, melewati jalanan setapak di hutan pinus merkusii dan lainnya.

Sementara itu, jalur trekking di Puncak Bogor berada dalam kawasan hutan pegunungan (montane forest) zona penyanggga sebelah timur laut Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) sekaligus merupakan kawasan lindung yang menjadi blok pemanfaatan untuk kegiatan wisata minat khusus.

Dalam kawasan hutan pegunungan yang terfokus di wilayah Paseban sebagai titik point awal perjalanan trekking, terdapat 4 jalur trekking dengan level perjalanan yang berbeda-beda, begitupun dengan tantangan dan tingkat kesulitannya. Keberagaman jalur trekking di Puncak Bogor ini akan memberikan sensasi pengalaman yang yang berbeda-beda pula.

Terdapat 3 karakteristik rute trekking di Puncak Bogor yang sebagian besarnya berada pada hutan pegunungan bawah (submontane forest), yaitu 1. trek hutan, 2. rute sungai pegunungan (river trekking route) dan 3. penggabungan antara trek hutan dan jalur river trekking.

Hal ini tentu berbeda dengan karakteristik jalur trekking di Sentul Bogor yang menghubungkan antara obyek daya tarik wisata dengan lokasi lainnya. Sebagian besar rute trekking di Sentul melewati jalur kebun warga, pemukiman warga, persawahan, dan sebagiannya adalah hutan-hutan pinus, dls.

Keberagaman jalur trekking di Sentul dan Puncak Bogor merupakan pilihan yang harus disikapi dengan mempertimbangkan kondisi fisik dan minat, sehingga aktivitas trekking akan lebih menyenangkan. 

Perbedaan antara trekking dan hiking


Trekking Puncak – Belakangan ini terjadi pembiasan makna atas kata trekking dan hiking, hal ini terjadi karena pelaku usaha hiking membranding produk-produk hiking dengan kata trekking sehingga “kegiatan perjalanan dengan berjalan kaki yang menghubungkan antara satu obyek daya tarik wisata dengan destinasi lainnya dengan durasi tidak lebih 1 hari perjalanan dianggap sebagai trekking”, namun sesungguhnya dua kata tersebut memiliki penggunaan yang berbeda. Dan, dalam hal inipun penulis akan menggunakan kata trekking untuk membahas jalur-jalur hiking terpavorit di Sentul, karena masyarakat sudah familiar dengan kata trekking yang merujuk aktivitas hiking di Sentul.

Secara umum, hiking dan trekking memiliki makna yaitu perjalanan, penjelajahan dan atau aktivitas perjalanan di luar ruang dengan menggunakan kaki sebagai alat dalam menempuhnya. Dan secara pengertian khusus, pengertian  hiking adalah aktivitas perjalanan untuk kesenangan, rekreasi dan olahraga, biasanya hanya ditempuh dalam waktu singkat, hanya dalam hitungan jam atau kurang dari 1 hari perjalanan. Sedangkan trekking adalah aksi perjalanan panjang yang dilakukan dengan cara berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya seperti untuk ekspedisi dan lainnya, durasi perjalanan dalam trekking akan sulit diprediksi, bisa sehari, seminggu bahkan berbulan-bulan.

Baca Juga :
Perbedaan antara hiking dan trekking

4 Paket hiking di Puncak Bogor

paket trekking sentul
Image 3 ; Penulis di Geger Mayit

Trekking Puncak – Berbeda dengan paket trekking di Sentul Bogor, Paket hiking di Puncak yang aktivitasnya dilakukan dalam kawasan wisata minat khusus di hutan pegunungan submontana (sub-pegunungan atau disebut juga hutan pegunungan bawah) yang berada pada ketinggian antara 1.000—1.500 m dpl, ataupuan montane (formasi hutan tropika basah yang terbentuk di wilayah pegunungan) dengan ketinggian antara 1.000—2.400 m dpl yang lebih mennguatkan pada jungle trekking experinces dengan 4 paket hiking / trekking nya yaitu :

  1. Paket trekking Paseban – Puncak Kencana : merupakan paket trekking ke gunung Kencana via Gn. Gedogan dan puncak Karvak, aktivitas hiking ini dapat dilakukan dengan durasi sehari perjalanan ataupun 2 hari 1 malam dengan menginap di puncak Karvak atau datar mayit
  2. Paket trekking Highland – curug 7 Cilember : merupakan paket hiking  dengan tujuan curug 7 Cilember dari titik awal perjalanannya berada di Highland camp curug Panjang.
  3. Paket river trekking : adalah peket penelusuran sungai di aliran sungai Ciesek Sub DAS Ciliwung yang menghubungkan antara obyek daya tarik wisata air terjun curug Panjang dengan curug Cibulao via leuwi Buleud Megamendung. Terdapat dua skenario perjalanan dalam paket river trekking ini.
  4. Paket family trekking : Merupakan aktivitas liburan keluarga bergenre petualangan, paket family trekking menggabungkan antara trekking hutan, susur sungai dan wisata air terjun dalam satu kegiatan.

