Paket Outbound Bogor dan Rekomendasi Tempat Outbound di Puncak Bogor

Outbound Bogor – Bahwa sebagian besar aktivitas outbound di Puncak dan Bogor yang menjadi muatan gathering ataupun outing itu dikategorikan sebagai outbound recreational dengan tetap menghadirkan pembelajaran pada setiap moment-moment games nya. Kegiatan ini populer dengan sebutan fun outbound, yang tentunya penanganan akan berbeda dengan kategori outbound training.

Dan, langkah awal yang strategis dalam merencanakan outbound recreational pada event gathering ataupun outing adalah dengan menentukan tempat outbound dan perusahaan penyelenggara-nya (Eo), karena dua hal itu akan mempengaruhi desain kegiatan dan pembiayaan outbound.

Go Adventure

+62 811 1200 996

Whatsapp


Outbound Bogor – Outbound recreational atau fun outbound Bogor sebagai sebuah wahana yang menyajikan banyak games simulasi atau permainan outbound selalu hadir pada event gathering perusahaan, tour, outing kantor, rafting, paintball, bahkan pada aktivitas petualangan (Adventure).

Namun, sesungguhnya outbound merupakan sebuah metode pembelajaran berbasis pengalaman dalam pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia yang di gagas oleh Dr. Kurt Hahn, seorang ilmuwan kebangsaan Yahudi pada tahun 1941. 

Nah loh….
Sebagian besar saat ini dari kita menganggap bahwa outbound adalah wahana yang disajikan pada saat event family gathering ataupun outing perusahaan dan kegiatan-kegiatan yang bertemakan recreational yang membutuhkan wahana dalam mencairkan suasana diawal kegiatan, ataupun membutuhkan wahana permainan untuk bersenang-senang.

Dan, dalam beberapa kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,[1]Nomor 3 Tahun 2021 para praktisi outbound dikategorikan sebagai pemandu wisata buatan layaknya seperti pemandu di taman rekreasi ataupun ecopark, tentunya dengan wahana yang berbeda.

Sebuah pertanyaan menggelitik : mengapa outbound yang digagas oleh  seorang Dr. Kurt Hahn sebagai sebuah metode pendidikan, oleh bangsa Indonesia ditempatkan berada di bawah Kementrian Pariwisata, bukan nya Kementrian Pendidikan ?.  

Nama kecilku Kiade…
Tulisan ini tidak akan memperdebatkan kedudukan outbound dalam sebuah Kementrian yang ada di Indonesia, namun aku akan menceritakan tentang sejarah outbound dan perkembangannya, tempat outbound di Bogor serta paket-paketnya. Serta, menceritakan tentang perdagangan jasa outbound sebagai wahana rekreasi vs outbound sebagai metode pelatihan SDM, karena dua hal ini terlihat sangat abstrak, bahkan agak susah untuk awam dalam membedakannya.

Sejarah dan Pengertian Outbound

sejarah outbound bogor
1947: Sailing practice at the Outward Bound school in Aberdovey, BBC

Outbound Bogor – Outbound adalah produk ilmu pengetahuan dengan menggunakan medium luar ruang berupa permainan-permainan kreatif dan edukatif melekat erat pada aktivitas yang digagas oleh ilmuan Jerman kebangsaan Yahudi bernama Kurt Hahn (5 June 1886, Berlin – 14 December 1974, Hermannsberg). Permainan-permainan yang disajikan merupakan bentuk koordinasi dari aktivitas fisik, emosi dan olah pikir serta kepekaan pada lingkungan.

Outbound terambil dari dua suku kata, yaitu outward bound dengan menghilangkan ward pada kata outward nya. Dan, oleh sebagaian lainnya outbound merujuk pada frasa dalam bahasa inggris yaitu out of boundries, yang mengandung pengertian “keluar dari batasan dan atau keluar dari halangan”.

Outbound bertujuan untuk pengembangan kemampuan sosial atau kelompok (team/ character building) dan mengembangkan individu (personal development) menggunakan permainan, stimulasi, diskusi dan petualangan sebagai media dalam penyampaian pembelajaran.

Outbound dan kelembagaan

logo outbound outward bound
Logo Outward Bound

Outbound Bogor – Outbound yang berasal dari kata out of boundaries merupakan salah satu istilah dalam bidang kelautan, mengandung arti keluar dari batas. Dan menurut istilah, Outbond merupakan proses mencari pengalaman melalui alam terbuka.

Sesungguhnya kegiatan yang serupa outbound ini sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Namun dalam bentuk pendidikan formal, pendidikan bergenre luar ruangan dengan model seperti outbound dimulai sejak 1821, hal ini ditandai dengan didirikannya Round Hill School, di Inggris. Tetapi secara sistematik kegiatan ini baru populer di Inggris pada tahun 1941.

Lembaga pendidikan outbond dibangun oleh seorang pendidik berkebangsaan Jerman bernama Kurt Hahn yang bekerjasama dengan pedagang Inggris bernama Lewrence Holt. Kedua orang ini membangun pendidikan berdasarkan petualangan (adventured based education); [2]Jamaludin Ancok. Outbound Management Training; Jogyakarta : UII Press 2003; hal 2.

