Jelajahi Pesona Rafting Sukabumi di sungai Citarik!

Selain Cisadane Bogor dengan dua paket wisata rafting yang terpopuler nya yaitu ‘Adventure Rafting‘ dan ‘Family Rafting‘, Pesona sungai Citarik menjadi daya tarik wisata rafting di Sukabumi. 


Go Adventure

+62 811-1200-996

Whatsapp


Rafting atau arung jeram adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental, seperti melatih kapasitas jantung dan paru-paru, kekuatan otot, serta fleksibilitas sendi, meningkatkan kepercayaan diri, memberi pengalaman psikologis, membangun kerja tim dan lainnya.

Arung jeram juga sangat menyenangkan karena dapat memberikan keseruan dan sensasi tegang yang memikat. Bagi Anda yang merasa tertekan akibat rutinitas pekerjaan, arung jeram dapat menjadi solusi untuk melepaskan stres dan menyegarkan pikiran.

Di kabupaten Sukabumi terdapat dua sungai yang terkenal untuk dijadikan sebagai destinasi wisata minat khusus arung jeram yaitu Sungai Cicatih dan Sungai Citarik.

Rafting di Citarik Sukabumi merupakan surga bagi pecinta arung jeram, hal ini karena sungai Citarik telah memenuhi Standar Federasi Arung Jeram Internasional atau International Rafting Federation (IRF). Bagi pemula, aktifitas pengarungan sungai Citarik merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan dan menantang. Disungai ini terdapat beberapa rute pengarungan dengan jarak dan waktu tempuh yang berbeda-beda, termasuk rute pengarungan khusus untuk anak-anak. Rute terpanjang memiliki jarak sekitar 17 km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam,  dengan titik luncur di Desa Cigelong dan berakhir di Desa Citangkolo atau Desa Cikadu.

Peserta rafting akan mengarungi arus sungai dengan perahu karet yang memiliki kapasitas tampung 4 hingga 6 orang. Agar perahu tetap stabil dan mengikuti aliran sungai sampai titik akhir pengarungan, setiap pengarung yang telah dilengkapi oleh helm dan baju pelampung harus ikut membantu mengayuh menggunakan dayung yang ujungnya lebar seperti sekop.

Keindahan Sungai Citarik Sukabumi untuk rafing

Rafting Sukabumi sungai Citarik

Sungai Citarik menjadi destinasi wisata favorit bagi para pecinta arung jeram karena memiliki katakter yang sempurna untuk kegiatan pengarungan sungai. Tingkat kesulitan sungai Citarik rata-rata berada di grade 3-5. Dengan hal tersebut, sungai Citarik sangat ideal untuk digunakan sebagai destinasi wisata arung jeram yang dapat dinikmati oleh para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman pengarungan dengan nyaman dan aman.

Selain itu, sungai Citarik memiliki debit air yang cukup, airnya bersih, arus yang stabil, dan banyaknya jeram serta bebatuan dengan tingkat kesulitan beragam. Di samping itu pula, wisatawan dapat menikmati berbagai permainan lainnya yang disiapkan oleh operator rafting seperti flying fox, paint ball, dan lain-lain.

Sungai Citarik menjadi destinasi wisata petualangan yang sempurna bagi pecinta arung jeram. Berbagai fasilitas dan layanan yang tersedia membuat pengalaman arung jeram semakin seru dan aman. Selain itu, rute pengarungan sungai Citarik sudah memenuhi standar Federasi Arung Jeram Internasional atau International Rafting Federation (IRF) dan memiliki rescue team yang siap siaga sehingga wisatawan merasa nyaman dan aman.

Dengan fasilitas wisata dan keamanan yang terjamin, membuat Sungai Citarik menjadi pilihan tepat bagi para pecinta arung jeram yang ingin merasakan sensasi dan tantangan seru dalam olahraga air. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah sepanjang rute pengarungan sungai Citarik.

Sungai Citarik memiliki puluhan jeram yang terbagi dalam enam kelas, yaitu: class VI (extreme), class V (expert), class IV (advance), class III (intermediate), class II (novice), dan class I (easy), memiliki Panjang rute  arung jeram jeram sepanjang 17 km dengan lama pengarungan sekitar 4 jam. Point start atau titik luncur berada di Desa Cigelong dan berakhir di Desa Cikadu atau Desa Citangkolo. Sepanjang pengarungan Sungai Citarik, wisatawan akan di suguhkan dengan pemadangan yang hijau.