Trekking Paseban – Puncak Kencana

trekking di puncak bogor
Image 4 ; Penulis jalur Puncak Karvak

Paket Hiking Puncak – Hiking menuju puncak Kencana dari lerangan barat gunung Paseban dengan melewati puncak Gn. Gedogan dan puncak Karvak adalah rute yang tidak banyak digunakan oleh para hiker pemula dengan tujuan hanya sebatas wisata, karena jalur trekking ini merupakan jalur petualangan. Hiking menuju puncak Kencana berdurasi 1 hari perjalanan sehingga kembali pada titik awal perjalanan yaitu Highland camp dengan puncak Gunung Kencana sebagai destinasi akhir. Sebentar saja hiker[1]pejalan kaki akan menikmati pemandangan indah di puncak Kencana, itupun hanya sebatas melintas lalu kembali ke titik awal perjalanan dengan menggunakan kendaraan jeep yang akan melintasi perkebunan teh di jalanan berbatu dari perkebunan teh Ciliwung.

Titik pertama perjalanan hiking berada barat daya Gunung Paseban (Highland camp), menuju puncak Gn. Gedogan dan dilanjutkan menuju puncak Karvak atau datar mayit. Ketika hiker memiliki durasi 2 hari 1 malam perjalanan, maka puncak Karvak / datar mayit merupakan lokasi untuk mendirikan tenda dan berkemah, dan pada esok paginya dilanjutkan menuju puncak Kencana untuk menikamati matahari terbit Jalur pendakian dari arah barat daya ini di pergunakan oleh para penggiat trekking / hiking sebagai aktifitas wisata petualangan dengan jalur yang khusus yang eksotis.

Baca Juga :
Trekking di Puncak jalur hutan pegunungan Paseban

Jalur hiking yang dilalui itu merupakan rute yang eksotis dengan melewati hutan hujan tropis pegunungan (montane forest) yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon endemik menuju puncak gunung Kencana dari kaki gunung Paseban. Dalam penjelajahan ini, alam akan menjadi untaian symponi yang menakjubkan dimana aktivitas fisik dan olah emosi akan berpadu peran dengan instrumen-instrumen hutan pembentuk kehidupan alam liar.

Trekking Highland camp – Curug 7 Cilember Puncak

trekking di puncak bogor
Image 5 ; Penulis

Paket Hiking Puncak – Hiking di Puncak Bogor dengan rute Paseban menuju curug 7 Cilember, jalurnya berada dalam hutan pegunungan bawah yang menghubungkan antara bumi perkemahan Highland camp curug panjang dengan obyek daya tarik wisata air terjun Cilember di sebelah barat dayanya. Jalur hiking yang melintasi dua perbukitan di kaki gunung paseban ini dapat ditempuh dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam melewati menyisir kaki Gn. Gedoga , sehingga berada pada destinasi air terjun ke 7 atau terjunan air teratas dari komplek curug Cilember, lalu dilanjutkan menapaki ketujuh air terjun sehingga mencapai pada air terjun pertama.

Jalur hiking Paseban – curug 7 Cilember memiliki kemiripan karakter dengan jalur-jalur hiking yang ada dalam hutan pegunungan di zona penyangga Taman Nasional Gunung Gede Panggrango (TNGGP), yang membedakannya hanyalah jarak tempuh dan destinasi perjalanan.

Kendatipun memiliki kemiripan secara umum, namun terdapat perbedaan yang mencolok antar satu jalur hiking dengan jalur lainnya, seperti tantangan pada medan perjalanan, dominasi vegetasi tutupan dan tumbuhan-tumbuhan penciri yang berada di jalur hiking serta kehidupan binatang liar yang mendiaminya.

Baca Juga :
Trekking di Puncak rute Paseban – Curug 7 Cilember

River trekking Puncak

river trekking puncak bogor
Image 6 ; River trekking

Paket Hiking Puncak – River trekking adalah wisata minat khusus berbasis petualangan dengan penelusuran aliran sungai sebagai kegiatan utamanya. Aktivitas river trekking merupakan kombinasi antara hiking, petualangan dan penyusuran sungai yang terkadang harus berenang pada sebagaian badan sungai yang dilewatinya.

Jalur river trekking di Puncak Bogor menghubungkan antara satu obyek daya tarik wisata alam dengan lokasi wisata lainnya dalam sebuah kawasan wisata minat khusus yang berada di lerengan barat Gn. Paseban, berada di aliran sungai pegunungan sub DAS Ciesek yang menghubungkan antara air terjun curug Panjang – curug Cibulao, hal ini karena aliran sungai dan lingkungannya relative masih asri, eksotis dengan air yang bersih.

Terdapat dua skenario perjalanan, yaitu setengah perjalanan sungai dan setengahnya lagi dalah trek hutan pada kepulangan. Pada skenario penelusuran ini yang menjadi tujuan obyek daya tarik wisata adalah leuwi buleud yang lokasinya berada di antara (tengah) curug Panjang dan curug Cibulao. Dari leuwi Buleud dilanjutkan hiking dengan menggunakan jalur hutan sehingga kembali pada titik awal perjalanan yaitu Highland camp. Adapun skenario kedua adalah melanjutkan perjalanan menyusuri sungai dengan obyek daya tarik wisata curug Cibulao menjadi tujuan akhir river trekking, lalu kembali ke cek point pertama dengan menggunakan kendaraan di jalanan berbatu (onderlaag) yang sebagiannya aspal hitam.

