Fakta tempat camping, glamping dan model tenda berkemah

Camping yang telah menjadi identitas kelompok kepanduan dan kepencinta-alaman[1]ke-pencinta alam–an ; pecinta alam atau pencinta alam adalah istilah yang dipergunakan untuk kelompok-kelompok yang bergerak di alam bebas, pada bidang petualangan, lingkungan hidup dan … Continue reading, belakangan ini, tengah menjadi trend baru dalam dunia pariwisata yang digemari oleh masyarakat lintas pendidikan, lintas strata ekonomi dan sosial bahkan lintas kelembagaan.

Trend camping dalam dunia pariwisata itu terjadi karena kejenuhan pasar atas pariwisata massal[2]pariwisata massal sebagai pariwisata modern atau konvensional, di mana jenis pariwisata ini memiliki ciri-ciri yakni kegiatan wisata berjumlah besar (Mass Tourism), sebagian dikemas dalam satuan … Continue reading yang beralih pada wisata minat khusus dengan menekankan aspek penghayatan dan penghargaan lebih terhadap aspek kelestarian alam, lingkungan dan budaya (enviromentally and cultural sensitives), didukung secara ekologis, layak secara ekonomi, adil secara etika dan sosial.

Secara bahasa pengertian Camping[3]living in a tent, etc. ; [intransitive] to put up a tent and live in it for a short time; [intransitive] go camping to stay in a tent, especially while you are on holiday; [uncountable] a place where … Continue reading adalah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka, gunung dan atau pegunungan, hutan dengan tenda sebagai tempat tinggal sementara. Kegiatan camping memiliki keterkaitan yang erat dengan kepanduan, kepencinta-alaman dan atau guna pemenuhan akan ruang tinggal sementara bagi sebagian atau kelompok orang yang sedang melakukan perjalanan (baca hiking atau trekking) kewilayah tertentu yang tidak banyak dihuni oleh komunitas manusia dan dengan tujuan khusus seperti penelitian di pedalaman hutan, ekspedisi puncak-puncak gunung, penggalian arkeolog, dls.

Whatsapp


Berkemah dalam plesure

Selain untuk kepentingan khusus yang mensyaratkan adanya tenda sebagai tempat tinggal sementara, saat ini berkemah tengah menjadi aktivitas liburan dengan obyek daya tarik wisata nya adalah kawasan wisata alam dan bumi perkemahan. Dalam hal ini, berkemah menjadi kegiatan wisata alam berbasis petualangan dengan kemah-kemah dan campground yang didesain secara nyaman sebagai akomodasi wisata. 

Camping keluarga sebagai wisata pro-edukasi

Camping keluarga merupakan solusi pro-edukasi dalam mengisi liburan, sekaligus membangun komunikasi efektif dan kualitas sebuah kebersamaan dalam keluarga. Kegiatan berkemah bersama keluarga adalah salah satu alternatif liburan keluarga bergenre petualangan yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi anak-anak. “Camping keluarga adalah kegiatan rekreasi keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda, bertujuan guna mendapatkan pengalaman petualangan di alam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga”

Selain untuk lebih mendekatkan hubungan antar sesama anggota keluarga, kegiatan berkemah dapat menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan hidup, serta menanamkan rasa cinta kasih pada alam, mengasah ketrampilan dan kreatifitas di alam bebas, dan memberi manfaat positif secara langsung maupun tidak langsung bagi sebuah keluarga. Selanjutanya dapat dibaca pada Camping Keluarga

Glamping atau glamorous camping

Figure 3 : Fakta unik Glamping

Glamping atau glamorous camping dalam pikiran sebagian banyak orang adalah fasilitas yang disediakan untuk berkemah dengan balutan kemewahan tenda, interior serta fasilitas pendukung lainnya yang didesain guna memberikan kenyamanan dan prestise bagi para pekemping. Desain yang sengaja dibuat apik, indah dan semewah mungkin oleh penyedia fasilitas glamping, mulai dari tempat untuk tidur, kamar mandi, hingga tersedianya TV cable dan pendingin ruangan telah menjadi presepsi publik atas brand glamping.

Namun tidak sedikit para pelaku pariwisata mengambil kesempatan atas kepopuleran “Glamping” yang kemasannya dibuat jauh panggang dari api dan keluar dari pakem glamping karena alasan kesempatan bisnis atas Glamping dengan mengorbankan pakem.