Ancok (2013) menjelaskan bahwa outbound merupakan pendidikan melalui kegiatan alam terbuka (outbound training) dilakukan pada tahun 1821 saat didirikannya Round Hund School sebagai tempat dimana orang-orang berkumpul untuk belajar tentang segala hal dengan menggunakan kebebasan arena yang sangat mendukung berjalannya proses belajar. Hasil penelitian bahwa salah satu kegiatan bermain outdoor berupa ice breaking dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa diantaranya kejujuran (Bakhtiar, 2015).

Pengertian Outbound

Outbound Bogor – Banyak pengertian yang berkembang di Indonesia yang memberikan pengertian-perngetian ata outbound, semisal Adrianus dan Yufiarti (2006:44) menyatakan bahwa pada kegiatan outbound terdapat unsur-unsur pengembangan kreativitas, komunikasi, mendengarkan efektif, kerjasama, motivasi diri, kompetisi, problem solving dan percaya diri.” Melalui pengalaman belajar sistem outbound maka individu akan lebih peka terhadap tugas yang dimilikinya, lebih kreatif serta tertanam nilai-nilai kejujuran. Kejujuran akan terwujud dengan belajar berkompetisi yang tepat sesuai aturan, kepribadian yang termotivasi pada hal yang lebih positif akan tertanam nilai kejujuran yang lebih besar

Gass (1993) dan Ancok (2013: 3) menyatakan bahwa metode pelatihan dengan cara permainan di alam terbuka yang kemudian dikenal dengan outbound training juga dapat digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan. Aktivitas outbound training dilakukan menggunakan unsur olahraga dan permainan yang cenderung membuat peserta terlibat langsung secara kognitif (pikiran), afektif (emosi) dan psikomotorik (gerakan fisik motorik). Sehingga secara psikologis dapat dijumpai keterangsangan emosi dan fisik motorik pada diri peserta, 

Umar, (2011) berpendapat kegiatan outbound mempunyai arti kegiatan di luar ruangan tersebut mengandung unsur permainan, edukasi, serta rekreasi. Melalui permainan-permainan ringan yang menarik, peserta dihadapkan pada suatu tantangan untuk dipecahkan secara bersamasama dengan sejenak melepaskan atribut masing-masing. Sehingga diharapkan tercipta suasana keakraban, kebersamaan serta kerjasama tim yang nantinya bermanfaat dalam mengatasi permasalahan yang lebih besar.

Badiatul muchlisin Asti (2009) berpenapat bahwa outbound training adalah kegiatan pelatihan di luar ruangan atau di alam terbuka yang menyenangkan dan penuh tantangan. Bentuk kegiatannya berupa simulasi kehidupan melalui perainan-permainan yang kreatif, rekreatif dan edukatif baik secara individual maupun kelompok, dengan tujuan untuk mengembangkan diri maupun kelompok. Melalui pelatihan outbound, diharapkan lahir pribadi-pribadi baru yang penuh motivasi, berani, percaya diri, berpikir kreatif, memiliki rasa kebersamaan, tanggung jawab, kooperatif, rasa saling percaya dan lain-lain.

Outbound di Indonesia

Outward Bound Indonesia Logo

Outbound Bogor – Pelatihan dan pengembangan SDM di alam terbuka berfungsi sebagai katalis, sebagai medium perubahan dan membantu setiap peserta didik untuk lebih dapat mengenal kelemahan dan kelebihan masing-­masing individu. Metode yang dikenal dengan outward bound kemudian menjalar ke berbagai belahan penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Outward Bound diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia sebagai sebuah kegiatan pelatihan sumberdaya manusia pada tahun 1990 oleh Djoko Kusumowidagdo dengan mengambil tempat kegiatannya di waduk jatiluhur Purwakarta dan menggunakan lembaga outward bound Indonesia yang didirikannya.

Pada tahun 1993 mulai bermunculan lembaga pelatihan dan pengembangan SDM yang menggunakan metode EL, AE dan EE, dan pada sekitar tahun 1997 mulai juga bermunculan kelompok kegiatan rekreasi dengan menggunakan permainan yang biasa digunakan dalam outward bound dengan istilah outbound.

Sejak itulah istilah outbound muncul yang kepopulerannya terus menggantikan outward bound, sehingga mencapai puncaknya pada tahun 2001. Di tahun tersebutlah tempat-tempat rekreasi, hotel, resort bahkan camping ground menyediakan arena outbound dengan menginstall flying fox dan highropes sebagai penanda (simbol) tempat outbound.

Outbound vs Outbound ?

Outbound Bogor – Dalam dunia jasa perdagangan outbound atau bisnis outbound, terdapat dua kategori yang sangat mencolok dan susah dibedakan antara satu dengan lainnya, terutama oleh awam. Dua kategori itu adalah : 

  1. Outbound sebagai metode pendidikan ; kegiatannya terfokus pada pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia atau yang dikenal dengan sebutan outbound training
  2. Outbound sebagai aktivitas rekreasi ;  Kategori jenis ini lebih dikenal dengan istilah fun outbound, otbond atau outbound murah, lahir sebagai pemenuh atas kebutuhan pasar pariwisata yang bermuatan edukasi. Dalam hal ini, fun outbound menjadi salah satu medium yang disisipkan dalam kegiatan gathering perusahaan, outing kantor dan atau kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang dalam aktivitas wisata.