Baca Juga :
River trekking di Puncak Bogor rute curug Panjang – curug Cibulao

River trekking adalah wisata minat khusus berbasis petualangan dengan penelusuran aliran sungai sebagai kegiatan utamanya. Aktivitas river trekking merupakan kombinasi petualangan antara hiking dan penyusuran sungai.

Family trekking Puncak

family trekking puncak bogor
Image 7 ; Family trekking

Paket family trekking – Peserta family trekking yang disarankan berusia antara 5 s.d 60 tahun dengan peserta minimal 4 orang. Sebuah keluarga yang mengikuti paket family trekking biasanya akan terlebih dahulu menginap di Highland camp dengan aktivitas kemping keluarga, dan kegiatan family trekking merupakan bagian dari berkemah. Kendatipun begitu, paket family trekking berlaku untuk 1D trip dengan fasilitas paket termaktub dibawah ini.

NOMOR : #FT-1D.21
JENIS : Family trekking
DURASI : 1D
LOKASI : Highland Camp – Curug Panjang
FASILITAS : HTM + asuransi,
Makan siang,
Flysheet,
Trekking pole,
Interpreter,
Medical support.
Min Paket : 6 orang
INVESTASI : IDR. 00K

[Note] Paket trekking keluarga biasanya dilakukan pada jam 09.00 AM dan 1.00 PM pada setiap harinya, atau dapat disesuaikan dengan kedatangan keluarga.

Baca Juga :
Family trekking di Puncak Bogor dan program wisata berbasis petualangan

Family trekking adalah aktivitas petualangan yang dilakukan pada jalur interpretasi atau pada rute yang didesain secara khusus yang menghubungkan antar satu obyek daya tarik wisata dengan lokasi lainnya untuk edukasi, olahraga, wisata minat khusus dan liburan keluarga.


Tempat trekking Sentul Bogor

Trekking Sentul – Tempat trekking di Sentul menghubungkan antara obyek daya tarik wisata dengan destinasi lainnya seperti bumi perkemahan, air terjun atau curug, leuwi, goa, dan lainnya. Keberagaman obyek daya tarik wisata alam dan jalur trekking yang ada di selatan nya DKI Jakarta ini telah menjadi daya tarik wisata trekking sentul. Dan, saat ini rute yang populer dan banyak dilintasi oleh para trekker adalah :

  • Rute trekking Cisadon – Rawa Gede,
  • Rute trekking Leuwi Asih – Goa Garunggang,
  • Rute trekking Goa Garunggang – Leuwi Hejo,
  • Rute trekking Goa Garunggang – Curug Kencana,
  • Rute trekking Gunung Pancar – Leuwi Asih,
  • Rute trekking Gunung Pancar – Curug Kencana,
  • Explore Leuwi Hejo Sentul Bogor,
  • Explore Curug Ciburial Sentul Bogor,
  • Rute trekking Gunung Pancar – Curug Cinta, dan
  • Rute trekking Gunung Pancar – Curug Bidadari, berikut adalah ulasannya.

Trekking Cisadon – Rawa Gede Sentul

trekking sentul cisadon
Image 8 ; Trek ke Cisadon

Trekking Sentul – Rawa Gede berada pada ketinggian 1.317 Mdpl, tempat ini merupakan kawasan dengan udara yang sejuk dan segar. Jalur Cisadon Rawa Gede atau kebalikannya merupakan rute yang cukup cukup menantang, memiliki pemandangan alam yang indah dengan pohon-pohon kopi disepanjang jalur perjalanan. Jalur trekking dengan turunan-turunan curam dan tanjakan-tanjakan yang terjal memiliki panjang rute perjalanan sekitar 7 km, rute ini dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan atau tergantung dengan ritme trekker berjalan. Di sekitar jalur Cisadon-Rawa Gede terdapat telaga asri dengan air terjun berada di dekatnya.

Sementara itu jalur trekking Bojong Koneng – Cisadon, dengan titik awal perjalanan di Bojong Koneng. Bojong Koneng – Cisadon merupakan rute dengan keberagaman jalur trekking dengan segala tantangannya, yaitu tanah berbatu, jalanan tanah merah berlumpur dengan kiri dan kanannya adalah tebingan dan lembah, melewati kebun-kebun warga lokal hingga akhirnya memasuki kampung terpencil yang berada di antara perbukitan, itulah Cisadon yang menjadi tujuan akhir dari perjalanan.

ODTW Rawa Gede Sentul

trekking sentul rawa gede
Image 9 ; Keindahan Rawa Gede

Trekking Sentul – Danau yang berada pada dataran tinggi ditengah hutan belantara dengan jembatan kayu melintas ditengahnya, jalan setapak, kolam, dan air terjun bernama Rawa Gede (penamaan rawa gede merujuk pada lahan dengan genangan air yang besar). Rawa Gede yang berada pada ketinggian 800 m dpl. Obyek Daya Tarik Wisata alam Rawa Gede  berada Kp. Rawa Gede RT 04/05, Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/z4mRBe4tbjVhBNdZ9
9XCV+J3 Sirnajaya, Bogor, Jawa Barat.

