Rafting Sungai Elo Magelang, Rasakan Sensasinya!

arung jeram rafting sungai elo magelang

Sungai Elo adalah salah satu sungai terbaik untuk melakukan aktivitas rafting di Magelang, Jawa Tengah. Sungai yang memiliki arus deras dengan jeram-jeram yang menantang ini menyuguhkan keindahan alam dan petualangan saat diarungi.


Go Adventure

+62 811-1200-996

Whatsapp


Kabupaten Magelang memiliki banyak objek wisata alam maupun budaya, seperti candi Borobudur, candi Mendut, dan wisata Alam Kyai Langgeng, dan lainnya. Selain objek wisata tersebut, Magelang memiliki beberapa sungai yang manfaatkan sebagai objek wisata arung jeram, yaitu sungai Elo yang terdapat di Sub DAS Elo, berbatasan dengan Sub DAS Progo.

Arung jeram atau rafting di sungai Elo menjadi salah satu wisata air yang populer,  menyenangkan dan dapat menguji adrenalin. Saat berkunjung ke Magelang, wisatawan tidak hanya dapat menikmati wisata alam dan wisata budaya, tetapi juga dapat mencoba wisata petualangan arung jeram.

Arung jeram yang lebih dikenal sebagai rafting, adalah kegiatan luar ruangan yang mengkombinasikan antara olahraga, rekreasi, dan petualangan melalui pengarungan sungai. Kegiatan ini dilakukan menggunakan perahu dan dilakukan secara berkelompok.

Mengenal sungai Elo untuk Arung Jeram

Sungai Elo merupakan anak sungai Progo dengan klasifikasi jeram kelas II((Grade II (Medium) memiliki jeram yang yang sedikit lebih besar dari grade I dan memiliki bebatuan namun tidak terlalu berbeda jauh. Meskipun tingkat kesulitan jeram meningkat namun sungai memiliki tepi sungai yang lebar dan landai. Lintasan jeram jelas terlihat sehingga tidak dibutuhkan pemantauan sebelumnya. Dalam grade ini beberapa manuver diperlukan dan sedikit ketrampilan mendayung dasar. Self rescue masih memungkinkan. Cocok untuk arung jeram keluarga dan semua peserta dapat mengikuti kegiatan di jeram ini.)) dan III((Grade III, tingkat jeram pada grade ini semakin meningkat dan sulit. Grade ini memiliki spesifikasi jeram yang tidak beraturan, lebar sungai menyempit dan jeram sesekali dapat membalikkan perahu namun resiko masih relatif kecil. Diperlukan pemantauan serta arahan untuk melewati jeram ini. Pusaran arus yang kuat dan deras sering ditemukan, terutama pada sungai-sungai besar namun dapat dilewati dengan mudah. Beberapa manuver diperlukan untuk melewati jeram yang sempit. Saat peserta terjatuh dari perahu self rescue masih dapat dilakukan namun untuk memperkecil kemungkinan resiko yang lebih besar rescuer darat diperlukan pada grade ini.)), berasal hulu Gunung Merbabu dan Gunung Andong yang berhilir di Sungai Progo, sungai ini juga memiliki debit air yang stabil di semua musim. Sungai Elo yang terbentang memanjang dari Merbabu, Magelang hingga ke Yogyakarta ini menampakkan keindahan tebing dan keasrian alamnya.

Sungai Elo berada di Desa Pare, Blondo Mungkid, Magelang, Jawa Tengah yang berjarak sekitar 36 km dari pusat kota Yogyakarta ini memiliki lingkungan yang masih alami dengan aliran sungai yang stabil. Dengan kemiringan sungai antara 10 – 20 m/km, formasi jeram yang bervariasi dan aksesibilitas yang mudah di jangkau, sungai Elo telah menjadi magnet untuk aktivitas wisata arung jeram pemula, profesional maupun bagi wisata rafting keluarga.

Rafting atau Arung Jeram adalah suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram atau beriam, dengan menggunakan wahana tertentu seperti boat, kanoe, tube dan lainnya. Tujuan nya adalah olah raga, rekreasi dan ekspedisi.

Panjang lintasan pengarungan sungai Elo sekitar 12 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu  pengharungan sekitar 2,5 jam – 3 jam, dengan ingkat kesulitan pengarungan berada di grade II sampai III plus.

Debit air sungai Elo akan bertambah apabila terjadinya hujan di hulu sungai, dan debit air naik dapat berefek pada kecepaan waktu pengarungan. Dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi ketika hujan, para pemandu / skipper yang berpengalaman harus memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan selama melakukan dalam kegiatan arung jeram di Sungai Elo ini.

Pada pengarungan sungai Elo Grade II, rafters harus memiliki kemampuan dasar mendayung dan kemampuan bermanuver perahu lebih baik ketika mengarungi sungai pada grade I((Grade I (Easy) Merupakan tingkat kesulitan sungai paling rendah. Sungai memiliki sifat datar, sedikit menurun dan memiliki sedikit riak. Hanya diperlukan manuver dasar untuk melewati sungai. Tidak diperlukan pemantauan sebelum pelaksanaan. Pada sungai ini resiko sangat kecil dan self rescue dapat dilakukan. Sungai dengan grade ini dapat dilewati dengan mudah serta dapat diikuti oleh semua orang bahkan yang tidak memiliki ketrampilan berenang sekalipun.)). Sebaliknya, pada grade III pengarung harus dapat mendayung dengan lebih mahir karena akan melewati jeram-jeram yang menantang, seperti harus melewati terjunan air setinggi 4 meter.

