Camping keluarga berbasis petualangan atau Glamping yah?

Camping bersama keluarga atau yang lebih populer dengan family camp atau camping keluarga merupakan solusi liburan pro-edukasi guna membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga dan komunikasi efektif, selain menjadi ajang rekreatif dan menyehatkan[1]Rekreatif adalah sesuatu yang membuat hati gembira.

Nama kecilku Kiade, seorang praktisi wisata minat khusus berbasis petualangan dan pegiat wisata ramah, memiliki dua orang anak yang berusia 9 tahun dan 6 tahun di 2021. Pengamatanku terhadap kedua anak-anak kami yang belakangan ini terjebak dengan gadget telepon pintar, itu dikarenakan lingkungan yang mempengaruhi, termasuk kami didalamnya.

Dan, pernah disuatu ketika kami pergi berkemah selama 2 hari 1 malam di sebuah hutan yang cukup nyaman untuk liburan keluarga. Alhasil, mereka pun lupa dengan gadgetnya. Hal itu dikarenakan adanya keseruan pada muatan kegiatan  camping keluarga. Dan faktor tersebutlah yang menyebabkan tubuh, hati dan pikiran mereka bereaksi atas lingkungan dengan segala bentuk aktivitasnya. Sehingga, pada akhirnya selama berkemah 2D1N merekapun melupakan gadget telepon pintarnya.

Dan, aku  mempercayai bahwa sebagian besar dari kita terjebak atas persoalan tersebut. Dengan bermaksud untuk mempengaruhi keluarga Indonesia agar anak-anak kita tidak menjadi generasi yang menunduk, aku menulis artikel tentang camping keluarga ini sebagai solusi alternatif dalam mengisi ruang dan waktu anak-anak kita dari keterjebakan gadget dan telepon pintar. Dan, berharap disuatu ketika aku dan anda memiliki moment bersama untuk camping keluarga dalam ruang-ruang kebersamaan dan berbagi pengetahuan serta pengalaman tentang bagaimana membangun generasi Indonesia yang berkualitas dengan mengantisipasi pengaruh buruk teknologi terhadap anak-anak kita.   

Sebagian besar tulisan bertajuk camping keluarga ini telah dipublikasikan pada beberapa situs dan majalah keluarga. Dan ini adalah tulisan edisi revisi dengan menambahkan referensi tempat camping keluarga, lokasi glamping dan skenario dalam merencanakan camping keluarga.

Camping keluarga adalah kegiatan rekreasi keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda, bertujuan guna mendapatkan pengalaman petualangan di alam bebas, dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga  

-Ade Zaenal Mutaqin

Whatsapp

Aktivitas kemping keluarga

Camping keluarga – Kegiatan camping keluarga berbasis petualangan ini mengambil model venue dan produk yang di sajikan oleh Highland Camp di Bogor yang masih dalam group perusahaan Highland Indonesia. Namun, aktivitas pada setiap tempat/lokasi/venue berkemah tentunya akan berbeda antara satu venue berkemah dengan lainnya, hal terkait karena kondisi alam dan lingkungan serta menajemen (keahlian pengelola) dalam menyajikan aktivitas camping keluarga.  

Aktivitas yang disajikan oleh Highland camp dalam mengakomodasi camping keluarga berbasis petualangan ini mengambil model durasi kegiatan 2 hari 1 malam, meliputi kegiatan menyusuri sungai atau susur sungai, hiking / trekking hutan, pengamatan satwa liar, api unggun dan berbeque, wisata air terjun, memasak nasi liwet, dan menanam pohon. Selain di Highland camp Bogor, venue yang memiliki kemiripan dan dapat dilakukan kegiatan camping keluarga berbasis petualangan adalah :

Menyusuri sungai

camping keluarga dan susur sungai
Menyusuri sungai

Camping keluarga – Di Highland camp terdapat tiga anak sungai yang berbeda karakter dan arus air dalam kawasan bumi perkemahan. Air sungai yang mengalir, berasal dari mata air yang terdapat di bumi perkemahan highland camp dan dari luar kawasan yaitu dari punggungan barat gunung Paseban.