Cisadon Sentul

trekking sentul goa garunggang
Image 10 ; Di Cisadon

Trekking Sentul – Menepi sejenak untuk mengasingkan diri dari bising klakson kendaraan maupun gemuruh notifikasi ponsel dalam suasana perkampungan nan asri dengan suara kotek ayam dan celoteh warga yang menetap di sebuah perkmpungan yang sepi. Inilah Cisadon.

Di sepanjang perjalanan menuju Cisadon pada musim kemarau akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu indah, lain halnya jika dilakukan pada musim penghujan, pemandangan akan terbatasi oleh kabut. Cisadon berada Karang Tengah RT03/01, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, merupakan perkampungan penghasil kopi luwak berkualitas.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/Dg8ztW5yandfokgi8
9XC2+6P Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat.


Trekking Leuwi Asih – Goa Garunggang Sentul

trekking sentul goa garunggang
Image 11 ; Perempuan di Goa Garunggang

Trekking Sentul – Jarak tempuh perjalanan trekking dari Leuwi Asih menuju Goa Garongggang sekitar 3,6 km atau  setara dengan waktu tempuh sekitar 50-60 menit trekking dan atau tergantung pada kecepatan ritme perjalanan seorang trekker. Rute trekking Leuwi Asih – Goa Garunggang memiliki karakter trek yang tidak terlalu berat, jalurnya berupa tanah liat dengan sedikit batuan namun ketika hujan turun dengan lebat dan cukup lama, tanah merah yang menjadi jalur trekking akan menjadi becek dan licin.

Di sekitar lapangan Leuwi Asih dimana tempat trekking di mulai, suara air sungai Leuwi Asih sayup-sayup terdengar. Dari sinilah para trekker akan menuruni jalanan menuju Leuwi Asih yang menjadi check point pertama perjalanan, pemandangan sawah, air terjun dan bebatuan menjadi suguhan perjalanan. Dari Check point pertama, para trekker akan menyeberangi sungai melalui jembatan bambu menuju areal persawahan warga seitar, dan dari persawahan inilah trekking yang sebenarnya dimulai. Jalur jalan yang dilalui merupakan tanah basah dan licin, sehingga diperlukan kehati-hatian dalam melakukan perjalanan agar tidak terpeleset.

Setelah melewati jalanan tanah licin, selanjutnya trekker akan mendaki bukit yang cukup terjal, dilanjutkan menuju areal perkebunan warga. Disini akan melihat indahnya hamparan sawah dari atas bukit. Perjalanan terus berlanjut dengan menyusuri perkampungan warga yang jalanannya menurun, sehingga menemukan kembali jalanan mendaki dengan kontur berbatu dan bertanah merah. Pada beberapa trek menuju Goa Garonggang dari leuli asih banyak tanjakan-tanjakan yang panjang dengan tingkat elevasi yang curam.

Ketika memasuki hutan pinus, suasana mulai terasa teduh karena jalurnya banyak ditumbuhi oleh vegetasi pinus merkusii, kendatipun treknya tidak begitu panjang tapi cukup menyegarkan. Dari hutan pinus, perjalanan di lanjutkan menuju bukit dengan hamparan rerumputan di kanan dan kirinya, sehingga sampailah di Goa Garunggang. Di Sekitar kawasan Goa Garunggang terhampar bebatuan besar dengan bentuk yang unik dengan garis-garis alami mengukir pada setiap batuannnya. Selain bebatuan yang unik, di tempat ini terdapat goa yang bisa dimasuki.

Baca Juga :
Trekking Sentul rute jalur Leuwi Asih – Goa Garunggang

Obyek Daya Tarik Wisata Goa Garunggang Sentul

trekking di sentul goa garunggang
Image 12 ; Goa Garunggang

Trekking Sentul – Situs Ekologi Goa Garunggang berada dalam kawasan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Kesatuan Pemangkuan Hutan Bogor (KPH) dengan areal seluasa 1 Ha, di Petak 2D, RPH Babakan Madang, BKPH Bogor. Berada di Jl. Ptp Terusan, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/goagarunggang?share
CWGP+PF Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat.

ODTW Leuwi Asih Sentul


Trekking Sentul – Leuwi asih yang disematkan pada sebuah lubuk dalam aliran sungai di kampung Wangun Landeuh, desa Karang Tengah saat ini tengah menjadi obyek daya tarik wisata alam dengan wahana pemandian air sungai yang populer. Konon kabarnya dari cerita rakyat yang berkembang bahwa dahulunya Leuwi asih merupakan sebuah tempat pemandian orang-orang kerajaan dan para putri-putri nya. Dan, tidak jauh dari Leuwi Asih, terdapat curug Handeulem dengan ketinggian terjunan airnya sekitar 6 meter, Curug Handeulem merupakan curug tunggal yang kecil dengan airnya mengalir dari bebatuan tebing.

Lokasi Curug Leuwi Asih Sentul Bogor:

Leuwi Asih dan curug Handeulem berada di Jl. Kp. Wangun landeuh, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/TMMP4T9DvPS5Zcij9
CW6H+MF Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat.


