Rafting Cisadane

gathering di bogor

Nikmati pengalaman petualangan pengarungan sungai dengan memilih satu diantara dua varian produk Highland Rafting Cisadane, yaitu “Family Rafting” atau “Adventure Rafting“. Hanya dengan satu klik, Anda telah membuka gerbang petualangan arung jeram sungai Cisadane!


Go Adventure

+62 811-1200-996

Whatsapp


Kegiatan rafting di Sungai Cisadane menawarkan sensasi pengarungan jeram yang tidak akan terlupakan bagi para penyuka wisata petualangan dengan dua varian produknya yang dapat menjadi pilihan arung jeram Cisadane yaitu paket family Rafting dan paket Adventure Rafting.

Selain itu, di Sungai Cisadane terdapat beberapa rute pengarungan yang dapat pilih sesuai dengan kemampuan pengarung dan tingkat kesulitan yang diinginkan, baik untuk pemula maupun para profesional, lintasan terpopuler adalah jalur dengan jarak pengarungan sepanjang 12 Km dan 7 Km

Sungai Cisadane dengan titik luncur (start point) berada di Caringin, Bogor dikategorikan pada grade 3+, memiliki spesifikasi jeram yang tidak beraturan dengan riam-riam yang diiringi gelombang-gelombang yang tidak terduga.

Bagian yang menantang pada jalur Cisadane adalah lintasan pengarungan yang memiliki jeram dengan arus yang kuat, sehingga kegiatan rafting menjadi lebih menantang dan menyenangkan.

Dengan Aksesibilitas yang tidak terlalu jauh dari Ibukota Indonesia dan kota-kota penyangga Jakarta, spot pengarungan sungai Cisadane di Caringin dapat ditempuh hanya sekitar satu jam++ perjalanan jika perjalanan dimulai dari Medan Merdeka, melewati Jagorawi – Bocimi dan keluar di pintu tol Caringin.  

Para penyuka wisata petualangan akan sangat menikmati keindahan dan suasana sejuk yang ditawarkan oleh kegiatan rafting di Sungai Cisadane.

A. Pengalaman petualangan

Petualangan rafting di Sungai Cisadane tentu memiliki tingkat intensitas dan tantangan yang berbeda jika dibandingkan dengan aktivitas wisata petualangan lainnya. Rafting memerlukan kerjasama tim yang baik dan kemampuan untuk mengatasi situasi yang tidak terduga pada saat pengarungan seperti ombak besar, arus yang kuat atau harus melewati jeram yang tinggi.

Ketika melakukan rafting di Sungai Cisadane, petualangan akan dimulai saat anda memasuki perahu karet ditepian sungai dengan ditemani oleh pemandu yang berpengalaman. Lalu, anda akan diajak untuk mengarungi arus sungai yang deras dan memacu adrenalin dengan jeram dan keliaran arus sungai nya. Pada saat itu anda akan merasa seperti berada di dalam dunia yang berbeda.

B. Menjaga Kesehatan

Aktivitas arung jeram Cisadane memang sering kali dikaitkan sebagai kegiatan yang menyenangkan, namun ternyata kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu, melakukan aktifitas arung jeram Cisadane bukan sebatas untuk kesenangan semata, namun juga dapat melatih memperkuat otot dan baik untuk jantung, meningkatkan kepercayaan diri, menghilangkan stres, melepaskan adrenalin dan memberi pengalaman psikologis.

C. Meningkatkan kerjasama tim

Arung jeram atau rafting merupakan kegiatan petualangan yang membutuhkan kerjasama tim. Dalam arung jeram Cisadane, setiap anggota harus mampu bekerja sama dengan baik dan saling melengkapi antara satu dengan lainnya agar dapat mengatasi rintangan yang ada sehingga sampai pada tujuan dengan selamat.

Pengarungan dengan menggunakan perahu melalui arus yang deras dan berbahaya membutuhkan komunikasi yang baik dan kerjasama yang kuat antar pengarung (rafter). Setiap peserta harus memahami dan melaksanakan perannya masing-masing dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu, arung jeram Cisadane  membutuhkan kepercayaan dan saling membantu serta bahu membahu. Setiap anggota tim harus memiliki keyakinan pada kemampuan tim dan siap membantu rekan-rekannya dalam situasi yang sulit. Keberhasilan dalam arung jeram tidak hanya tergantung pada individu, namun juga tergantung pada kerjasama yang baik dan komunikasi yang efektif antar anggota tim.