Outbound Training

Outbound Bogor – Outbound merupakan metode pelatihan dalam rangka pengembangan diri (personal development) dan tim (team development) berbasis pengalaman melalui kegiatan di alam terbuka dengan menggunakan permainan-permainan edukatif, bertujuan (secara umum) untuk menumbuhkan rasa percaya diri, berkomunikasi, membentuk pola pikir kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri, menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga terciptanya saling percaya antar sesama.

Baca Selanjutnya :
Outbound Training

Recreational Outbound

Outbound Bogor – Outbound sebagai aktivitas rekreasi atau yang lebih dikenal dengan istilah fun outbound, otbond atau outbound murah, lahir sebagai pemenuh atas kebutuhan pasar pariwisata yang bermuatan outdoor training. Dalam hal ini, fun outbound menjadi salah satu medium yang disisipkan dalam event gathering, outing dan atau kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang.

Selain sebagai pemenuh atas aktivitas rekreasi dengan menampilkan permainan-permaianan edukatif yang difasilitasi oleh kemampuan fasilitator dalam memainkan wahana permainan outbound, aktivitas wisata yang banyak mengandung muatan kebersamaan serta kesenangan ini merupakan obyek daya tarik wisata tersendiri yang banyak diminati.

Outbound sebagai muatan Gathering dan Outing

Outbound Bogor – Tak ayal bahwa gathering dan outing kantor telah menjadi agenda tahunan setiap perusahaan, lembaga pemerintah ataupun swasta lainnya. Event bertajuk kebersamaan ini kerap menggunakan outbound sebagai muatan dalam kegiatan gathering maupun outing.

Outbound dengan gathering saat ini seperti sebuah mata uang dengan belah 2 sisi yang berbeda, dimana outbound sebagai muatan kegiatan dan gathering adalah event nya, hal ini berbeda dengan outbound training yang menjadikan outbound sebagai metode dalam pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia, outbound training merupakan kegiatan yang berdiri sendiri.

Ada beberapa tahapan outbound dalam event gathering perusahaan maupun outing kantor, yaitu 1. tahap adaptasi dimana peserta outbound  akan merasakan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan fisik dan sosial baru disebuah tempat outbound. Tahap ini bertujuan agar pada saat kegiatan nanti peserta  akan mampu mengembangkan sikap positif terhadap suatu perubahan.

Tahap ke-2 : aktivitas outbound yang dikemas dengan permainan-permainan dalam kelompok besar maupun keompok kecil yang dimulai dari ice breaking selanjutnya adalah games simulasi dll. Pada sesi ini peserta outbound akan dihadapkan pada tantangan demi tantangan permainan outbound yang akan bertambah tingkat kesulitan dan resikonya secara gradual. 

Dan tahap ketiga adalah final project yaitu permainan untuk membangkitkan rasa kebersamaan dan soliditas kelompok, setelah final project usai, maka peserta akan diajak mereview nilai-nilai positip yang didapatkan selama kegiatan outbound berlangsung.  

Paket Outbound Bogor 1D

Outbound Bogor – Paket outbound dengan durasi 1 hari kegiatan dibawah ini mengambil lokasi di Highland camp, kegiatan nya berupa games outbound, journey dan wisata air terjun. Setiap venue pastinya akan berbeda alur maupun desain program outbound nya, hal ini karena adanya penyesuaian dengan fasilitas buatan maupun alam dalam merancang program outbund.

NOMOR:GT-1D.19
JENIS:Fun Outbound
DURASI:1D
LOKASI:Highland camp
FASILITAS:1D Fun Adventure Insight,
1x Lunch 2x Meal
Medical Support
Min Paket:30 pax
INVESTASI:IDR. 00K

Alur kegiatan outbound 1D

Outbound Bogor – Aktivitas outbound akan diawali sekitar jam 08.30, kegiatannya berupa pengenalan dan penjelasan kegiatan selama 1 hari yang akan dijalani, sehingga para peserta outbound dapat memahami proses kegiatan yang sudah ditetapkan.

Pada pukuk 09.00 kegiatan dilanjutkan dengan mencairkan suasana baik antar peserta maupun dengan para instruktur kegiatan. Kegiatannya berupa mengajak semua orang yang terlibat outbound untuk melakukan pemanasan dan mencairkan kekakuan. Kegiatan dalam bentuk permainan kelompok besar maupun kecil ini akan menumbuhkan rasa kegembiraan dan semangat positif untuk berpartisipasi aktif.

Pada jam 10.00 s,d 12.00 kegiatan akan dilanjutkan dengan games simulasi, dimana peserta diajak berkompetisi antar group, bersimulasi akan adanya kompetisi atau persaingan dimana akan tercipta daya kerja tim agar memenangkan kompetisi.