Trekking Goa Garunggang – Leuwi Hejo Sentul

trekking sentul bogor
Image 14 ; Trek persawahan

Trekking Sentul – Leuwi Hejo yang menjadi tujuan obyek daya tarik wisata trekking di Sentul ini berada di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat,  Leuwi Hejo merujuk pada bagian terdalam dari aliran sungai sehingga membentuk kolam yang memiliki air berwarna hijau. Leuwi dapat pula berarti cekungan di dasar sungai yang memiliki air tenang atau bahkan relatif terlihat tidak mengalir.  Leuwi Hejo memiliki panorama sangat indah yang dicapai dengan jalan setapak di lokasi alami yang rimbun.

Ada beberapa jalur trekking dari Goa Garunggang selain menuju leuwi Hejo yaitu leuwi Liuek, curug Baliung, curug Kencana, dan lainnya, adapun jalur trekking untuk mencapai Goa Garunggang dapat  mengambil titik awal perjalanan dari leuwi Asih  yang berjarak sekitar 3,6 km atau  setara dengan waktu tempuh sekitar 50- 60 menit trekking.

Lokasi Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor

trekking sentul leuwi hejo
Image 15 ; Berenang di Leuwi Hejo

Trekking Sentul – Leuwi hejo berada di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Dinamakan Leuwi Hejo karena  relungan atau kolam memiliki air yang hijau. Leuwi Hejo memiliki beberapa terjunan air yaitu Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Liek, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet dan Curug Baliung. Lokasi antara curug yang satu dengan yang lainnya tidak terlalu jauh yang hanya diperlukan  waktu trekkiing sekitar 5-15 menit.

Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/Leuwihejotriptrekking?share
CX43+XX Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat.


Trekking Goa Garunggang – Curug Kencana Sentul

trekking di sentul goa garunggang
Image 16 ; Trekker di goa Garunggang

Trekking Sentul – Trekking menuju curug Kencana dari Goa Garunggang akan melalui jalur khas pedesaan dengan trek tanah merah yang ketika hujan besar dan lama itu sangat licin dan jalur setapak yang dikelilingi hutan pinus dengan pemandangan pesawahan. Karakter fisik jalur trekking ini naik dan turun bukit setalah menjelajah Goa Garunggang para hiker akan menikmati air terjun putri Kencana yang asri dan alami.

Obyek Daya Tarik Wisata Curug Kencana Sentul

trekking sentul curug kencana
Image 17 ; Menikmati curug Kencana

Trekking Sentul – Curug Putri Kencana atau yang dikenal dengan curug Kencana Sentul  adalah gerojokan alami yang berada dialiran sungai dengan air berwarna hijau tosca nan jernih dan bebatuan besar yang berada di sekitar aliran sungai tersebut sebagai penghiasnya. Beberapa penderasan di sepanjang aliran sungai membentuk terjunan air yang berundak-undak yang disebut dengan curug. Curug Kencana memiliki kolam-kolam alami yang tercipta dari susunan bebatuan dengan beragam ukuran yang dapat direnangi sebagai kolam renang alami. Selain dapat melihat pemandangan air terjun indah, disekitar curug Kencana terdapat kamu rute trekking menyusuri bukit serta tempat untuk camping serta 5 terjunan air lainnya yang saling berdekatan yaitu Curug Leuwi Pariuk, Curug Leuwi Demang, Curug Luewi Baliung, Curug Panjang dan Curug Love

Curug Kencana berada di Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Jalur treking menuju air terjun dalam kawasan hutan hujan menghubungkan antara obyek wisata air terjun dengan destinasi lainnya.

Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/z95NwuZRREHAwLSq9
CW2P+W22, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.


Trekking Gunung Pancar – Leuwi Asih Sentul

trekking Sentul
Image 18 ; Keluarga sedang trekking ke Leuwi Asih

Trekking Sentul – Jalur trekking Gunung Pancar – Leuwi Asih dapat ditempuh dengan waktu 1,5 – 2 jam perjalanan atau tergantung pada ritme kecepatan para trekker berjalan. Jalur ini mengambil  titik awal perjalanan dari gunung Pancar menuju leuwi Asih Sentul. Trekking Rute di jalur Sentul – Leuwi asih melewati sungai, sawah, bukit kolecer, dan perbukitan lainnya sehingga tiba di Leuwi Asih untuk bermain air.

Obyek Daya Tarik Wisata Gn. Pancar Sentul

trekking Sentul
Image 19 ; ODTW Gn. Pancar

Trekking Sentul – Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar memiliki keanekaragaman flora dan fauna serta pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk. Pengunjung dapat melakukan aktivitas berkemah dalam balutan petualangan. Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan disekitar bumi perkemahan adalah outbound memanah, menembak, berkuda, dan bersepeda.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar sebagai salah satu kawasan pelestarian alam ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 156/Kpts-II/1988 tanggal 21 Maret 1988 seluas 447,5 hektar. Taman Wisata Alam Gunung Pancar selain mempunyai fungsi sebagai sarana pendidikan dan penelitian juga dikembangkan sebagai sarana rekreasi, khususnya rekreasi di alam terbuka. 

Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/z95NwuZRREHAwLSq9
CW2P+W22, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.