D. Membangun kebersamaan

Wisata arung jeram Cisadane merupakan salah satu aktivitas yang dapat membantu untuk menjalin relasi dan membangun suasana kebersamaan, baik dengan rekan kerja maupun keluarga. Saat melakukan aktivitas ini, peserta dapat belajar bekerja sama dan saling membantu dalam mengatasi tantangan yang ada. Melalui pengalaman bersama, rasa saling mengenal dan memahami satu sama lain akan semakin kuat.

Aktivitas rafting dapat menjadi cara untuk mempererat tali persaudaraan dan membangun kerjasama yang baik dalam suasana yang menyenangkan sehingga terbangunnya rasa kebersamaan dan rasa saling percaya yang akan membawa dampak positif dalam hubungan tersebut.

E. Berinteraksi dengan alam

Kegiatan arung jeram Cisadane adalah aktivitas petualangan yang memberikan kesempatan bagi para pesertanya untuk berinteraksi dengan alam dan lingkungan sekitarnya. Melalui aktivitas ini, seseorang dapat mengalami sensasi berbeda dan merasakan keindahan alam dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, arung jeram juga memberikan kesempatan bagi pesertanya untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan rekan atau keluarga, sehingga dapat mempererat hubungan dan membangun suasana kebersamaan di alam bebas.


Harga Paket Rafting Cisadane

Wisata Arung Jeram Sungai Cisadane menawarkan pengalaman berbeda dengan tingkatan kesulitan pengarungan yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing wisatawan, ada tingkat pengarungan dengan level pemula hingga level mahir.

Bagi mereka yang ingin menikmati pengalaman peengarungan dengan lebih mudah, tersedia paket arung jeramFamily Rafting” dan “Adventure Rafting” dengan dua pilihan rute pengarungan yaitu lintasan 12 km dan 7 km.

A. Paket Family Rafting Cisadane

family rafting cisadane
leisure sports

Family Rafing adalah aktivitas pengarungan aliran sungai yang berjeram untuk rekreasi dan kesenangan, dilakukan bersama keluarga dengan perahu karet sebagai moda transportasinya. Kegiatan ini termasuk pada gendre rekreasi air dan wisata petualangan yang menyenangkan dan aman untuk dilakukan bersama dengan seluruh anggota keluarga.

PaketHarga
Paket Family Rafting (7 Km)
Include :
– Star point di Cisadane Caringin Bogor
– Peminjaman peralatan rafting
– Transfortasi lokal
– Makan siang dan snack break
– Kelapa muda
– Guide / Pemandu
Rp. 250.000,- / orang
Table-2 : Paket Family Rafting Cisadane 2023

B. Paket Adventure Rafting Cisadane

adventure rafting cisadane

Adventure Rafting merupakan paket arung jeram sungai Cisadane dengan menggunakan perahu rafting, mengarungi arus sungai yang berjeram sepanjang 12 kilometer untuk kelompok umum dan perusahaan. Adventure rafting biasanya menjadi bagian muatan dari kegiatan outing kantor atau gathering perusahaan yang bertemanakan petualangan.

PaketHarga
Paket Adventure Rafting (12 Km)
minimal peserta sebanyak 15 orang
Include :
– Star point di Cisadane Caringin Bogor
– Peminjaman peralatan rafting
– Transfortasi lokal
– Makan siang dan snack break
– Kelapa muda
– Guide / Pemandu
Rp. 275.000,- / orang
Table-2 : Paket Advenure Rafting Cisadane 2023

C. Fasilitas Paket Rafting Cisadane

Perlengkapan rafting dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu peralatan pribadi dan peralatan yang dipersiapkan oleh operator rafting atau perusahaan jasa perjalanan wisata arung jeram Cisadane . Peralatan yang sifatnya pribadi harus dipersiapkan oleh setiap peserta seperti pakaian yang nyaman, sepatu atau sandal, dan pelindung tubuh jika diperlukan.

Sedangkan peralatan yang disediakan oleh operator atau perusahaan jasa perjalanan wisata arung jeram Cisadane  meliputi  perahu rafting, life jacket, helm dan lainnya.