Aktivitas telusur sungai dapat dilakukan pada hari pertama sekitar jam 15.00 – 16.30 ketika cuaca tidak hujan. Tidak sebatas hanya menikmati arus aliran sungai yang jernih dan menyegarkan. Pada kegiatan telusur sungai, sebuah keluarga dapat belajar tentang keragaman keaneka ragaman hayati (biodiversity) yang hidup yang disekitar aliran sungai.

Hiking / trekking hutan

Hiking bersama keluarga

Camping keluarga – Hiking merupakan satu runtutan yang tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas telusur sungai, karena setelah telusur sungai, sebuah keluarga akan melewati hutan untuk dapat kembali ke campsite dimana tenda didirikan. Kegiatan telusur sungai dan treking ini dapat ditempuh dengan durasi waktu sekitar 90 menit petualangan.

Pengamatan satwa liar

camping keluarga dan taman kunang-kunang
Ceritanya sedang pengamatan satwa liar

Camping keluarga – Pengamatan terhadap fenomena keindahan cahaya berkedip dari hewan nocturnal bertubuh lunak dan memanjang, bernama latin Lampyridae ini paling baik dilakukan antara pukul 19.30–22.00, ketika suhu berkisar antara 17–20 ⁰C, dalam keadaan cuaca tidak hujan. “Serangga ini akan menunggu dalam gelapnya malam untuk mempertunjukan cahaya dramatisnya ketika mereka saling mencari pasangan atau sebagai penanda atas adanya bahaya yang mengintai”.

Selain untuk memberi tanda kawin, cahaya kunang-kunang berperan pula sebagai tanda peringatan antar-sesama jenisnya dari ancaman dan bahaya. Jika beruntung, tidak sebatas pada area Taman Kunang-Kunang saja keindahan cahayanya akan terlihat, namun di di spot berkemah anda dan disekitar aliran-aliran sungai yang mengitarinya.

Selain melakukan pengamatan terhadap kunang-kunang yang dilakukan pada hari pertama dimalam hari, aktivitas pengamatan satwa liar pun dapat dilakukan pada pagi dan sore hari dengan melakukan pengamatan burung-burung liar, dan pada siang harinya dengan mengamati kera ekor panjang. Pengamatan satwa liar merupakan alur kegiatan dengan durasi waktu 60 s.d 90 menit, dan adakalanya binatang akan hadir di depan anda seperti tupai pohon, tupai tanah, dunia burung-burung liar dan lainnya kendatipun bukan pada saat ketika kegiatan pengamatan satwa liar.

Api unggun dan berbeque

Api unggun

Camping keluarga – Salah satu penciri dalam kegiatan berkemah adalah api unggun. Potongan kayu bakar atau kumpulan dahan, ranting, jerami serta daun-daun kering yang disusun secara apik di perapian atau ditempat yang sudah dikhususkan untuk kegiatan api unggun itu di bakar untuk menghangatkan suasana malam.

Ada banyak kegiatan ketika hangatnya api unggun memeriahkan suasana malam, seperti berbeque, bernyanyi bersama atau sebatas duduk depan perapian sambil menikmati secangkir kopi hangat dan makanan ringan. Kegiatan api unggun dan berbeque ini dimulai pada jam 20.00 s.d selesai.

Wisata air terjun

camping keluarga dan air terjun
Wisata air terjun

Camping keluarga – Curug Panjang dapat di capai dengan berjalan kaki sekitar +10 menit dari highland camp, melewati jalanan berbatu dengan dominasi tutupan pinus merkusi. Curug Panjang merupakan air terjun yang membentuk lerengan (slope) sepanjang +/- 20 meter. Bentuknya yang memanjang, memiliki ketinggian terjunan air sekitar 4 meter. Anda dan keluarga dapat berenang dalam kubangan air dengan diameter 10 meter ini, atau hanya sebatas duduk duduk ditepian curug atau diantara batu-batu hitam yang besar. Wisata air terjun ke curug panjang dilakukan pada hari kedua pada jam 09.00.