Sesungguhnya, glamping adalah sebuah pakemam berkemah seperti yang pernah dilakukan oleh King Henry VIII pada tahun 1520 dengan mengadopsi cara hidup nomaden suku Mongol pada tahun 1100 M di masa pemerintahan Genghis Khan, dan beberapa kisah lainnya yang menginspirasi adanya glamping pada zaman sekarang. Selanjutnya dapat dibaca pada  Fakta unik Glamping

Tempat Camping dan Glamping

Beralihnya tren pasar pariwisata massal ke wisata minat khusus telah menjadi peluang para pegiat dan penggiat pariwisata untuk membangun tempat camping dengan dengan konsep dan pendekatan yang beragam, keberagaman konsep akan melahirkan ceruk pasar yang berbeda-beda antara satu tempat camping dengan tempat camping lainnya.

Penulis menyangka terdapat empat karakter bumi perkemahan yang ada di Jawa Barat,  perbedaan ini telah membentuk ceruk pasar wisatawan yang berbeda pada setiap karakternya, karena fasilitas buatan dan daya dukung lingkungan akan mempengaruhi daya kunjung wisatawan untuk berkemah di sebuah camping ground, keempat karakter ini adalah :

  • Family camp ; sebagaian besar camping ground yang mengakomodir karakter wisatawan dari kelompok keluarga memiliki tingkat kenyamanan, kemanan dan kelengkapan fasilitas alam maupun buatan yang cukup baik untuk kebutuhan keluarga ketika berkemah, salah satu lainnya yang menjadi pertimbangan bagi kelompok pekemping keluarga adalah keberagaman venue yang ada dalam kawasan camping ground.
  • Mandiri camp ; adalah mereka yang menjadikan tempat camping sebagai tempat bersantai dan berpetualang dialam bebas. Sebagain besar dari kelompok ini diwakili oleh kaum muda dan kelompok pendaki gunung yang tidak begitu memperhatikan kenyamanan dan fasilitas tempat berkemah, yang terpenting adanya fasilitas dasar untuk camping. Sebagian banyak tempat berkemah kelompok camping mandiri berada di kawasan Taman Nasional dan puncak-puncak gunung ketika melakukan pendakian.
  • Camping kelompok ; adalah camping ground yang dapat menfasilitasi kegiatan gathering perusahaan, outbound, outing perusahasan, dan sebagiannya lagi dapat menfasilitas acara-acara kampus, pelatihan dan pengembangan SDM, dan lainnya. Camping ground yang dapat memenuhi pekemping dalam satuan kelompok ini adalah suatu tempat berkemah yang memiliki fasilitas dasar sebagai camping ground dan fasilitas penunjang kegiatan seperti aula, barak, ruang kepanitian, dan fasilitas kegiatan, serta lainnya.
  • Glamping ; tempat glamping tidak dikatogerikan sebagai bumi perkemahan walaupun terdapat kata “camping” setelelah kata “glamorous“. Wisatawan yang datang ke tempat glamping tidak ubahnya seperti masuk ke sebuah resort atau hotel, dimana tempat glamping fungsinya hanya sebagai tempat menginap ketika bepergian. Hal ini dapat diamati pada perusahasan penyedia tempat glamping yang dianggap sebagai resesntatif dari pakem Glamping di Jawa Barat yaitu Highland Resort dengan konsep Mongolian tent yang menjadi budaya masyarakat yang hidup nomaden pada perbatasan antara Rusia dan China 

Tempat camping dan glamping di Bandung Jabar

tempat camping di bandung

Di bandung banyak lokasi berkemah ataupun glamping yang sebagian besarnya berada dalam kawasan gunung dan pegunungan yang memiliki keindahan lansekap alam dan udara yang sejuk menyegarkan.

Tempat Glamping di Bandung Jawa Barat

  • The Lodge Maribaya ; dengan pemandangan khas pegunungan dengan hutan pinus yang masih sangat asri, lokasi glamping ini berada di Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
  • Glamping Legok Kondang Lodge; berada di Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.
  • Glamping Lakeside Rancabali; berlokasi di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Glamping Likeside Rancabalidi bangun di dibangun di pinggir Situ Patengan, menyuguhkan lanskap danau dan kebun teh.
  • Bobocabin Bobobox ;  merupakan kabin yang nyaman, kamar mandi yang bersih, dan jaringan internet yang super cepat. Bobocabin Bobobox terinspirasi dengan gaya camping yang mewah yang sudah lama trending di Indonesia yaitu glamour camping atau glamping
  • Trizara Resorts Glamping; beralamat di Jl. Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Trizara Resorts Glamping Trizara Resorts Glamping mengusung konsep resort dengan pengalaman glamour camping yang mewah yang menyediakan tenda dengan berbagai ukuran kamar, layaknya di resort