Tips Arung Jeram di Sungai Elo Magelang

arung jeram rafting sungai elo magelang

Untuk kenyamanan dan keamanan ketika melakukan rafting sungai Elo di Magelang, inilah beberapa tips nya :.

  • Untuk mengurangi risiko cedera otot ketika melakukan pengarungan jeram, sebaiknya melakukan peregangan otot terlebih dahulu beberapa hari sebelum melakukan kegiatan arung jeram.
  • Untuk meminimalisir risiko kecelakaan dan menikmati arung jeram di Sungai Elo Magelang dengan selamat, patuhi instruksi dari guide, pemandu dan skipper sebelum dan selama pengarungan.
  • Sungai Elo memiliki aliran air yang stabil sepanjang tahun. Namun, jika ingin mencari tantangan yang lebih menyenangkan, buatlah jadwal pengarungan pada awal musim hujan atau akhir musim hujan, karena aliran air Sungai Elo akan menjadi lebih deras.
  • Beberapa operator arung jeram sungai Elo Magelang menawarkan dua sesi pengarungan, yaitu pada pagi dan siang. Sesi pagi biasanya dimulai pukul 08.00 WIB, sementara sesi siang dimulai pukul 12.00 WIB. Kamu dapat memilih waktu yang paling sesuai untuk melakukan kegiatan arung jeram di Sungai Elo Magelang.
  • Bawalah pakaian ganti yang nyaman dan peralatan mandi, karena setelah pengarungan anda harus mandi dan berganti pakaian.
  • Karena akan berpanas-panasan selama beberapa jam, jangan lupa untuk memakai sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Gunakan sunblock yang tahan air agar kulit tetap terlindung setelah aktivitas selesai.
  • Untuk mengamankan barang-barang saat melakukan aktivitas wisata rafting atau arung jeram di Sungai Elo Magelang, bawalah drybag atau setidaknya plastik.
  • Untuk memaksimalkan liburan ketika ke Sungai Elo Magelang, kamu bisa mengunjungi Bukit Punthuk Setumbu atau Candi Borobudur untuk menyaksikan sunrise sebelum melakukan kegiatan arung jeram.

Harga Paket Rafting Sungai Elo

Setiap operator rafting maupun jasa perjalanan wisata rafting sungai Elo memiliki harga yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan harga tersebut dipengaruhi oleh fasilitas, brand perusahaan dan SDM.

Dan, rata-rata untuk harga pengarungan reguler / basic (dengan makan) bisa didapatkan dengan harga Rp. 670.000,- setiap perahunya, dan jika tanpa makanan Rp. 600.000,- per boat nya. Harga tersebut sudah termasuk :

  • Tiket masuk tempat wisata Sungai Elo
  • Peralatan pengarungan (perahu karet, dayung, helm, pelampung)
  • River Guide / pemandu
  • Transportsasi lokal dari basecamp ke lokasi start pengarungan dan dari finish ke basecamp
  • Trip break refreshments:
    – teh hangat dan kelapa muda disajikan di base camp
    – teh hangat dan snack tradisional disajikan saat trip break
  • After trip meal (untuk paket basic / reguler)
  • Free Pass ke kolam renang CitraElo (mata air alami) setelah trip
  • P3K / medical support
  • Toilet setelah pengarungan
  • Free parking fee.
  • Asuransi

Serba-serbi Rafting di Sungai Elo Magelang

arung jeram rafting sungai elo magelang

Komunitas operator rafting sungai Elo

Komunitas Operator Arung Jeram di Kabupaten Magelang, yang terletak di Kecamatan Mungkid, dibentuk sebagai sarana bertukar informasi dan melakukan evaluasi bersama antara 20 operator Arung Jeram yang tergabung dalam komunitas tersebut. Manajemen dan pemasaran masing-masing operator dalam komunitas ini dilakukan sendiri-sendiri. Komunitas ini juga digunakan sebagai penentu kegiatan yang perlu dilakukan dalam upaya pengembangan Wisata Alam Arung Jeram Sungai Elo.

Transportasi lokal

Dari Desa Mendut, operator rafting lokal telah menyiapkan angkutan umum seperti angkot untuk membawa peserta rafting, peralatan pengarungan seperti rompi, helm, dan dayung serta perahu. Perahu biasanya dikaitkan di atas kendaraan untuk dibawa ke titik awal.

Dari titik luncur atau star point, pemandu akan memberikan penjelasan mengenai tata cara mendayung atau mengendalikan perahu raft, sampai tata cara menyelamatkan peserta lainnya juka tercebur ke sungai. Pada pengarungan, setiap perahu akan didampingi oleh pemandu yang merangkap sebagai instruktur arung jeram.