Memasak nasi liwet

camping keluarga dan liwet
Memasak nasi liwet

Camping keluarga – Ini yang jarang pernah dilakukan oleh masyarakat yang hidup di kota besar yaitu ngaliwet[2]Ngaliwet adalah prosesi dalam budaya masyarakat sunda yang merujuk pada acara memasak bersama dengan menggunakan kastrol dan api besar sebagai media utama dilakukan disuatu tempat ataupun pada sebuah … Continue reading atau memasak nasi dengan api besar dan menggunakan kastrol dalam nuansa kebersamaan keluarga dan suasana tolong menolong untuk menyiapkan makan siang. Ngaliwet akan menjadi pengalaman yang berkesan ketika camping keluarga. Memasak dengan api besar memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi bagi masyarakat perkotaan, termasuk memasak dengan menggunakan kompor portable yang merupakan salah satu kekhasan ketika berkemah.

Sangat sederhana cara ngaliwet, pembuatannya diawali dengan memasukan beras yang sudah di cuci bersih kedalam kastrol, lalu ditambahkan dengan sereh, daun salam, cabe rawit, bawang merah dan garam, selanjutnya dimasak dalam tungku api sehingga matang dan siap untuk disajikan dengan lauk pauknya. Ngaliwet dalam aktivitas camping keluarga dilakukan pada hari kedua sekitar jam 11.00 dan disajikan untuk makan siang

Menanam Pohon

camping keluarga dan menanam
Menanam pohon

Camping keluarga – Secara tidak langsung maupun langsung, sepanjang aktivitas camping keluarga bertajuk petualangan, semua anggota keluarga di hadapkan pada pembelajaran lingkungan. Hal ini karena alam merupakan tempat belajar dan materi pembelajaran yang baik. Namun akan berbeda sekali, ketika anggota keluarga dihadapkan secara langsung dengan menanam pohon di pinggiran hutan atau di area sekitar Camp. Heem!, semua orang dapat menafsirkan kebermamfaatannya bagi keluarga dan alam sekitar.

Sayonara

camping keluarga dan hiking
Sayonara

Camping keluarga – Usai sudah gambaran alur aktivitas camping keluarga di Highland Camp Bogor. Pada hari kedua menjelang sore, Aktivitas akan diakhiri dengan santai, packing perlengkapan, lalu dibawa menuju kendaraan dan sayonara.

Peralatan family camp

peralatan camping keluarga
Peralatan camping

Camping keluarga – Tidak semua keluarga memiliki peralatan berkemah, sementara itu persiapan yang matang dalam merencanakan camping keluarga itu mutlak diperlukan, hal ini karena lingkungan perkemahan yang berbanding terbalik dengan hotel, resort atupaun lingkungan rumah serta aktivitas masyarakat di perkotaan.

Dalam hal ini terdapat dua skenario rencana pensiasatan agar camping keluarga memberikan dampak kesenangan dan pendidikan, yaitu : 1. semua peralatan akomodasi camping dipersiapkan oleh penyedia tempat perkemahan. Dalam hal ini, setiap personal keluarga hanya akan membawa perlengkapan yang bersifat pribadi untuk digunakan pada saat berkemah, dan skenario ke 2. semua perlengkapan / peralatan berkemah itu dipersiapkan oleh anggota keluarga.

Skenario pertama dalam kemah keluarga

Dibawa pribadi pada saat kemah keluarga

Camping keluarga – Berbeda dengan camping mandiri ke daerah pegunungan atau Taman Nasional, dimana setiap individu harus menyiapkan semua perlengkapannya sendiri-sendiri guna memenuhi kebutuhan pribadi. Pada camping keluarga, kebutuhan pakaian, alat mandi dan makanan dipersiapkan dan dibawa secara bersama-sama oleh semua anggota keluarga, karena konsep dalam camping keluarga adalah kebersamaan keluarga, berikut adalah perlengkapan yang disarankan untuk dibawa ketika berkemah.