Tempat camping di Bandung Jawa Barat

tempat camping di bandung
  • Terminal Wisata Grafika Cikole yang berada di kawasan Lembang, di jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
  • Ranca Upas; merupakan Bumi perkemahan lereng gunung bernuansa pedesaan dengan kolam mata air panas, aktivitas outdoor & rusa. Bumi perkemahan ini berlokasi di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Camping Gound Tebing Keraton; berada di Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Tebing Jeraton memiliki areal camping yang cukup luas yang dinaungi oleh pohon-pohon besar.
  • Bukit Moko; berada di Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Bukit Moko memiliki nuansa hutan pinus yang masih sangat asri dengan pemandangan gemerlap lampu kota pada malam harinya dan pemandangan matahari terbit yang seolah terbit dari sisi timur Gunung Manglayang.
  • Wisata Batu Kuda Manglayang; Terletak di kaki Gunung Manglayang di Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat. 
  • Gunung Putri; merupakan tempat berkemah dengan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian, berlokasi Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat camping di Sukabumi dan Cibodas Cianjur.

Di sukabumi yang kawasannya berada di punggungan selatan gunung Gede Pangrango, banyak terdapat tempat camping yang menyebar dikaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, salah satunya yang berada dalam kawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung di Kadudampit. Situ Gunung memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya, namun dipersatukan oleh suasana hutan pegunungan.

Selain situ Gunung, terdapat tempat camping lainnya yaitu Pondok Halimun, Batu Tapak Camping Ground, Tanakita Camp yang merupakan tempat kemah bintang lima, Bravo Camping Ground, dan banyak lainnya. Sementara itu tempat camping di Cibodas Cianjur adalah Mandalawangi camping ground, Bukit Golf Camping Ground Cibodas, Bumi perkemahan Mandala Kitri

Tempat camping di Bogor Jawa Barat

Highland camp curug panjang adalah tempat berkemah terluas di kawasan pariwisata Puncak Bogor untuk gathering, outing berbasis adventure dan wisata minat khusus dengan tenda sebagai tempat menginapnya. Highland camp curug panjang terbentuk dari keindahan lanskap buatan diantara pesona lanskap alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan bawah dan element air. Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air. Baca selanjutnya pada Review Highland camp curug panjang

Ada beberapa tempat camping di Bogor dan kawasan pariwisata puncak yang sepadan dengan Highland camp, sebagaian besarnya berada dalam kawasan Taman Nasional dan kawasan Perum Perhutani yaitu : Bumi Perkemahan Ciputri, Bumi Perkemahan Sukamantri, Gunung Bunder Camping Ground, Kampung Rimba Camp Suaka Elang Loji Camping Ground, Melrimba Garden Camp, Kampung Awan Adventure & Education camp, Gayatri Mountain Adventure Camp, Eagle Hill Outbound Camp Megamendung, Puncak Langit Camping Ground, dan masih banyak lainnya.

Aktivitas dan program camping

Aktifitas berkemah itu akan mengikuti kondisi dan potensi lingkungan bumi perkemahan, namun secara dasar berkemah memiliki aktivitas yaitu, mendirikan tenda dengan segala kelengkapannya, memasak, dan bersantai,dibawah ini beberapa aktivitas berkemah yang menjadi alur educational camp dan family camp.

  • Educamp ; atau Educational camping adalah program outing class dalam genre outdoor education yang ditujukan bagi anak-anak dan remaja dengan mengikuti program berkemah dengan berbagai macam aktifitasnya seperti orientasi, educational games, journey, memasak di api besar, jelajah satwa malam, api unggun, hiking, jelajah air terjun dan Menanam pohon. baca selengkapnya di Educational Camp.
  • Camping keluarga; adalah kegiatan rekreasi keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda, bertujuan guna mendapatkan pengalaman petualangan di alam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga. terdapat aktifitas dalam camping keluarga seperti telusur sungai, hiking, mengamati biodiversity hutan, Api unggun dan berbeque, memasak nasi liwet dan edukasi lingkungan, Baca selengkapnya di camping keluarga.

