Mengapa Anda Harus Mencoba Rafting di Sungai Cisadane?

Ada banyak alasan mengapa Sungai Cisadane menjadi tempat yang tepat untuk arung jeram sekaligus menguji adrenalinmu!


Go Adventure

+62 811-1200-996

Whatsapp


Rafting merupakan salah satu kegiatan olahraga yang sedang populer saat ini di kalangan masyarakat. Kegiatan ini menggunakan perahu karet jenis River Boat yang memiliki bentuk oval untuk mengarungi sungai dengan arus deras. Selain memberikan sensasi yang menyenangkan, rafting juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental serta untuk membangun hubungan sosial.

Salah satu tempat yang populer untuk melakukan kegiatan rafting di Jawa Barat adalah Sungai Cisadane dengan titik peluncurannya (start point) berada di Caringin. Tempat Rafting sungai Cisadane ini mudah dijangkau oleh masyarakat yang tinggal di wilayah penyangga ibukota seperti Kota Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Selain itu, Sungai Cisadane juga terkenal dengan keindahan alamnya, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk melakukan kegiatan rafting.

Sungai Cisadane Yang Mempesona

arung jeram di sungai cisadane

Sungai Cisadane melintasi 44 kecamatan di 5 kabupaten/kota yaitu Kabupaten BogorKota BogorKabupaten TangerangKota Tangerang, dan Tangerang Selatan. Sungai yang melintasi dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten, memiliki panjang sekitar 126 km dan memiliki lebar yang bervariasi, mulai dari 10 hingga 100 meter.

Sungai Cisadane bermuara di Laut Jawa, di sekitar Tanjung Burung dan berhulu di Gunung Pangrango dan Gunung Salak. Arus sungai Cisadane bervariasi, mulai dari arus lambat hingga deras, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk melakukan kegiatan rafting.

Selain itu, Sungai Cisadane juga memiliki keindahan alam yang mempesona. Terdapat hutan yang lebat di sekitar bantaran sungai, serta beberapa bukit yang memperindah pemandangan alam begitupun dengan sampahnya yang merusak pemandangan. Di sepanjang sungai juga terdapat beberapa air terjunan yang dapat dinikmati oleh para peserta rafting.

Lokasi Sungai Cisadane yang dekat dengan wilayah perkotaan membuat akses ke tempat ini sangat mudah. Para peserta rafting dapat mencapai lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus.

Dengan lokasi dan geografi yang seperti itu, Sungai Cisadane menjadi salah satu tempat yang ideal untuk melakukan kegiatan rafting bagi masyarakat di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Kegiatan ini dapat menjadi alternatif bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman yang berbeda dan menikmati keindahan alam yang tersembunyi di sekitar sungai dengan wisata petualangan.

Banyak Pilihan Paket Rafting di Cisadane

Rafting di Sungai Cisadane

Terdapat empat jenis paket rafting yang sangat diminati di Sungai Cisadane pada tahun ini, keempat jenis paket tersebut terdiri dari tiga paket yang ditawarkan secara mandiri dan satu paket yang merupakan bagian dari acara gathering atau outing.

  • Paket perrtama adalah “Paket Family Rafting“, di mana para wisatawan dapat memilih antara pengarungan sejauh 7 km dengan durasi 2 jam atau pengarungan sejauh 10 km dengan durasi 2,5 jam. Harga paket ini bervariasi mulai dari Rp. 225.000,- hingga Rp. 300.000,- per orang, tergantung pada fasilitas paket yang dipilih.
  • Paket kedua adalah “Paket Adventure Rafting“, di mana para wisatawan dapat memilih antara pengarungan sejauh 7 km dengan durasi selama 2 jam atau pengarungan sejauh 12 km dengan durasi selama 3 jam. Harga paket ini bervariasi mulai dari Rp. 250.000,- hingga Rp. 350.000,- per orang, tergantung pada fasilitas paket yang dipilih.
  • Paket ketiga adalah “Paket Rafting Plus“, di mana para wisatawan dapat menikmati kombinasi antara rafting dengan paintball, outbound, ataupun offroad. Harga paket ini bervariasi mulai dari Rp. 300.000,- hingga Rp. 500.000,- per orang, tergantung pada aktivitas dan fasilitas paket yang dipilih.
  • Sementara itu, paket keempat adalah kegiatan “Rafting dalam Paket Outing“. Dalam paket outing dengan muatan rafting, harga terendah yang ditawarkan adalah sebesar Rp. 500.000,- untuk one day trip. Untuk durasi kegiatan 2 hari 1 malam, harga mulai dari Rp. 750.000,-. Harga tersebut bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti tempat menginap, fasilitas hotel, durasi kegiatan, rundown acara, dan kebutuhan khusus yang diminta oleh peserta atau panitia outing.