  • Pakaian dan alas kaki; training pack, jaket berbahan nilon berlapis kain dan berponco, sepatu tracking atau sandal gunung, sarung tangan wol, penutup kepala, kaos kaki, baju dan celana cadangan serta raincaot.
  • Alat mandi; sabun, sikat gigi, pasta gigi, handuk dan sandal jepit.
  • Obat-obatan dan kesehatan; membawa obat-obatan pribadi yang disarankan dokter, inhaler bagi yang memiliki asma dan obat-obatan luar seperti balsam serta obat-obatan guna mengobati dan mencegah dari gigitan serangga dan kutu, dls
  • Makanan dan minuman; salah satu ruang kebersamaan dalam camping keluarga adalah menyiapkan makanan untuk disantap bersama, sehingga membawa bahan makanan yang mudah untuk diolah merupakan hal yang baik, dan disarankan juga untuk membawa cemilan khas perkemahan seperti marshmallow, cokelat, dan graham cracker, dan membawa daging atau ikan segar untuk berbeque.
  • Equipment tools ; Perlengkapan penerang seperti senter, headlamp beserta baterai cadangan dan bagi yang beragama islam membawa perlengkapan sholat.

Dipersiapkan oleh penyedia produk family camp

Camping keluarga – Peralatan yang sifatnya dapat digunakan secara bersama-sama, itu yang akan dipersiapkan oleh penyedia camping keluarga, peralatan tersebut meliputi tenda dan perlengkapan berkemah, alat pendukung dalam aktivitas camping keluarga dan pendampingan selama camping keluarga oleh petugas yang memiliki kewenangan dan keahlian dalam pendampingan camping keluarga.

  • Tenda dan kelengkapannya; adalah unit tenda dome pangrango yang didalamnya sudah disiapakan kasur, selimut dan bantal, lengkap dengan penerangan sebagai sarana untuk menginap keluarga, lainnya adalah flysheet dan matras.
  • Alat pendukung aktivitas camping; terdiri dari perlengkapan memasak liwet, Alat masak portabel berikut alat makan dan alat-alat pendukung kegiatan camping selama 2 hari 1 malam.
  • Pendamping; adalah petugas camping ground yang akan mendampingi keluarga selama berkemah. Pendamping akan melakukan pendampingan guna membantu kesiapan akomodasi dan dapat menjadi pemandu ketika melakukan aktivitas petualangan seperti termaktub pada point aktivitas diatas.

Skenario kedua dalam camping keluarga

Camping keluarga – Skenario kedua dalam camping keluarga adalah dengan membawa semua perlengkapan camping dan menjadikan bumi perkemahan hanyalah venue yang sebatas menyediakan spot-sopt berkemah. Skenario ini memiliki tantangannya sendiri yaitu dengan mempersiapkan semua peralatan camping oleh keluarga, berikut dibawah ini adalah peralatan yang wajib dibawa ketika kemping keluarga, selain perlengkapan pribadi setiap personal dalam keluarga.

  • Tenda ; jenis tenda untuk camping keluarga biasanya yang dapat memuat lebih banyak. Dan, belakangan ini yang paling di gemari oleh pekemping keluarga adalah produk quechua arpenaz
  • Matras dan kasur angin
  • Sleeping bag atau kantung tidur
  • Hammock (Tempat tidur gantung)
  • Flysheet
  • Senter atau headlamp
  • Lampu tenda
  • Kompor portable dan gas 
  • Perlengkapan masak, alat makan dan bahan makanan
  • Meja portable
  • Pisau saku atau lipat
  • Jas hujan atau rain coat ; Penting untuk dibawa pada saat camping keluarga dimusim penghujan, sekitar bulan september – maret
  • Trash bag
  • Botol minum
  • Obat-obatan pribadi & P3K
  • Korek api .