Sesi pertama kegiatan outbound berakhir pada jam 12.00 dan dilanjutkan Ishoma. Setelah Ishoma, peserta outbound akan di ajak journey, kegiatannya berupa susur sungai, treking hutan dan diakhiri wisata air terjun.

Pada sesi journey ini, peserta outbound akan di ajak keluar dari zona nyaman dengan menelusuri sungai dan menembus belantara hutan sehingga mencapai air terjun sebagai tujuannya. Peserta akan merasakan proses berinteraksi dengan lingkungan dalam sebuah kelompok dalam perjalanan petualangan.

Paket Outbound Bogor 2D1N

Outbound Bogor – Outbound dengan durasi 2 hari 1 malam ini mengambil lokasi di Highland camp dengan tenda sebagai tempat menginapnya. Desain program outbound akan disesuaikan dengan lokasi jika kegiatan nya tidak di venue kami.

NOMOR:OP-2D1N.19
JENIS:Outbound
DURASI:2D1N
LOKASI:Highland camp
FASILITAS:1D OutBound +1D Journey,
3 Eat + 1 Meal (Buffe),
1 tent 4 person,
Bed and Equipment,
Photo Documentation
Min Paket:30 pax
INVESTASI:IDR. 00K

Alur kegiatan outbound 2D1N

Outbound Bogor – Ada tiga sesi utama dalam kegiatan outbound dengan durasi 2 hari 1 malam ini. Bentuk kegiatan pada hari pertama didominasi oleh permainan-permainan yang dapat menimbulkan pengalaman emosional, pengalaman intelektual dan pengalaman yang bersifat fisikal. aktivitas nya berupa permainan ice-breaking dan warming-up agar para peserta outbound terbentuk rasa persahabatan dan suasana menyenangkan. Setelah nya dilanjutkan dengan permainan pembentukan tim (team building) dengan berbagai games simulasi baik dalam kelompok besar maupun kelompok-kelpompok kecil. Sesi outbound pada hari pertama ini akan berakhir pada pukul 05.00 sore hari.

Pada malam harinya, peserta outbound akan mengikuti malam kebersamaan dalam hangatnya api unggun dengan berbagai macam kegiatan seperti internal sharing ataupun kegiatan-kegiatan yang lahir dari peserta itu sendiri, setelahnya kembali ke tenda untuk istirahat malam pada jam 10.00 malam.

Pada hari kedua, kegiatan akan dimulai dengan energizer pada pukul 06.00 pagi, dilanjutkan sarapan. Setelah sarapan peserta outbound akan dihadapkan dengan games simulasi dan kompetisi, lalu aktivitas journey dengan menulusuri arus sungai dan menelusuri jalanan setapak di hutan (hiking) menuju air terjun, kegiatan hari kedua ini akan di akhiri dengan wisata air terjun.

Tempat Outbound di Bogor, Puncak Cibodas, Sentul dan Pancawati

Outbound Bogor – Tempat outbound Bogor merujuk pada kantung-kantung terpusatnya kegiatan outbound di kabupaten/kota Bogor meliputi kawasan pariwisata Puncak, Sentul, Pancawati, Lido, Ciawi dan Cibodas yang berada di perbatasan antara Bogor dan kabupaten Cianjur.

Dan, sebagian besar tempat outbound tidak menginstall games outbound secara permanen, beberapa tempat outbound akan menginstall games outbound yang disesuaikan dengan kebutuhan desain program yang telah dibuat, namun ada beberapa pula tempat outbound sudah memasang permainan outbound secara permanen. Sebagian besar games outbound yang dipasang secara permanen adalah highropes seperti flying fox, burma bridge, Cargo Net, Two line Bridge, dll.

Oleh karenanya, pemilihan tempat outbound dibawah ini didasarkan bukan pada lokasi yang memiliki perlengkapan outbound yang sudah terpasang permanen, namun pada lokasi yang sering digunakan kegiatan outbound sebagai muatan dalam event gathering perusahaan.

Tempat Outbound Puncak Bogor

Outbound Puncak – Sebagian besar tempat outbound di Cibodas, Puncak, Bogor dan Pancawati  tidak memasang peralatan outbound secara permanen di venue nya, yang dipersiapkan oleh resrot, cattage, villa maupun hotel untuk mensupport kegiatan outbound adalah lapangan kegiatan yang nantinya di install dengan games oleh penyelenggara acara (Eo) outbound, namun pada beberapa tempat, permainan outbound ketinggian (Highropes) sudah terpasang dilokasi.