Tenda dan perlengkapan camping

Salah satu perlengkapan berkemah yang menjadi identitas camping adalah tenda, “tidak dikatakan camping, jika bukan menggunakan tenda”. Sebagian banyak tenda yang keluarkan oleh produsen tenda pada masayarakat, memiliki  fungsi yang  sama, “yaitu sebagai tempat untuk menginap sementara bagi yang melakukan perjalanan wisata di alam dengan genre camping”. Namun ada beberapa jenis tenda yang didesain untuk dapat memberikan kenyamanan lebih pada lingkungan dan kondisi tertentu.

  • Tenda Kubah (Dome) ; dengan ciri khas bentuk melengkung pada tiang-tiang penyangganya, tenda kubah atau tenda dome merupakan jenis tenda yang paling populer berkemah pada lokasi yang tidak memiliki cuaca ekstrim. Tenda jenis dome tidak dapat bertahan lama pada cuaca angin kencang dan bersalju.
  • Tenda Kubah Pop-up ; tenda kubah pop-up merupakan salah satu tenda yang sangat praktis digunakan, saking praktisnya, banyak andventurer dari kelompok millenial menggunakan tenda jenis ini sebagai tempat beristirahat saat dalam perjalanan. Tenda yang hanya dapat menampung 1-2 orang akan terbangun dalam beberapa detik setelah dibuka. 
  • Tenda Tunel ; Seperti namanya, tenda ini membentuk terowongan memanjang dan memberikan ruang yang lebih luas. Dengan  bentuknya yang besar, membangun tenda jenis ini akan memakan waktu lebih lama dan memerlukan hingga 2-3 orang. tenda tunel tidak terlalu tahan dengan angin kencang.
  • Tenda Quick Pitch ; Tenda Quick Pitch banyak diminati oleh para pendaki ataupuan solo traveling karena kemudahannya saat mendirikan dan ringan kerika dibawa. Jenis tenda ini memiliki ruang yang terbatas membuat tenda quick picth tidak bisa digunakan untuk banyak orang.
  • Tenda Ridge ; tenda dengan desain  klasik ini merupakan salah satu jenis tenda yang paling populer pada kalangan kepanduan untuk perkemahan sabtu minggu, namun tidak populer dan tidak disenangi oleh para pendaki gunung / adventurer karena desainnya yang kokoh dan berat.
  • Tenda Keluarga ; tenda keluarga mempunyai ruang multi kamar tidur dengan pintu masuk yang terpisah sehingga terkesan lebih privasi, tenda jenis ini dapat menampung banyak orang dalam satu tenda. tenda keluarga memiliki beban bobot yang berat  dan pemasangan yang relatif lebih sulit.
  • Tenda Inflatable (Udara) ; tenda jenis udara ini merupkan salah bentuk modernisasi alat-alat perkemahan dengan memanfaatkan udara yang ditiupkan pada panel yang berongga, sehingga panel tersebut memiliki struktur dan kaku pada saat mendirikannya. Tenda jenis ini memilki tenda ini memiliki bobot yang berat dan tidak banyak ukuran yang besar.
  • Tenda Geodesi dan Semi-Geodesi ; tenda geodesi dan semi-geodesi merupakan tenda model kubah, memiliki tiang yang saling silang sehingga menciptakan area dalam yang lebih luas dan struktur yang lebih kuat. Tenda tahan terhadap angin dan hujan kencang ini merupakan tenda canggih yang memiliki bobot lebih berat dengan stukture yang kuat 
  • Tenda Lonceng ; Tenda berbahan kanvas ini memiliki ciri khas tiang yang melintang ditengahnya dengan panel berbahan kanvas yang disampirkan disekelilingnya yang berfungsi sebagai pengatur suhu yang efektif pada musim panas.

Merk dan model tenda yang beredar di Indonesia 2021

Beberapa merek tenda yang di produksi dalam negeri maupun didatangkan dari negara-negara pengimpor tenda banyak beredar di Indonesia, saat ini yang terpopuler di Indonesia adalah produk quecha yang dipasarkan oleh perusahaan Perancis, Decathlon. Inilah merek dan model tenda yang beredar di Indonesia yang banyak di gemari para campers :