Glamping atau glamour camping

Camping keluarga – Pilihan lainnya sebagai liburan keluarga berbasis alam adalah Glamping yang merupakan tempat menginap keluarga dengan tenda mewah sebagai fasilitasnya. Glamping atau glamorous camping dalam banyak pikiran sebagian orang, merupakan venue berkemah dalam balutan kemewahan tenda yang interior dan fasilitas pendukung lainnya didesain guna memberikan kenyamanan dan prestise bagi para wisatawan. Desain yang sengaja dibuat apik, indah dan semewah mungkin oleh penyedia fasilitas glamping, mulai dari tempat untuk tidur, kamar mandi, hingga tersedianya TV cable dan pendingin ruangan telah menjadi presepsi publik atas brand glamping.

Tren Glamping muncul di Indonesia seiring dengan meningkatnya permintaan wisatawan akan kenyamanan dan kemewahan pada sektor pariwisata berbasis alam, terutama dalam genre wisata camping. Kelengkapan fasilitas layaknya kemewahan dan kemegahan hotel berbintang yang yang dipindah kedalam tenda-tenda, menjadikan glampcamp sebagai sebuah pilihan wisata keluarga dalam genre berkemah. Read more : Glamping; pembiasan atas pakeman glamorous camping.

Beberapa tempat wisata keluarga di Bandung, Bogor, Bali, Lombok dan NTB yang menyediakan fasilitas glamping dengan suasana alam pegunungan dan pantai adalah :

  • Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey Bandung
  • Glamping Legok Kondang Lodge
  • Trizara Resorts Lembang Glamping Bandung
  • Highland Park Resort Hotel Bogor
  • Menjangan Dynasty Resort, Beach Glamping and Dive Centre di Bali
  • Sandat Glamping Tents Ubud Bali
  • Bali Dynasty Resort
  • Sang Giri Mountain Tent Resort Tabanan Bali
  • La Cocoteraie Ecolodge, Gili Trawangan
  • Gili La Boheme. Gili Trawangan
  • Sajang Glamping Sembalun di NTB. 

Simpulan liburan keluarga bergenre family camp berbasis petualangan dan Glamping

camping keluarga dan petualangan
Camping keluarga dan petualangan

Nama kecilku Kiade, dengan tidak bermaksud untuk memperbandingkan mana yang lebih baik diantara liburan bertajuk camping keluarga dengan aktivitas wisata minat khusus dan petualangan atau bergenre glamping, namun yang terpenting dalam mengisi liburan keluarga, aktivitasnya harus dapat memberikan pembelajaran (learning) dan pengalaman (experient) yang baik bagi anak-anak kita dan menjadi solusi atas kebiasaan dari keterjebakan yang negatif dari pengaruh gadget pintar terhadap kita dan anak-anak. 


This entry was tagged in camping keluarga  and camping, glamping, kemping, camping keluarga di bogor, harga paket camping keluarga di bogor, camping ground keluarga, komunitas camping keluarga, paket camping keluarga, paket camping keluarga di bogor, peralatan camping keluarga, tenda camping keluarga.

References

References
1 Rekreatif adalah sesuatu yang membuat hati gembira
2 Ngaliwet adalah prosesi dalam budaya masyarakat sunda yang merujuk pada acara memasak bersama dengan menggunakan kastrol dan api besar sebagai media utama dilakukan disuatu tempat ataupun pada sebuah acara tertentu yang dianggap istimewa dalam hubungan kekerabatan, pertemanan dan hubungan perikatan antar sesama warga dalam komunitas sunda. Saat ini, memasak nasi liwet menjadi interkasi dalam aktivitas pariwisata, selain nasi liwet memang sudah menjadi produk industri wisata kuliner yang banyak digemari sebagai sajian dalam pemenuhan makan ketika berwisata.