1. Dipersiapkan Personal

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama aktivitas rafting, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh setiap personal, yaitu :

  • Pertama, peserta harus membawa pakaian yang tidak mudah menyerap air, seperti kain parasut, quick dry atau pakaian yang berbahan tipis. Hal ini penting untuk menjaga kenyamanan selama beraktivitas di air. Selain itu, peserta juga disarankan untuk menggunakan sandal atau sepatu yang tidak mudah lepas, sehingga tidak ada risiko terjatuh saat berada di atas perahu.
  • Kedua, peserta harus membawa uang seperlunya hanya untuk kepentingan transaksi selama aktivitas. Selain itu, ada baiknya membawa sunblock dan pakaian ganti untuk memastikan kenyamanan selama kegiatan rafting.
  • Ketiga, peserta harus berhati-hati dalam membawa perhiasan berharga, seperti anting, gelang, cincin, atau kacamata. Hindari membawa perhiasan yang tidak terikat dengan tali untuk menghindari risiko kehilangan saat beraktivitas di air.
  • Terakhir : Ada beberapa alat pelindung tubuh yang direkomendasikan untuk digunakan saat rafting, seperti knee brace, pelindung siku, kaos tangan Neoprene, sepatu Neoprene, atau sandal air.

2. Dipersiapkan oleh Operator rafting

Dalam melakukan aktivitas rafting, ada beberapa peralatan yang sangat penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan wisatawan seperti helm, tali lempar, tas pelindung, dan peralatan P3K. Peralatan-peralatan tersebut dipersiapkan oleh operator rafting maupun perusahaan jasa penyelenggara wisata rafting. 

  • Perahu Rafting ; Perahu yang digunakan untuk aktivitas rafting dapat menampung hingga 4 hingga 10 orang tergantung ukuran perahunya. Perahu rafting terbuat dari bahan berkualitas yang sangat kuat, yaitu bahan karet yang disebut raft. Terdapat dua jenis raft yang digunakan, yaitu Non self Bailing dan Self Bailing. Perahu Non self Bailing tidak dilengkapi dengan lubang pembuangan air, sehingga diperlukan ember untuk membuang air yang masuk. Sedangkan perahu Self Bailing memiliki lubang-lubang untuk pembuangan air.
  • Pelampung; Pelampung merupakan alat yang sangat penting dalam aktivitas rafting. Saat seseorang terlempar atau jatuh ke air, pelampung dapat membantu untuk tetap terapung dan mempermudahkan proses penyelamatan diri. Selain itu, pelampung juga efektif untuk melindungi tubuh dari benturan dengan benda keras. Ada beberapa jenis pelampung yang dilengkapi dengan pelindung tubuh hingga leher. Penting untuk memastikan bahwa pelampung tersebut tidak terlalu longgar atau terlalu kencang agar tetap aman dan nyaman digunakan.
  • Dayung; Dayung merupakan alat yang digunakan untuk mengendalikan laju perahu saat rafting. Dayung membantu untuk mengarahkan perahu bergerak maju, belok, mundur, atau berhenti. Kekuatan dan berat dayung sangat penting untuk memastikan manuver yang lancar. Dayung terbuat dari fiber, kayu, plastik, ataupun aluminium. Dayung dari plastik dan aluminium lebih disarankan karena lebih ringan dan bisa terapung di air. Ujung dayung memiliki bentuk huruf T dan gagang terbuat dari aluminium. Panjang dayung berkisar antara 150 hingga 170 cm, tergantung dari peserta rafting.
  • Helm :  adalah alat pelindung kepala yang penting digunakan dalam aktivitas rafting. Fungsinya adalah untuk melindungi kepala dari benturan dengan benda keras seperti bebatuan atau benuran antar peserta. Helm yang baik harus memiliki desain yang memenuhi standar keamanan dan memiliki fitur yang dapat menjamin kenyamanan pemakai. Ukuran helm harus sesuai dengan ukuran kepala, dan tali pengikatnya harus diletakkan sedikit longgar sekitar dua jari dari dagu. Ini penting untuk memastikan bahwa helm tidak terasa terlalu kencang atau terlalu longgar, karena hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan pemakai. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih dan menggunakan helm dengan tepat untuk memastikan keselamatan dalam aktivitas rafting.
  • Tali lempar. Tali ini berguna sebagai alat penyelamatan pada saat dibutuhkan. Contohnya, jika seseorang terjatuh ke dalam sungai dan kesulitan untuk menyelamatkan diri, maka tali lempar dapat dilemparkan ke arah orang tersebut sehingga mereka dapat memegangnya dan mempermudah proses penyelamatannya.
  • Tas kedap air (Dry bag); tas pelindung untuk melindungi barang-barang pribadi peserta dari air. Tas ini diikatkan pada perahu sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang yang tidak boleh terkena air, seperti peralatan P3K, kamera, telepon, dan dompet. Demi keamanan, peserta disarankan untuk tidak membawa barang-barang yang tidak perlu selama perjalanan rafting dan menitipkannya kepada petugas.
  • P3K kit : adalah suatu alat yang sangat penting bagi setiap orang yang melakukan aktivitas luar ruaangan. Peralatan ini disediakan oleh operator rafting atau perusahaan jasa perjalanan wisata dan harus dibawa sepanjang waktu selama pengarungan. Bagi peserta yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, disarankan untuk membawa peralatan P3K atau obat pribadi yang disarankan oleh dokter mereka. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk memastikan bahwa mereka memiliki peralatan P3K yang memadai dan dapat membantu mereka dalam mengatasi situasi darurat saat melakukan rafting.