Dan dibawah ini adalah resort, cottage dan camping ground yang mensupport kegiatan outbound :

NoVenueLokasi
1Citra Alam RiversideDesa Jogjogan, Cilember, Jogjogan, Cisarua, Bogor Regency, West Java
2Griya Sawah LegaKopo, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750
3Taman Wisata Matahari OutboundJl. Raya Puncak Gadog No.KM.77, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
4Highland CampJalan Raya Puncak KM. 77, Jl. Sirnagalih V Jl. Cipendawa No.92, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770
5Eagle Hill MegamendungJl Al Barokah, Megamendung, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770
6Gayatri Outbound PuncakJl. Citeko Panjang, Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
7
8
9

Citra Alam Riverside


Outbound Puncak – Citra Alam Riverside adalah tempat outbound dengan konsep camping ground, berada di Jogjogan, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Bogor Jawa Barat. Di Citra Alam Riverside terdapat High ropes untuk kegiatan outbound. Highropes merupakan lintasan yang didesain untuk aktivitas permainan diketinggian yang terdiri dari banyak model permainan pada setiap lintasannya, yaitu :

  • Flying Fox ; memiliki titik peluncuran pada ketinggian sekitar 15 meter dengan panjang lintasan mencapai 300 meter yang melintasi sungai Ciliwung, setiap peserta outbound akan melakukan pengalaman peluncuran dengan pengamanan standar aktivitas ketinggian seperti full body harness, helmet, dan lainnya.
  • Rangkaian dari beberapa permainan ketinggian (Highropes) yang ada di Citra Alam Riverside meliputi berjalan diatas tali, merayap dan meluncur, lintasannya memiliki ketinggian +6 meter dengan panjang rentang lintasan antar tiap permainannya yang beragam.
  • Terdapat 2 (dua) rangkaian lintasan permainan higropes, yaitu rangkaian ke-1 meliputi spiderweb, rail wood, balance beam, fly board, middle flying fox. Dan, rangkain high ropes kedua adalah tapak kuda, sky ring, long flying fox dan elvis walker.

Sementara itu low ropes outbound games dapat di install pada spot-spot area yang kosong baik di campsite ataupun lokasi lainnya. Low ropes adalah permainan yang terdiri dari serangkaian rintangan nyata ataupun imajiner yang dirancang pada kegiatan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia berbasis experiential learning (EL), sebagai media dalam mentranformasikan pembelajaran (learning) terhadap kelompok maupun individu yang terlibat dalam pendidikan agar mampu untuk bekerjasama dan mencapai tujuannya

Outbound Griya Sawah Lega


Outbound Puncak – Outbound merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di Griya Sawah Lega, dengan fasilitas yang ada berupa :

  • Flying Fox ; adalah wahana permainan ketinggian yang memiliki lintasan sepanjang 250 meter yang melintas di areal persawahan.
  • Lapangan kegiatan ; terdapat dua buah Lapangan utama untuk menfasilitasi berbagai kegiatan outbound dengan games outbound yang diinstall pada saat kegiatan.

Griya sawah lega resort berada di Jogjogan, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, merupakan tempat menginap dengan aktifitas utamanya adalah outbound, Fasilitasnya berupa :

  • Cottage ; terdapat 4 unit cottage dengan bangunan bermaterialkan dari kayu. Setiap cattage dilengkapi oleh fasilitas TV, air panas, teras, balkon dengan pemandangan menghadap lapangan dan taman
  • Bungalow ; Terdapat sebuah bangunan bungalow yang bermaterialkan kayu, mempunyai 4 kamar dengan daya tampung sekitar 29 tempat tidur. Pemandangan di bungalow menghadap taman dan kolam, Fasilitasnya anatara lain TV, air panas, balkon dan dapur lengkap dengan peralatan memasak.
  • Room ; Kamar-kamar untuk menginap, bermaterialkan beton / tembokan. setiap kamar memiliki fasilitas telivisi, air panas dengan pemandangan menghadap taman dan kolam renang.
  • Rumah Bambu ; terdapat 4 unit rumah bamboe, setiap rumah bamboe (rumah 1 dan 2) masing-masingnya terdiri dari 2 kamar tidur, sedangkan rumah bamboe ke 3 dan 4, masing-masing memiliki daya tampung 15 dan 18 tempat tidur. disetiap rumah bambu memiliki fasilitas TV, air panas dan teras yang menhadap persawahan dan lapangan berkemah.
  • Barak ; memiliki daya tampung 30 tempat tidur dengan kelengkapan nya yaitu TV, air panas dan teras yang menghadap sawah, kolam renang dan gunung.
    Fasilitas lainnya adalah kolam renang, tempat billiar, taman yang sejuk, gazebo, Mushala, lapangan parkir, aula pertemuan, dan lainnya.

Taman Wisata Matahari Outbound


Outbound Puncak – Selain dapat dilakukan di Taman Wisata Matahari yang berada di Jl. Raya Puncak Gadog, Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, outbound di Puncak dapat juga di lakukan di camp Taman Wisata Matahari bernama Taman Alam Matahari yang lokasinya berada di Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Pesona Highland Camp Outbound


Outbound Puncak – Pesona Highland camp Megamendung yang saat ini sudah berganti nama dengan Pesona Bukit Damar merupakan camping ground yang ada di Jl. Sirnagalih V Jl. Cipendawa No.92, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang banyak menfasilitasi kegiatan outbound dalam event gathering perusahaan maupun outing kantor.

Dalam kawasan 5,9 hektar, dahulu kalanya terdapat instsalasi flying fox dan highropes yang terpasang diantara pepohonan yang menghadap arah puncak gunung Salak. Selain highropes games dan instalasi flying fox, di Pesona Highland camp terdapat pula jalur trekking hutan dan susur sungai untuk kepentingan program outbound training dan jungle survival.