Di hitung per perahu

Bebeda dengan rafting di Cisadane Bogor atau di Ciarik Sukabumi yang di hitung per orang, Rafting di Sungai Elo harga di hitungnya per perahu atau dalam satuan perahu. Dalam 1 perahu berisi minimal 2 orang dan maksimal 5 orang dengan seorang pemandu pada setiap perahunya. Dan, minimal umur yang bisa mengikuti rafting di sungai Elo ini adalah 5 tahun.

Dua trip pengarungan setiap harinya

Jadwal pengarungan sungai Elo setiap harinya 2 trip, yaitu trip pagi dan trip siang, Trip pagi dimulai pada jam 08.30 dan selesai pada jam 12.00, sementara itu trip siang berawal dari jam 13.00 dan selesai jam 17.00.

Trip PagiTrip SiangAktivitas
08.0012.00Peserta berkumpul di basecamp rafting Sungai Elo. berlokasi dekat dengan Candi Mendut, Magelang.
08.00 – 08.1512.00 – 12.15Menuju start point pengarungan di Jembatan Blondo, Magelang.
08.15 – 08.3012.15 – 12.30Persiapan pengarungan, (pemanasan dan breafing)
08.30 – 10.0012.30 – 14.00Pengarungan sessi-1.
10.00 – 10.3014.00 – 14.30Istirahat di rest area sambil minum kelapa muda/air mineral dan makanan ringan tradisional yang kami sediakan.
10.30 – 11.3014.30 – 15.30Pengarungan sessi-2.
11.30 – 12.0015.30 – 16.00Pengarungan berkahir di daerah Candi Mendut, lalu kembali ke basecamp rafting Sungai Elo dengan menggunakan transfortasi lokal.
12.00 – 13.0016.00 – 17.00Istirahat, bersih diri dan makan

Simpulan dan FAQ Rafting Sungai Elo Magelang

arung jeram rafting sungai elo magelang

Sungai Elo adalah anak sungai Progo yang memiliki debit air stabil dan merupakan lokasi wisata arung jeram yang bervariasi dan mudah dijangkau. Terletak di Desa Pare, Blondo Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, 36 km dari Yogyakarta, Sungai Elo memiliki lingkungan alami dan menjadi tujuan kegiatan rafting bagi pemula, profesional dan keluarga.

Lintasan pengarungan Sungai Elo sekitar 12 km dan dapat ditempuh dalam waktu 2,5-3 jam dengan tingkat kesulitan berada pada grade II-III+. Debit air akan bertambah saat hujan dan hal ini akan mempengaruhi kecepatan pengarungan. Pemandu/skipper berpengalaman akan memastikan keamanan wisatawan pengarungan.

Pengarungan pada grade II membutuhkan kemampuan dasar mendayung dan bermanuver, sementara pada grade III harus lebih mahir mendayung dan mengatasi jeram-jeram yang menantang seperti terjunan air 4 meter.


Q : Apa itu Rafting Sungai Elo Magelang?

A : Rafting Sungai Elo Magelang adalah sebuah aktivitas petualangan yang menantang adrenalin di Sungai Elo yang terletak di Kabupaten Magelang.

Q : Berapa jarak pengarungan pada Sungai Elo?

A : Jarak pengarungan pada Sungai Elo berjarak kurang lebih sekitar 12 KM.

Q : Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pengarungan?

A : Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pengarungan adalah sekitar 2,5 hingga 3 jam, tergantung debit air.

Q : Berapa kapasitas maksimal perahu rafting?

A : Satu perahu rafting berkapasitas minimal 2 orang dan maksimal 4 orang.

Q : Apakah ada pemandu yang menemani selama pengarungan?

A : Ya, setiap perahu rafting akan ditemani oleh seorang pemandu yang berpengalaman.

Q : Apakah ada fasilitas yang disediakan selama pengarungan?

A : Ya, beberapa penyedia jasa rafting menawarkan fasilitas seperti transportasi lokal, area parkir yang luas, kamar mandi, asuransi jiwa, peralatan rafting dan pemandu yang andal.

Q : Apakah ada paket makanan yang disediakan?

A : Ya, beberapa penyedia jasa rafting menawarkan paket makan prasmanan untuk rombongan.

Q : Kemana bisa reservasi Rafting Sungai Elo Magelang

A : Untuk dapat reservasi Rafting Sungai Elo Magelang, anda dapat membuka situs perusahaan penyelenggara wisata Rafting Sungai Elo atau menghubungi Hotline di nomor +62 811-1200-996


Home » Blog » Rafting Sungai Elo Magelang, Rasakan Sensasinya!

This entry was tagged in sungai elo and rafting Cisadane, rafting sungai elo, sungai elo magelang, tempat rafting indonesia, arung jeram sungai elo, rafting sukabumi citarik, sungai elo rafting, rafting sungai ayung ubud bali, wisata rafting, tips wisata rafting, sungai elo, wisata rafting cisadane, magelang, paket rafting bogor, rafting di magelang, family rafting, rafting magelang, cara rafting, arung jeram di magelang, paket rafting cisadane, progo rafting magelang, paket rafting kalibaru.