Tips dan Trik Rafting Cisadane

arung jeram dan rafting cisadane

A. Persiapan sebelum rafting Cisadane

1. Kondisi Tubuh Yang Sehat

Kondisi tubuh yang sehat sangat penting bagi mereka yang akan mencoba rafting untuk pertama kalinya. Arus sungai Cisadane yang deras dapat membahayakan bahkan jika seseorang memakai baju pelampung. Oleh karena itu, memiliki kondisi fisik yang baik sangat penting agar dapat melakukan manuver dan mengikuti petunjuk pemandu arung jeram Cisadane. Kemampuan berenang juga penting untuk memastikan keselamatan.

2. Pakaian dan Aksesoris yang Tepat

Pakaian dan alas kaki yang sesuai dan nyaman sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan saat rafting. Hindari memakai pakaian dan perhiasan yang tidak praktis seperti celana jeans, kemeja, dan sandal jepit. Alangkah baiknya memakai kaus, celana pendek, legging, dan sandal gunung yang nyaman dan cocok untuk aktivitas outdoor.

Jangan lupa membawa sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Bawa juga air mineral dan makanan ringan sebagai cadangan energi, karena rafting membutuhkan banyak energi dan stamina selama pengarungan.

3. Alat dan Perlengkapan Safety

Sebaiknya selalu mengikuti instruksi pemandu dan memakai peralatan safety yang sesuai dan benar. Jangan membuka peralatan safety seperti rompi pelampung atau helm selama rafting. Mematuhi aturan dan instruksi pemandu merupakan hal penting dalam rafting Cisadane agar berjalan dengan lancar dan aman.

Pastikan untuk memakai sepatu khusus rafting untuk memudahkan bergerak dan melindungi kaki. Pemandu akan memberikan bantuan dan panduan untuk memastikan perlengkapan yang dikenakan sudah sesuai dan nyaman. 

4. Pemanasan Sebelum Rafting

Pastikan melakukan pemanasan sebelum rafting untuk mempersiapkan tubuh menghadapi guncangan dan mencegah cidera. Gerakan ringan seperti rentang, tekuk kaki, pemanasan leher, dan lari-lari kecil bisa dilakukan sebagai pemanasan. Ini akan membantu meningkatkan fleksibilitas dan meminimalisir risiko cidera.

B. Dalam pengarungan sungai Cisadane

arung jeram dan rafting cisadane

1. Ikuti Instruksi Pemandu dan Koordinasikan dengan Rekan Rafting

Pemandu akan memberikan petunjuk tentang arah dan posisi yang benar dalam berarung jeram serta memberikan perintah seperti “all forward” atau “all backward” terutama saat melewati bagian sungai yang deras. Konsentrasilah dan fokuskan pada pengarungan, jika membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk meminta kepada pemandu.

2. Posisi Duduk Dalam Perahu

Posisi duduk saat berwisata rafting Cisadane sangat penting untuk diperhatikan. Pengarung harus berada ditepi perahu agar lebih mudah menjaga keseimbangan dan memudahkan dalam membawa perahu. Biasanya, guide yang akan menentukan posisi duduk yang tepat untuk memastikan keseimbangan perahu berjalan dengan baik.