Eagle Hill Outbound Megamendung


Outbound Puncak – Eagle Hill Outbound Camp Megamendung berada di Jl. Al Barokah, Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat, memiliki luas area sebesar 12 hektar. Eagle Hill camp dirancang untuk menfasilitasi beragam kegiatan outbound baik itu training outbound maupun recreational outbound, menfasilitasi pelatihan, gathering, lainnya dalam suasana berkemah dilingkungan pegunungan yang asri dan dengan tenda sebagai tempat menginapnya.

Gayatri Mountain Outbound

Outbound Puncak – Gayatri Mountain Adventure merupakan tempat outbound di Puncak dengan tenda sebagai tempat menginapnya. Tempat outbound di Bogor ini berada pada ketinggian Puncak dengan dukungan alam yang bervariasi seperti perkebunan teh sampai hutan campuran. Gayatri berada di perbatasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan dukungan alam untuk kegiatan outbound seperti jalur treking hutan, air terjun, dan jalur telusur sungai  dan perkebunan teh  untuk kegiatan teawalk.

Memang tidak ada perangkat games outbound yang dipasang secara permanen di Gayatri Mountain Adventure, games outbound dapat di install di lapangan-lapangan kecil yang berada disekitar camping ground, begitupun dengan setting panggung jika kegiatan outbound merupakan muatan dari gathering perusahaan yang mengharuskan adanya panggung. 

Pada malam hari, peserta olutbound akan menikmati indahnya kota Jakarta dan Bogor yang bertaburkan lampu berwarna warni. Beragam aktivitas malam dengan suhu bisa mencapai 13 derajat celsius seperti api unggun, berbeque, kambing guling dan lainnya.


Outbound Cibodas Puncak

Outbound Cibodas – Dalam kawasan pariwisata alam Cibodas atau yang dikenal dengan kawasan wisata Cibodas terdapat dua tempat yang dapat digunakan untuk kegiatan outbound yaitu : 1. Mandalawangi dan 2. bukit Golf Cibodas.

Dan, sebagian besar permainan outbound (outbound games) dikedua tempat tersebut tidak terpasang secara permanen, baik highropes maupun lowropes. Ketika kegiatan outbound berlangsung, maka perusahaan penyelenggara acara (Eo) yang mempersiapakan semua peralatan outbound untuk di install, dalam hal ini venue sebatas menyediakan lapangan kegiatan yang nantinya di pasanga perlengkapan outbound.

NoVenueLokasi
1Mandalawangi Camping GroundKomplek Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
2Bukit Golf Camping Ground CibodasSindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Outbound Mandalawangi Camp Cibodas

Outbound Cibodas – Camping Ground Mandalawangi Cibodas yang melingkari danau Mandalawangi dalam kawasan wisata Cibodas, letaknya berada di kaki timur laut gunung Gede Pangrango. Tempat camping yang kerap di gunakan sebagai tempat outbound ini dikelola oleh Perum Perhutani KPH Cianjur, memiliki lingkungan ekosistem hutan dengan kontur lahan yang berbukit-bukit.

Bukit Golf Outbound Cibodas

Outbound Cibodas – Event berbasis camping dengan muatan outbound yang kerap diselenggerakan di Cibodas Golf Camping Ground adalah outing kantor, gathering perusahaan, dan ada pula beberapa event outbound yang diselenggarakan 1 hari kegiatan (one day event).

Eo Outbound Cibodas (Peyelenggara acara outbound)


Outbound Cibodas – Penyelenggara acara outbound di Cibodas atau Eo Outbound Cibodas dapat dilakukan oleh Eo lokal adalah perusahaan jasa penyelenggara acara yang berkedudukan di Cibodas ataupun Eo dari Puncak, Bogor maupun dari Jakarta. Dibawah ini adalah Eo Outbound di Cibiodas :

  1. Highland Adventure : Adalah salah satu penyelenggara acara outbound Cibodas yang berkedudukan di Bogor Jawa Barat dengan spesialisasi training outbound dan Pelatihan Sumber daya manusia dengan experiential leraning sebagai metode pembelajarannya. Read More : Gathering Perusahaan plus Outbound dan Company Outing di Cibodas
  2. Hadena Indonesia : Merupakan perusahaan jasa outdoor activities yang bergerak di Puncak, Sentul, Cibodas dan Bogor sekitarnya. Hadena Indonesa merupakan salah satu Eo Outbound yang banyak menyelenggarakan acara di Cibodas.
  3. Mandalawangi Cibodas ; baca Mandalawangiwangi.com
  4. Wisata Cibodas ; Baca wisatacibodas.com

Tempat Outbound Sentul Bogor

NoVenueLokasi
1Taman Budaya Sentul CityJl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810
2Talaga Cikeas Resort dan OutboundJl. Babakan Tumas, Cikeas, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710
3Panjang Jiwo ResortJl. Kp. Babakan Ujung Jl. Cikeas Raya No.09, Cadas Ngampar, Sukaraja, Bogor Regency, West Java
4
5

Taman Budaya ; pusat outbound di Sentul City

taman budaya outbound sentul Bogor
Taman Budaya Outbound Sentul

Outbound Sentul – Taman Budaya yang berada di Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kecamatan  Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat ini memiliki luasan areal 6 hektar berlatar pemandangan Gunung Pancar, gunung Salak, gunung gede. Taman Budaya Sentul memiliki lokasi yang strategis dan luas mampu menampung kegiatan untuk outbound skala kecil maupun besar.