  • Eiger Riding Explorer ; Tenda yang diperuntukkan khusus bagi para pecinta sepeda motor yang sering melakukan aktivitas touring dikemas menggunakan tas yang dapat memuat tenda beserta komponen penting lainnya . Eiger Riding Explorer memiliki ukuran tidak terlalu besar dan akan lebih nyaman jika ditempati sendiri. Warna  tenda ini ialah oranye cerah dan sangat berguna pada malam hari karena akan terlihat lebih terang.
  • Rei R14Q 018 ; Tenda Rei R14Q 018 merupakan tenda yang didesain bagi para camper pemula, tenda bisa langsung berdiri dan tidak membutuhkan banyak peralatan dalam membangunnya, Tenda jenis ini memiliki  kapasitas untuk 2 orang.
  • Chanodug FX 8950 ; Bahan pembuat tenda yang digunakan Chanodug FX 8950 adalah waterproof, tenda berukuran 5 meter  memiliki 3 ruangan yang cukup luas,berdaya tampung hingga 10 orang  
  • Coleman Sundome 6P ; dengan desain styles khas anak muda dan jendela dikedua sisinya, Coleman Sundome 6P memiliki daya tampung hingga 6 orang
  • Quechua Arpenaz Family 5.2 ; memiliki dua kamar tidur yang terpisah, dengan satu ruang tamu berukuran 5 meter persegi berada depannya, Quechua Arpenaz Family 5.2 berbahan waterproof dan dilengkapi dengan lapisan flysheet dibagian atas tenda.
  • Bestway Monodome Pavillo X2 ; tenda dengan kapasitas tampung dua orang ini memiliki ventilasi udara yang cukup baik, dan terdapat jaring pada bagian dalam pintu tenda yang berguna untuk menjaga dari serangga dan sebangsa-nya masuk kedalam tenda.
  • Consina Magnum 5 ; adalah jenis tenda gunung yang memiliki kapasitas tampung hingga orang. Tenda  yang memiliki teras depan ini menampilkan area tenda terlihat lebih luas untuk bersantai bersama
  • Kloken Pop Up Tent ; Dengan bentuk tenda yang unik, Kloken Pop Up Tent yang  dilengkapi dengan 2 jendela dan pintu serta ventilasi udara yang baik, menghadirkan ruangan tenda terasa lebih luas dan nyaman.
  • Great Outdoor Java 4 Pro ; Tenda ini memiliki kapasitas hingga 4 , memiliki tampilan yang sederhana namun berkelas.

Simpulan tempat camping dan glamping

Camping telah menjadi trending dalam dunia pariwisata Indonesia, ini tidak lain karena adanya kejenuhan minat pasar terhadap wisata massal lalu beralih kepada wisata minat khusus, dan salah satu produk wisata minat khusus adalah camping atau berkemah. selain itu, camping-pun merupakan alternatif liburan pro edukasi dan ramah lingkungan dengan beragam bentuk genre-nya.

Dengan beragam seluk beluk perdagangan barang dan jasa atas produk-produk camping, camping mulai digandrungi oleh lintas starata ekonomi, pendidikan, sosial, sampai pada lintas kelembagaan/organisasi. Dan, inilah peluang yang ditangkap oleh para pebisnis pariwisata untuk melirik camping sebagai produknya, dan hal ini pula yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh pembangunan tempat berkemah yang cukup massive di kawasan hutan, pegunungan dan lingkungan yang memiliki udara yang segar. 


This entry was tagged in berkemah and camping, berkemah, tenda, tempat camping, tenda gunung, campsite, glamping, glamping legok kondang, glamping legok kondang lodge, tempat camping di bogor, ucamp, legok kondang, eco camping, camping panorama, tenda extender, highland adventure indonesia, mandalawangi cibodas, camping glamping, papandayan camping ground, legok kondang lodge, camping ground cibodas, deloano glamping, camping cibodas, peralatan camping, kegiatan camping, produk tenda, tempat glamping di jawa barat, tempat camping di jabar.

References

References
1 ke-pencinta alaman ; pecinta alam atau pencinta alam adalah istilah yang dipergunakan untuk kelompok-kelompok yang bergerak di alam bebas, pada bidang petualangan, lingkungan hidup dan konservasi alam, pendidikan maupun kemanusiaan; sumber Wikipedia
2 pariwisata massal sebagai pariwisata modern atau konvensional, di mana jenis pariwisata ini memiliki ciri-ciri yakni kegiatan wisata berjumlah besar (Mass Tourism), sebagian dikemas dalam satuan paket wisata, pembangunan sarana dan fasilitas kepariwisataan berskala besar dan mewah memerlukan tempat-tempat yang dianggap strategis serta memerlukan tanah yang cukup luas; Kodhyat (1997:75)
3 living in a tent, etc. ; [intransitive] to put up a tent and live in it for a short time; [intransitive] go camping to stay in a tent, especially while you are on holiday; [uncountable] a place where people live temporarily in tents or temporary buildings; Oxford Dictionary