Dalam keseluruhan paket rafting di Sungai Cisadane, terdapat variasi harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing peserta. Dengan demikian, para wisatawan dapat menikmati pengalaman rafting yang menyenangkan tanpa harus merasa khawatir dengan biaya yang dikeluarkan.

Paket V-1

Terdapat banyak perusahaan yang menyediakan paket rafting di sungai Cisadane dengan harga yang variatif antara satu dengan lainnya, hal ini dikarenakan karena faktor fasilitas paket, lokasi venue, SDM, kualitas peralatan rafting, jarak tempuh pengarungan, brand perusahaan dan faktor-faktor lainnya. Berikut ini beberapa perusahaan yang juga menfasilitasi paket rafting di sungai Cisadane:

1. Alamanda Indonesia

Menawarkan aktifitas wisata rafting di Sungai Cisadane dan kegiatan outdoor lainnya seperti paintball dan outbound. Paket rafting yang ditawarkan adalah:

  • Paket Rafting Alamanda : Rp. 250.000,- per orang, durasi 2 jam, jarak 10 km
  • Paket Rafting Alamanda + Paintball : Rp. 350.000,- per orang, durasi 3 jam

2. Rafting Pro

Menawarkan berbagai paket pengarungan jeram di sungai Cisadane dengan titik peluncuran di Caringin, Bogor. Paket rafting yang ditawarkan adalah:

  • Paket Rafting Pro Adventure : Rp. 275.000,- per orang, durasi 2 jam, jarak 12 km
  • Paket Rafting Pro Family : Rp. 200.000,- per orang, durasi 1 jam, jarak 7 km

3. Al-Hajar Cisadane Rafting

Menawarkan kegiatan arung jeram, outbound, dan penyelenggaraan acara di wilayah Bogor. Paket rafting yang ditawarkan adalah:

  • Paket Rafting Al-Hajar Adventure : Rp. 250.000,- per orang, durasi 2 jam, jarak 10 km

4. Paket CR one Group

Adalah salah satu penyedia jasa rafting di sungai Cisadane yang berlokasi di Jl. Kolonel Bustomi No.1, Desa Caringin Maseng, Kab. Bogor. Paket-paket yang ditawarkan oleh CR one Group adalah:

  • Paket Rafting Cisadane 7 km : Rp. 199.000,- per orang, durasi 1,5 jam
  • Paket Rafting Great Adventure 11km : Rp. 235.000,- per orang
  • Paket Rafting + Menginap di Hotel Grand Pesona : mulai dari Rp. 689.000,- per orang

5. Paket Al Nassr Signature Rafting

Adalah paket rafting yang disediakan oleh operator rafting Al Nassr yang berlokasi di Jl. Raya Sukabumi No.1, Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor. Paket-paket yang ditawarkan oleh Al Nassr Signature Rafting adalah:

  • Paket Rafting 7 km : Rp. 200.000,- per orang
  • Paket Rafting 10 km : Rp. 250.000,- per orang
  • Paket Rafting + Outbound + Paintball : mulai dari Rp. 450.000,- per orang

Paket V-2

Selain paket-paket yang tersebut diatas, ada juga paket-paket rafting lain di sungai Cisadane yang bisa di pilih, berikut daftar nya :

  • Paket Rafting Cisadane 10 km : Rp. 250.000,- per orang, durasi 2 jam;
  • Paket Rafting Cisadane 7 km : Rp. 199.000,- per orang, durasi 1,5 jam;
  • Paket One day Trip Rafting : Rp. 250.000,- per orang, jarak 10 km
  • Paket Explore Trip Adventure : Rp. 210.000,- per orang, durasi 1,5 jam, jarak 7 km