Taman Budaya Sentul Bogor memiliki ruang hijau (Green Centrum) yang luas untuk kegiatan outbond yang diperlengkapi dengan berbagai wahana atau permainan outbound seperti flying fox, jaring, dan rintangan lainnya.

Taman Budaya Sentul Bogor merupakan tempat outbound terbesar di Jawa Barat dan di gadang-gadang tebesar di Indonesia dengan menawarkan beragam jenis permainan yang terbagi dalam 4 kategori. Kategori tersebut meliputi Adventure center, culture center,  Grand center, dan facilities Center. 

Talaga Cikeas Resort dan Outbound Sentul


Outbound Sentul – Talaga Cikeas Resort dan Outbound Sentul adalah penginapan berbentuk Resort untuk outbound di Sentul sekitarnya dengan suasana lingkungan yang hijau, asri serta masih alami. Talaga Cikeas Resort dan Outbound ini berada di Jl. Babakan Tumas, Cikeas, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki areal seluas ± 8 Ha. 

Fasilitas Talaga Cikeas Resort dan Outbound Sentul untuk mendukung kegiatan family gathering dengan muatan outbound maupun outing kantor adalah danau, sampan di talaga / talaga, kolam renang, kolam ikan, campground, dan tempat outbound, disini pengunjung dapat menikmati suasana loghome yang bergaya country.

Panjang Jiwo Resort and Outbound


Outbound Sentul – Salah satu tempat untuk kegiatan outbound di Sentul adalah Resort Panjang Jiwo yang didirikan sejak tahun 1998 pada areal seluas 3 hektar. Lokasi outbound Panjang Jiwo Sentul ini merupakan penginapan yang berada pada lingkungan asri dan lestari, rindang dengan aneka macam bunga segar yang tumbuh di sekitar lokasi resort. 

Panjang Jiwo Resort beralamat di Kp. Babakan Ujung Jl. Cikeas Raya, Cadas Ngampar, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat merupakan lokasi ideal untuk melaksanakan event gathering perusahaan dengan muatan outbound dan outing kantor, hal ini karena di Panjang Jiwo Resort  didukung oleh berbagai macam fasilitas, seperti gedung pertemuan, danau buatan, taman, gardu pandang, kolam renang, kolam pemancingan, area jogging, lapangan olah raga,  gazebo, dan musholla, area parkir,  toilet, dan dls.

Nama Tempat Outbound di..

Outbound Sentul – tempat wisata di bogor untuk family gathering, km zero resort bogor jawa barat, paket menginap dan outbound di bogor, outbound bogor jambuluwuk, wisata outbound batu malang, paket outbound di bogor, tempat wisata outbound di bogor.

Tempat Outbound di Pancawati Bogor

NoVenueLokasi
1Villa RatuPancawati, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730
2Jambu Luwuk ATV & Outbond FieldJl. Veteran III , Tapos Lbc No.63, Jambu Luwuk, Kec. Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16720
3Outbound Bumi TaposJl. Veteran III No.16, Cibedug, Kec. Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16720
4Camp Hulu Cai CiawiJl. Veteran III, Cibedug, Kec. Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16720
5Dewi Resort PancawatiRaya cikereteg, Desa Jl. Veteran 1, Pancawati, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16720

Villa Ratu


Outbound Pancawati – Villa Ratu merupakan sebuah penginapan yang sekaligus tempat outbound di Pancawati Bogor, terletak di kaki Gn. Pangrango, di Pancawati, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat merupakan. Tempat outbound ini memiliki nuansa pedesaan, udara yang sejuk dan dengan pemandangan yang hijau.

Komplek pervillaan yang memiliki fasilitas dengan luas areal ± 3 hektar ini dapat menampung peserta ± 500 orang ketika outbound nya 2 hari 1 malam (menginap) dan ± 1500 orang one day trip. Fasilitas yang ada berupa flying fox, lapangan kegiatan outbound, saung bambu, dls.

Jambu Luwuk ATV & Outbond Field


Outbound Pancawati – Jambu Luwuk ATV & Outbond Field berada di Jambuluwuk Puncak Resorts, berlokasi di Jl. Veteran III Jl. Tapos Lbc No.63, Jambu Luwuk, Kec. Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jambuluwuk Puncak Resorts merupakan vila kayu dengan desain tradisional berlatar pemandangan Gunung Pangrango dan gunung Salak.

Outbound Bumi Tapos


Outbound Pancawati – Bumi Tapos adalah tempat outbound yang berada di Jl. Veteran III No.16, Cibedug, Kec. Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan daya tampung kamar untuk peserta outbound sekitar lebih 250 orang dengan apangan outdoor yang sering di pergunakan untuk dapat menampung 500 orang.