Trekking Gunung Pancar – Curug Kencana Sentul

trekking sentul gunung pancar
Image 20 ; Check Point trekking Gn. Pancar

Trekking Sentul – Jalur trekking gunung Pancar – curug Kencana sentul Bogor merupakan rute yang melewati hutan pinus di Gm. Pancar, persawahan, perkampungan, kebun-kebun penduduk dengan beragam trek seperti jalan berbatu, beton, trek tanah. Perjalanan trekking akan di mulai dari Gn. Pancar dengan tujuan curug Kencana sentul untuk berenang dalam kolam-kolam renang alami di aliran sungai atau sebatas bermain air.


Explore Leuwi Hejo Sentul Bogor

trekking sentul cisadon
Image 21 ; Trekker Sentul

Trekking Sentul – Explore Curug Leuwi Hejo sentul merupakan perjalanan trekking di sentul yang memiliki jarak tempuh 5 km atau dengan durasi perjalanan selama 4 jam dengan obyek daya tarik wisata alam ayang menjadi tujuan adalah Leuwi Hejo – Curug Leuwi Liek – Curug Cibaliung.

Explore Leuwi Hejo dengan titik awal dari perjalanan berada di Wangun Lande selanjutnya melewati persawahan, melintasi sungai, perkebunan kopi, Curug Leuwi Hejo, Curug Barong, Lewi Liek, dan berakhir di Curug Cibaliung.


Explore Curug Ciburial Sentul Bogor

trekking sentul curug ciburial
Image 22 ; Ffamily trekking rute Sentul

Trekking Sentul – Explore curug Ciburial adalah aktivitas trekking di Sentul yang memiliki jarak tempuh sekitar  6 km atau durasi perjalanan sekitar 4 jam, Explore curug Ciburial menghubungkan obyek daya tarik wisata curug Hordeng, curug Kembar, dan Curug Ciburial dalam satu jalur perjalanan trekking. Medan trekking ini menanjak, landai, menurun dengan titik pertama perjalanan berada Cibakatul, dilanjutkan melalui jalan perkampungan, sawah, kebun kopi, susur sungai, Curug Lesung, Curug Burial, Curug Kembar, Curug Hordeng.

ODTW Curug Ciburial

trekking sentul curug ciburial
Image 23 ; Air yang dingin di curug Ciburial

Trekking Sentul – Curug Ciburial merupakan air terjun yang masih perawan, aksesnya yang terbilang sulit untuk dijangkau dan sedikitnya wisatawan yang mengetahui tentang curug dengan dua air terjun yang saling berdekatan. Air terjun dengan kolam renang alami dalam keindahan belantara hutan dapat dijangkau dengan melewati jalur gunung curam dan hutan lebat. untuk dapat mencapai air terjun ini, trekking akan melewati atah  jalan ke arah Leuwi Hejo, lalu lanjutkan perjalanan ke Desa Cibereum, Sukamakmur, Bogor.

Ciburial dalam bahasa Sunda berarti air yang keluar dari bawah tanah, seperi halnya air curug yang jatuh ke ketinggian, akan masuk ke kedalaman air di bawahnya lalu muncul kembali dalam bentuk gelombang. Curug Ciburial merupakan asal air yang mengali ke Curug Leuwi Hejo. Keindahan Curug Ciburial terletak pada susunan bebatuannya dan jumlah air terjunnya.
.

Peta dan Koordinat curug Ciburial Sentul:
https://goo.gl/maps/3XmZyLnNrwQUMwE9A
9XX5+5MG, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.


Trekking Gunung Pancar – Curug Cinta Sentul

trekking sentul curug cinta sentul
Image 24 ; rute trekking Gn. Pancar – curug Cinta

Trekking Sentul – Jalur trekking Gunung Pancar – curug Cinta memiliki estimasi waktu tempuh sekitar 3,5 – 4 jam, dengan meeting point berada di Gunung Pancar.

Curug Cinta Sentul

trekking sentul curug cinta sentul
Image 25 ; berenang di curug Cinta

Trekking Sentul – Air terjun cinta atau yang lebih populer dengan sebutan curug Cinta merupakan bagian dari kelompok air terjun leuwi panjang yang memiliki lima terjunan air yaitu  Leuwi Demang, curug putri kencana, leuwi baliung, leuwi panjang dan terakhir leuwi cinta. Curug Cinta berada di Sentul Atas, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Peta dan Koordinat curug Cinta Sentul:
https://goo.gl/maps/VDN6N5pZ4B4j7Rq36
9WRV+VC2, Sentul Atas, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.


Trekking Gunung Pancar – Curug Bidadari Sentul

trekking sentul bogor
Image 26 ; Trekker melintas sungai

Trekking Sentul – Jalur trekking Gunung Pancar – curug Bidadari ini Rute ini memiliki estimasi waktu tempuh 3,5 jam. dengan meeting point berada di Gunung Pancar.

Obyek Daya Tarik Wisata Curug Bidadari Sentul

trekking sentul curug bidadari
Image 27 ; Keindahan curug Bidadari

Trekking Sentul – Curug atau air terjun bidadari memiliki ketinggian sekitar 50 meter, airnya berasal dari area sekitar konservasi, berada di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Curug Bidadari terkenal dengan keberadaan batu yang berada di bagian bawah air terjun. Batu belah dengan ukuran besar tersebut merupakan ikon dari destinasi curug bidadari. Curug Bidadari termasuk dalam kawasan bukit Sentul yang memiliki pemandangan panorama hijau perbukitan, pemukiman elit dan komplek per-villa-an.