Mengenal Wisata Rafting

Rafting Sukabumi sungai Citarik

Arung jeram atau rafting adalah salah satu jenis olahraga rekreasi yang menantang dan membutuhkan keberanian. Aktifitas arung jeram memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan masyarakat. Kegiatan yang menghadirkan pengalaman bermain di arus sungai, melewati jeram dan bebatuan besar, serta berenang menyusuri sungai itu dapat menghilangkan rasa lelah dan stres setelah sibuk bekerja.

Olahraga Arus Deras atau lebih dikenal dengan arung jeram, merupakan kegiatan yang memadukan nilai-nilai olahraga, petualangan dan rekreasi. Aktivitasnya dengan mengarungi bagian alur sungai yang berjeram dengan menggunakan perahu raft. Kata arung jeram berasal dari istilah “white water rafting” yang berarti mengarungi sungai dengan perahu dan mengandalkan kemampuan sipembawa perahu.

Menurut International Rafting Federation (IRF), rafting adalah “aktivitas manusia dalam mengarungi sungai dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatan fisik untuk membawa perahu yang berbahan lunak sebagai kegiatan sosial, komersial, dan olahraga.”

Oleh karena itu, dalam wisata olahraga arung jeram harus memperhatikan aspek keselamatan wisatawan dengan memberikan pelatihan dan peralatan keselamatan yang memadai sehingga dapat meminimalisir resiko kecelakaan yang terjadi. Selain itu juga harus memastikan bahwa para pemandu memiliki keterampilan dan pengalaman yang memadai dalam melakukan pemanduan selama aktivitas rafting berlangsung.

Beberapa hal harus dipastikan untuk mengurangi risiko kecelakaan pada arung jeram seperti 1. memastikan peralatan yang digunakan sudah memenuhi standar keamanan, 2. memberikan pelatihan dan panduan yang jelas kepada pengunjung sebelum melakukan kegiatan, 3. memiliki pemandu yang berkompeten dan memastikan kondisi air sungai sudah memenuhi syarat untuk kegiatan arung jeram.

Arung jeram merupakan rekreasi air yang memiliki resiko tinggi, sehingga memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam aktivitasnya. Seorang pemandu arung jeram berkewajiban untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan memberikan pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan, memberikan informasi yang akurat dan memahami alat-alat yang digunakan. Semua peralatan harus memenuhi standar keamanan dan ada pemandu yang dapat melakukan penjagaan terhadap pengunjung demi keselamatan dan kenyamanan pada saat wisata rafting.

Operator Rafting Citarik Sukabumi

Di Sungai Citarik, terdapat tiga operator arung jeram utama, yaitu Caldera, Selaras-Kaki, dan Arus Liar. Semua pengelola menawarkan fasilitas yang serupa dan dilengkapi dengan peralatan yang aman dan nyaman. 

Caldera Rafting & Resort

Rafting Sukabumi sungai Citarik

Caldera Rafting Citarik Sukabumi adalah salah satu tempat rekreasi yang terdapat di Jawa Barat, berlokasi di Citarik, di jalan Alternatif Cikidang – Pelabuhan Ratu RT. 5 RW. 3, Kampung Lebak Wangi, Cijambe, Cikidang, Cikiray, Sukabumi, Jawa Barat, yang menjadi jalur lintas dari Kota Sukabumi menuju daerah lain di Jawa Barat. Setelah resmi dibuka pada tahun 2009, Caldera Rafting Citarik Sukabumi cepat menjadi salah satu tempat rekreasi Rafting terbesar kedua di Indonesia, setelah Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Berbagai program ditawarkan oleh Caldera seperti Caldera Adventure (petualangan), Caldera Rafting (arung jeram) , Caldera Flying Fox, Caldera Point Ball, dan juga tempat menginap yaitu Caldera Citarik River Resort.

Caldera Rafting menawarkan beragam paket Arung Jeram, diantaranya: Grand Crocodile (jarak 17 km, durasi 4 jam), Crocodile (jarak 11 km, durasi 3 jam), Alligator (jarak 9 km, durasi 2 jam), Salamander (jarak 5 km, durasi 1 jam), dan Baby Salamander (untuk anak usia 4-9 tahun).

Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah, seperti persawahan yang sejuk dan segar di Caldera Citarik River Resort. Salah satu wahana permainan favorit pengunjung adalah rafting. Pengunjung dapat menikmati beragam permainan yang berhubungan dengan air dan alam.

ArusLiar Rafting

Arus Liar adalah salah satu operator Rafting di Sungai Citarik Sukabumi yang mengembangkan konsep “One Stop Adventure“, dengan tujuan untuk memberikan layanan terbaik bagi wisatawan. Hingga saat ini, operator ini memiliki reputasi “nol kecelakaan”.

Arus Liar adalah istilah dalam bahasa Sunda yang berarti “cai tarik”. ((Red: tidak tepat, arus liar dalam bahasa sunda adalah arus liar bukan cai tarik)). Arus Liar adalah operator Arung Jeram Petualangan, yang beralamat di Cijambe, Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Tempat ini berjarak sekitar 115,5 km dari Jakarta dan membutuhkan waktu lebih 3 jam untuk sampai ke sana melalui Tol Jagorawi.

Arus Liar menawarkan berbagai pilihan aktivitas dan akomodasi, mulai dari cottage hingga camp dengan suasana alam yang asri dan udara yang segar, terpencil dari kebisingan kota.

Paket Rafing Sukabumi

Beberapa perusahaan tour menfasilitasi perjalanan wisata rafting di Citarik Sukabumi, Bukan sebatas rafting mandiri atau kegiatan rafting yang tidak terkait dengan aktivitas lain nya, namun event gathering perusahaan aupun outing kantor kerap menjadikan aktivitas rafting sebagai muatan kegiatan nya.

Selain operator seperti Arus Liar, Caldera Raftting dan lainnya, Dibawah ini adalah perusahaan-perusahan perjalanan wisata yang memiliki paket rafting sungai Citarik Sukabumi.

Rafting Sukabumi, By Indooutbound

Indo Outbound, merupakan brand dari PT. Sheila Pratama Indonusa, adalah penyedia aktivitas luar ruangan yang fokus pada perjalanan outbound dan wisata. Salah satu produknya adalah rafting di Sukabumi, Bogor, dan kegiatan-kegiatan outbound di Kepulauan Seribu. Berikut adalah beberapa paket yang terdapat pada situs Indooutbound.com.

NoJarak TempuhHargaDurasi
1Rafting 5 KmRp. 220.000,- / orang1 jam
2Rafting 9 KmRp. 280.000,- / orang2 jam
3Rafting 12 KmRp. 365.000,- / orang3jam
4Rafting 17 Km5 jam

Rafting Citarik plus Paintball

NoJarak TempuhHargaDurasi
1Rafting 5 KmRp. 340.000,- / orang1 jam +
2Rafting 9 KmRp. 390.000,- / orang2 jam +
3Rafting 12 KmRp. 480.000,- / orang3 jam +
4Rafting 17 Km5 jam +

Rafting Citarik Sukabumi, By Niagara Arung Jeram

Niagara Arung Jeram adalah salah satu perusahaan jasa wisata yang menawarkan paket rafting di Sungai Citarik Sukabumi. Perusahaan ini berkedudukan di JL TB Simatupang, Kelurahan Gedong, Pasar Rebo Jakarta Timur dan memiliki beberapa pilihan trip rafting di Sungai Citarik Sukabumi. Berikut adalah daftar harga paket rafting Sungai Citarik yang diambil dari situs raftingcitarik.com.

NoNama paket raftingHargaKeterangan
1Baby SalamanderRp. 190.000,- / orangRafting untuk anak
2Rafting 5 KmRp. 230.000,- / orangSalamander Rafting Package
3Rafting 9 KmRp. 295.000,- / orangAligator Rafting Package
4Rafting 13 KmRp. 380.000,- / orangCrocodile Rafting Package
5Rafting 17 KmRp. 495.000,- / orangGrand Crocodile Rafting Package
6Arung SamudraRp. 340.000,- / orangRafting di Pelabuhan Ratu

Rafting Citarik Sukabumi, By Cakrawala Adventure

Cakrawala Adventure adalah perusahaan perjalanan wisata dan outbound yang berlokasi di Jl. Harapan No.3A (dekat Stasiun Lenteng Agung) Jagakarsa – Jakarta Selatan. Sebagai agen pemasar paket rafting di Bogor, Sukabumi, dan Sentul, Cakrawala Adventure memiliki paket rafting di Sungai Citarik Sukabumi. Berikut adalah daftar harga paket rafting yang diambil dari situs arungjeramsukabumi.com.