Camp Hulu Cai Ciawi outbound

Outbound Pancawati – Di Hotel Hulu Cai terdapat beragam fasilitas dan amenitas seperti cabin, kamar / room, restaurant, kolam renang, dan lainnya, dengan taman buatan sebagai fasilitas wisata alam nya. Baik fasilitas menginap ataupun amenitasnya didesain guna mendukung kegiatan Outbound, Gathering, Outing. metting dan wisata berwawasan alam.

Dewi Resort Pancawati Outbound


Outbound Pancawati – Dewi Resort Pancawati merupakan tempat outbound di Pancawati Bogor, lokasinya berhadapan dengan Villa Ratu dan Lembur Pancawati. Tempat outbound di Pancawati ini beralamat di Raya cikereteg, Veteran 1, Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tempat outbound di Pancawati yang banyak di pergunakan untuk kegiatan gathering perusahaan ataupun outing kantor ini memiliki fasilitas menginap dengan daya tampung sd. 200 orang, sementera itu jika outbound nya 1 hari kegiatan (one day trip), Dewi Resort Pancawati outbound dapat menampung sd 500 orang peserta outbound ataupun gathering.

Selain sebagai tempat outbound berbasis rekreasional atau yang dikenal fun outbound, Dewi Resort Pancawati  adalah tempat outbound training seperti program team building, character building dan lainnya. Fasilitas pendukung kegiatan outbound di Dewi Resort Pancawati adalah penginapan, ruang pertemuan, lapangan outdoor, mushola, kolam renang, toilet, tempat parkir dan lainnya.

Nama Tempat Outbound…

Outbound Pancawati – family gathering di bogor, sawah lega puncak, campas outbound sentul bogor, tempat outing, outbound bogor murah, paket rafting keluarga, eo outbound bogor, outbound pelita desa ciseeng parung bogor, paket wisata outbound, tempat gathering murah, outbound bedugul, area outbond, wisata bogor outbound, outbound gunung pancar.

Lokasi Outbound Bogor

Outbound Bogor – Daftar lokasi outbound Bogor di bawah ini merujuk pada tempat yang bukan berada di Puncak, Sentul, Cibodas dan Pancawati yang sudah diuraikan pada setiap kategori nya. 

NoVenueLokasi
1Taman Buah MekarsariJalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16820
2Kinasih Resort BogorJalan Raya Sukabumi KM.17, Caringin, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730
3
4
5

Taman Buah Mekarsari Cileungsi

Taman Buah Mekarsari Cileungsi

Outbound Bogor – Taman Buah Mekarsari kerap di gunakan sebagai tempat untuk outbound, berada di Jalan Raya Cileungsi -Jonggol Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Taman Buah Mekarsari memiliki lahan yang sangat luas dan dapat menampung ribuan peserta gathering perusahaan dengan muatan outbound, outing kantor dan event-event perusahaan lainnya.

Kinasih Resort Bogor


Outbound Bogor – Wisma Kinasih atau Kinasih Resort & Conference merupakan tempat outbound di Bogor den gan resor sebagai tempat menginapnya. Wisma Kinasih dibangun sejak tahun 1980, berada di Jalan Raya Sukabumi KM.17 Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat  memiliki fasilitas outbound 

Untuk menunjang kegiatan outbound, di wisma Kinasih terdapat lapangan-lapangan sebagai tempat untuk menginstall permainan outbound (outbound games), area tersebut berada di kawasan hutan pinus yang ada dalam kawasan wisma Kinasih.

Tempat Outbound di…

Outbound Bogor – tempat wisata outbound di bogor, outbound bogor puncak, paket gathering, wisata outbound di bogor, gunung geulis camp area harga, outbound hutan pinus gunung pancar sentul, harga paket outbound kampung ladang, outbound di pantai, hotel seruni & outbound, tempat family gathering, paket gathering puncak, wisata outbound sentul, outbound puncak bogor.

Simpulan Rekomendasi Paket dan Tempat Outbound Bogor Puncak

Outbound Bogor – Outbound merupakan kegiatan berbasis luar ruangan dan produk ilmu pengetahuan dengan menggunakan permainan-permainan kreatif dan edukatif yang saat ini terbagi dengan dua kategori yaitu outbound sebagai media pelatihan dan pengembangan SDM dan outbound sebagai rekreasi.

Outbound sebagai rekreasi atau lebih dikenal dengan fun outbound merupakan sebuah alur permainan yang kerap di sajikan pada event gathering perusahaan ataupun outing kantor. Pada beberapa tempat rekreasi, hotel dan resort di Bogor, Pancawati, Sentul, Cibodas menjadikan wahana outbound seperti flying fox, burma brigde dll sebagai daya tarik venue.



This entry was tagged outbound and outbound puncak, outbound bogor, paket outbound, tempat outbound, paket outbound bogor, outbound di bogor, tempat outbound di bogor, paket outbound puncak bogor, rekomendasi paket gathering di puncak bogor, wisata outbound, paket outbound puncak, harga paket outbound bogor, wisata outbound bogor,  tempat family gathering di bogor, outbound di puncak, tempat outbound bogor, outbound training, tempat outbound di puncak, paket outbound di bogor.

References

References
1 Nomor 3 Tahun 2021
2 Jamaludin Ancok. Outbound Management Training; Jogyakarta : UII Press 2003; hal 2