Peta dan Koordinat curug Bidadari Sentul:
https://goo.gl/maps/cabDDj6HA3UyvpB79
9WP5+99 Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat.


Tips dan perlengkapan ketika trekking di Sentul dan Puncak Bogor

river trekking di puncak bogor
Image 28 ; Trekking sungai

Trekking Sentul – Berapa perlengkapan yang direkomendasi untuk dibawa pada aktivitas trekking di Sentul Bogor maupun di trekking Puncak, yaitu .

  • Trekking pole ; merupakan perlengkapan yang berfungsi untuk membantu pejalan kaki dengan ritmenya, memberikan stabilitas, dan mengurangi ketegangan pada persendian di medan yang kasar.
  • Pakaian secukupnya ; adalah pakain ganti yang dipergunakan ketika habis trekking ataupun karena basah sehabis berenang di curug.
  • Kaos tangan ; Fungsi sarung tangan ialah untuk melindungi sang pemakai dari pengaruh lingkungan sekitarnya atau melindungi lingkungan sekitar dari tangan sang pemakai.
  • Air minum ; Kebutuhan konsumsi air minum ketika trekking sangat tinggi untuk menghindari dehidrasi dan menghilangkan rasa haus selama trekking.
  • Tas (bodypack/daypack/backpack) ; membawa tas untuk menyimpan perlengkapan yang dibawa selama trekking
  • Dry bag ; merupakan tas anti air untuk mengamankan perlengkapan ketika berbasah-basah saat hujan misalnya perlengkapan elektronik seperti kamera dan handphone dls. 
  • Kamera dan perlengkapannya ; membawa kamera dengan peralatan seperti gimbal, battery cadangan dan lainnya untuk mengabadikan moment-moment perjalanan trekking. Saat ini smart phone sudah banyak dilengkapi dengan kamera profesional untuk mengambil gambar yang bagus.
  • Makanan ringan  ; mengonsumsi makanan sehat selama trekking yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta serat yang cukup seperti cokelat batang coklat yang dapat secara langsung mengembalikan energi yang hilang ketika trekking
  • Lotion dan anti serangga ; untuk menghindari kulit dari terpaan sinar matahari secara langsung sekaligus pelembab kulit dan lation serangga untuk menghidnari kulit dari gigitan serangga selama trekking.
  • Peralatan mandi ; untuk mandi di air terjun ataupun mandi setelah trekking
  • Rain coat ; atau jas hujan yang santa diperlukan ketika cuaca hujan datang saat trekking
  • Obat-obatan pribadi ; Membawa obat-obatan penting yang dibawa saat trekking seperti vitamin, obat luka, minyak kayu putih, obat pegal dan cedera otot, dls

Tips ketika trekking di Sentul ataupun di Puncak Bogor

Trekking Sentul – Beberapa tips yang harus diperhatikan ketika melakukan aktivitas trekking di Sentul ataupun di Puncak, Tips dibawah ini agar ketika trekking lebih menyenangkan, menyehatkan dan sesuai dengan ekpestasi anda dalam wisata trekking :

1. Pilihlah jalur trekking sesuai kemampuan 

Keberagaman jalur trekking di Sentul ataupun Puncak Bogor harus di sikapi dengan kondisi fisik, orientasi trekking dan krateria kelompok dalam menentukan keputusan pemilihan jalur trekking, sehingga aktivitas trekking itu menyenangkan dan sesuai dengan ekspektasi.

2. Menggunakan alas kaki yang nyaman 

Menggunakan alas kaki yang tepat seperti sepatu atau sandal gunung akan membuat trekking di Sentul atau Puncak Bogor akan lebih nyaman dan meminimalkan cidera yang diakibatkan karena karena trekking seperti terpelesat atau cidera karena gesekan alas kaki. Pilihlah sepatu trekking yang disesuaikan dengan kondisi trek yang akan dilewati.  

3. Membawa baju ganti dan handuk 

Dibeberapa jalur terdapat air terjun ataupun leuwi yang menjadi tujuan perjalanan trekking. Obyek daya tarik wisata sepanjang jalur trekking merupakan lokasi untuk berenang yang dapat menyegarkan dan mengurangi rasa lelah sehabis trekking.

4. Membawa barang secukupnya

Dalam aktivitas trekking tidak perlu membawa terlalu banyak barang. Hal ini untuk mencegah tubuh kelelahan kehabisan energi perjalanan. Bawalah barang seperlunya, seperti air minum, baju ganti, handuk, dan kamera untuk mengabadikan momen-momen trekking.

5. Membawa air minum yang cukup

Membawa persediaan air minum yang cukup untuk mencegah tubuh dehidrasi dan menghilangkan rasa haus selama perjalanan, karena ketika trekking tubuh banyak mengeluarkan keringat yang harus digantikan dengan kembali meminum air.