NoNama paket raftingHargaKeterangan
1Rafting 5 KmRp. 225.000,- / orang
2Rafting 9 KmRp. 295.000,- / orang
3Rafting 12 KmRp. 375.000,- / orang
4Rafting 17 KmRp. 495.000,- / orang
5Arung SamudraRp. 340.000,- / orang

Rafting Citarik plus Paintball

NoNama paket raftingHargaKeterangan
1Rafting 5 KmRp. 355.000,- / orang
2Rafting 9 KmRp. 425.000,- / orang
3Rafting 12 KmRp. 505.000,- / orang

Fasilitas Rafting Sungai Citarik

Fasilitas yang tersedia untuk para wisatawan ketika melakukan wisata rafting di sungai Citarik Sukabumi adalah:

  • Perahu Rafting: Perahu rafting yang disediakan berkualitas tinggi dan dilengkapi dengan peralatan seperti pelampung,  helm, dan lainnya.
  • Instruktur Rafting: wisatawan akan di pandu oleh instruktur profesional dan berpengalaman yang akan membantu dan memandu selama aktivitas rafting berlangsung.
  • Area Parkir: Tersedia area parkir yang luas dan aman untuk memarkir kendaraan selama rafting.
  • Toilet dan kamar mandi: Fasilitas toilet dan kamar mandi yang bersih dan nyaman.
  • Area Bersantai: Terdapat area bersantai yang nyaman untuk wisatawan setelah rafting.
  • Warung Makan: Tersedia warung makan yang menyajikan makanan tradisional dan minuman untuk memenuhi kebutuhan makan wisatawan setelah rafting.

Dengan fasilitas yang tersedia, wisatawan dapat menikmati pengalaman rafting yang aman dan nyaman di Sungai Citarik. 

Simpulan Rafting Sukabumi di sungai Citarik

Sungai Citarik di Kabupaten Sukabumi terkenal sebagai destinasi wisata arung jeram, hal itu karena sungai Citarik telah memenuhi standar Internasional Rafting Federation (IRF). Di Citarik terdapat beberapa rute pengarungan dengan jarak dan waktu yang berbeda-beda, termasuk rute khusus untuk anak-anak. Rute paling panjang sekitar 17 km dengan waktu tempuh 4 jam pengarungan.


Q : Apa itu Rafting Citarik Sukabumi?

A : Rafting Citarik Sukabumi adalah kegiatan arung jeram di Sungai Citarik, Sukabumi. Sungai ini memiliki daya tarik wisata air yang cukup menantang dengan grade II-III dan panorama alam yang cukup eksotis.

Q : Apa saja pilihan jarak tempuh rafting di Citarik?

A : Ada berbagai pilihan jarak tempuh rafting di Citarik yang bisa dipilih, yaitu 5 KM, 9 KM, dan 12 KM.

Q : Berapa biaya untuk rafting di Citarik?

A : Biaya untuk rafting di Citarik bervariasi tergantung pada jarak tempuh yang dipilih. Untuk jarak tempuh 5 KM, biayanya sekitar Rp. 235,000 per orang, sedangkan untuk jarak tempuh 9 KM, biayanya sekitar Rp. 295,000 per orang.

Q : Siapa saja operator rafting di Sungai Citarik?

A : Di Sungai Citarik, terdapat tiga operator arung jeram utama yang terkenal, yaitu Caldera, Selaras-Kaki, dan Arus Liar.

Q : Bagaimana cara memesan paket rafting di Cisadane?

A : Anda dapat menghubungi Hotline +62 811-1200-996 untuk reservasi Rafting Cisadane


Home » Blog » Jelajahi Pesona Rafting Sukabumi di sungai Citarik!

This entry was tagged in rafting sukabumi and rafting citarik, paket rafting cisadane, paket rafting citarik, paket rafting bogor, paket rafing sukabumi, family rafting, rafting keluarga, tips arung jeram, wisata arung jeram, tips rafting, wisata rafting sungai citarik, paket rafting cisadane bogor, rafting sungai citarik, rafting citarik sukabumi, rafting cisadane.