Fasilitas Rafting Cisadane Yang Mumpuni

Rafting di Sungai Cisadane

Untuk mendukung kegiatan rafting di Sungai Cisadane, terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar lokasi. Fasilitas tersebut antara lain adalah:

  • Perahu Karet :
    Di sekitar Sungai Cisadane terdapat beberapa penyedia jasa rafting yang menyediakan perahu karet dengan kapasitas yang berbeda-beda. Perahu karet yang disediakan biasanya sudah dilengkapi dengan alat pengaman seperti helm dan jaket pelampung.
  • Perlengkapan Rafting:
    Selain perahu karet, terdapat pula perlengkapan rafting yang dapat digunakan oleh para peserta rafting. Perlengkapan tersebut antara lain adalah paddle atau dayung, sepatu khusus yang dapat menahan air, serta peralatan keselamatan seperti tali pengaman.
  • Guide Rafting :
    Untuk menjaga keamanan dan keselamatan para peserta rafting, biasanya disediakan guide rafting yang akan memimpin dan membimbing peserta selama perjalanan rafting. Guide rafting yang disediakan di Sungai Cisadane biasanya sudah terlatih dan memiliki sertifikasi keamanan.
  • Penginapan :
    Bagi para peserta rafting yang ingin menginap di sekitar lokasi, terdapat beberapa penginapan yang tersedia di sekitar Sungai Cisadane. Penginapan tersebut biasanya berupa villa atau hotel yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Dengan tersedianya fasilitas rafting yang lengkap dan memadai, para peserta rafting di Sungai Cisadane dapat merasakan pengalaman rafting yang menyenangkan dengan aman dan nyaman.

Banyak Manfaat Rafting Bagi Kesehatan

Rafting di Sungai Cisadane

Kegiatan rafting merupakan bentuk olahraga arus deras yang memiliki manfaat fisik, mental dan sosial yang signifikan bagi pesertanya. Oleh karena itu, olahraga ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Manfaat Fisik

Kegiatan rafting dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan otot, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selama pengarungan sungai, tubuh akan mengalami olahraga kardio yang efektif, meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme tubuh.

Manfaat Mental

Rafting juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental, seperti mengurangi stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan meningkatkan konsentrasi. Selama kegiatan rafting, peserta harus fokus dan mengatasi tantangan yang ada, sehingga dapat membantu mengembangkan kemampuan mental dan emosional.

Manfaat Sosial

Kegiatan rafting juga dapat menjadi ajang untuk mempererat hubungan sosial antar peserta. Selama perjalanan rafting, peserta harus bekerja sama untuk mengendalikan perahu, sehingga dapat memperkuat kerjasama tim dan membangun hubungan yang lebih baik antar sesama.

Simpulan Mengapa Harus Mencoba Rafting di Sungai Cisadane?

rafting sungai Cisadane Bogor

Sungai Cisadane, yang berlokasi di wilayah Bogor, Jawa Barat, menjadi tempat populer bagi para pecinta olahraga arung jeram. Terlepas dari keindahan alamnya, Cisadane menawarkan pengalaman arung jeram yang tak terlupakan dengan arus derasnya yang menantang.

Mencoba rafting di Sungai Cisadane bukan hanya memberikan pengalaman fisik yang intens, tetapi juga manfaat mental yang tak ternilai. Selain meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh, aktivitas ini juga dapat membantu peserta meningkatkan kemampuan kardiorespirasi. Selain itu, keberhasilan dalam menyelesaikan rute arung jeram juga dapat memberikan kepercayaan diri yang tinggi, yang dapat mempengaruhi keyakinan diri peserta di kehidupan sehari-hari.

Selain pengalaman arung jeram yang mengasyikkan, para peserta juga dapat menikmati keindahan alam sekitar yang terdiri dari vegetasi tropis dan pegunungan yang mempesona. Fasilitas yang lengkap, seperti pelampung, pengarung, dan alat keselamatan lainnya yang standar menjadi wajib digunakan ketika pengarungan sungai untuk memastikan keselamatan peserta selama arung jeram.


Home » Blog » Mengapa Anda Harus Mencoba Rafting di Sungai Cisadane?

This entry was tagged mengapa harus rafting di sungai cisadane and mengapa harus arung jeram di sungai cisadane