Baca Juga :
Tips trekking di Sentul dan Puncak Bogor

Tips manajemen air minum selama trekking di Sentul dan Puncak Bogor

Trekking Sentul – Manajemen air dalam aktivitas trekking menjadi salah satu yang harus diperhatikan secara serius, karena dalam aktivitas trekking tubuh akan banyak mengeluarkan keringat dan ketika sesorang kekuarangan air dalam tubuh akan menyebabkan dehidrasi atau keluarnya banyak cairan tubuh yang membahayakan, yang disebabkan oleh keringat berlebih, atau kurangnya asupan dan konsumsi cairan tidak mencukupi, beberapa tips dalam managemen air minum ketika trekking dan sebelum treking :

1. Minum air yang cukup sebelum melakukan trekking.

Sangat penting bagi tubuh untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup sebelum melakukan aktivitas trekking. 4 jam sebelum trekking, direkomendasi untuk meminum air putih sebanyak 500-600 ml, dan 250-300 ml air diminum sekitar 10-15 menit sebelum kegiatan trekking.

2. Meminum air sedikit demi sedikit secara teratur selama trekking.

Pada saat trekking rasa haus menandakan bahwa sudah banyak cairan yang dikeluarkan tubuh dan harus diganti. Dan, ketika haus banyak orang cenderung akan meneguk air minum yang banhak agar hausnya bisa segera hilang,  padahal sesungguhnya meminum air dengan terburu-buru justru tidak tidak baik dan dapat menimbulkan kembung. Meminum banyak air dalam sekali teguk dapat juga meningkatkan pengeluaran urin yang bisa memperlambat proses rehidrasi.

3. Minum air dingin karena lebih mudah diserap tubuh ketika trekking.

Mengonsumsi air dingin dapat meningkatkan waktu dalam melakukan aktivitas fisik hingga 11 % dibandingkan dengan konsumsi air hangat. Hal ini dapat terjadi karena konsumsi air dingin yang lebih mudah diserap tubuh dapat meningkatkan volume air di dalam tubuh jika dibandingkan ketika kita mengonsumsi ar hangat.

4. Jangan meminum alkohol atau kafein !

Alkohol dan kafein bersifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine. Karena seringnya buang air kecil tubuh akan kehilangan cairan lewat urine, sehingga mengonsumsi dua minuman ini membuat tubuh lebih sulit untuk mempertahankan kadar cairan. 

5. Menghindari air yang mengandung gula saat trekking

Air yang mengandung gula akan menghalangi kemampuan tubuh dalam menyerap cairan, hal ini karena tingginya kadar gula tubuh akan menghasilkan banyak urine dengan tujuan membuang glukosa. Karena terlalu sering buang air kecil, maka tubuh beresiko mengalami dehidrasi.

6. Atur waktu minum paling tidak 8 ons atau 236 mililiter per 0,5 jam.

Agar tidak mengalami dehidrasi, sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Asupan cairan saat mendaki bertujuan untuk mengembalikan cairan tubuh atau rehidrasi. Setidaknya minum 100-200 ml setiap 30 menit sekali dianjurkan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

7. Tempatkan botol minum pada lokasi yang mudah dijangkau selama trekking.

Air minum merupakan hal yang paling diperlukan saat melakukan pendakian. Oleh karena itu botol minum perlu ditempatkan pada lokasi yang mudah dijangkau sehingga kita tidak perlu membongkar ransel ketika kehausan. Membongkar ransel juga membutuhkan tenaga yang akan membuat kita semakin kelelahan dan kehausan, itulah kenapa kita harus menempatkan botol minum pada lokasi yang mudah dijangkau.

Simpulan tempat trekking di Sentul dan paket trekking di Puncak

paket trekking sentul
Image 29 ; Penulis

Trekking Sentul – Trekking telah menjadi salah satu wisata berbasis petualangan yang banyak digandrungi oleh masyarakat perkotaan, kendatipun tengah terjadinya pembiasan atas kata trekking yang merujuk pada aktivitas “kegiatan perjalanan dengan berjalan kaki yang mengubungkan antara satu venue dengan destinasi lainnya dengan durasi tidak lebih 1 hari perjalanan”.

Saat ini tempat yang menjadi rujukan aktivitas trekking adalah jalur-jalur trekking di Sentul dengan beragam destinasi dan keberagaman jalur trekkingnya, dan rute Hiking di Puncak Bogor. Paket hiking / trekking di Puncak Bogor yang banyak diminati oleh penghobi trekking, kelompok keluarga (family trekker) ataupun pemula dan umum adalah Paseban – Puncak Kencana, Highland camp – Curug 7 Cilember, River trekking route dan Family trekking programme yang jalur nya berada dalam hutan pegunungan. 


This entry was tagged in trekking sentul and trekking di puncak, hiking di sentul, hiking di puncak, trekking sentul, trekking puncak, jalur trekking sentul, jalur trekking puncak, paket trekking sentul, paket trekking puncak, family trekking sentul, river trekking sentul, trekking sentul murah, paket trekking sentul,trekking sentul anak, trekking bogor, harga paket trekking sentul, open trip trekking sentul, tips trekking di sentul dan puncak bogor, trekking bogor, trekking sentul leuwi hejo, open trip trekking sentul, harga paket trekking sentu, paket trekking puncak bogor.

References

References
1 pejalan kaki