3. Mendayung Perahu

Dayung harus diambil dengan benar dan digerakkan dengan kekuatan tangan. Guide yang akan menemani selama pengarungan, bukan hanya sebagai pemandu, juga akan membantu menyeimbangkan agar laju perahu terkontrol. Guide akan memberikan instruksi mendayung yang tepat, jika tidak diikuti dengan benar, bisa jadi perahu akan terbalik.

4. Instruksi Pengarungan

Sebelum memulai perjalanan wisata rafting, guide akan memberikan petunjuk dan instruksi yang harus dipahami dan diterapkan saat pengarungan sungai Cisadane. Instruksi ini meliputi bagaimana bergerak maju, mundur, belok ke kiri atau kanan, berhenti mendayung, berganti posisi duduk untuk menyeimbangkan laju perahu, dan menghindari jeram yang ada di sungai.

5. Tetap Tenang Saat Jatuh ke Sungai

Kalau perahu terbalik, jangan memegang tali atau bagian dari perahu yang terbalik karena bisa membahayakan. Fokuslah pada bagian bawah perahu dan keluarlah kepala dari air. Siapkan diri untuk berenang menuju tepian atau tempat yang aman. Pemandu akan segera datang untuk memberikan bantuan dan memastikan kamu selamat dan aman.

Penginapan di Sekitar Cisadane Rafting

Dalam sebuah gathering perusahaan atau outing kantor, aktifitas rafting dapat menjadi muatan yang tidak dapat terpisahkan dari alur kegiatan secara keseluruhan. Aktivitas ini seringkali disatukan dengan aktivitas lainnya seperti outbound, offroad, paintball.

Dalam kegiatan gathering perusahaan 2 hari 1 malam dengan konten nya rafting di Cisadane, maka beberapa resort dan hotel dibawah ini dapat dijadikan sebagai tempat menginap peserta rafting Cisadane, berikut ulasannya :

A. Resort 5G Caringin

penginapan untuk rafting cisadane

5G Resort menyediakan berbagai fasilitas guna memenuhi kebutuhan wisatawan yang menginap ketika melakukan arung jeram di sungai Cisadane – Caringin, seperti kolam renang outdoor, taman bermain untuk anak-anak, lapangan tempat berkumpul dan bersantai di gazebo, dll. Resort yang berada tidak jauh dari lokasi tempat rafting Cisadane ini dilengkapi dengan fasilitas meeting room berkapasitas hingga 100 orang.

B. Santa Monica

penginapan untuk rafting cisadane

Santa Monica Resort adalah sebuah penginapan yang dikelilingi oleh hutan pinus dalam area konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Perhutani. Berlokasi di Jl. Caringin – Cilengsi, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Penginapan ini memiliki suasana yang hening, sejuk, dan hijau dengan alam yang masih asri di kaki gunung Pangrango.

Santa Monica Resort memiliki 2 penginapan yaitu Santa Monica Resort-1 dan Santa Monica Resort-2 yang saling bersebelahan. Resort ini sangat ideal / cocok untuk family gathering, outing dengan muatan kegiatannya adalah rafting Cisadane ataupun outbound. 

Penginapan Santa Monica ini dilengkapi dengan banyak fasilitas, termasuk kolam renang luar ruangan dan tempat tidur yang nyaman. Kapasitas penginapan untuk 1 hari kegiatan dalam event family gathering atau outing adalah +600 orang, sedangkan untuk kegiatan menginap atau 2D1N dapat menampung sekitar 300 – 400 orang.

C. Taman Bukit Palem Pancawati

penginapan untuk rafting cisadane

Taman Bukit Palem Resort menyediakan berbagai fasilitas untuk aktivitas olahraga dan rekreasi bagi para tamu, seperti flying fox, paintball, memancing, jogging track, dan masih banyak lagi. Taman Bukit Palem Resort  merupakan tempat yang tepat untuk mengadakan kegiatan family gathering dengan Rafting Cisadane sebagai muatannya, outing kantor, dan outbound bagi karyawan perusahaan dan keluarga.

Dengan lokasinya yang berada di kaki gunung dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang hijau nan sejuk, Taman Bukit Palem Resort menawarkan suasana yang tenang dan damai bagi para tamunya. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan di Taman Bukit Palem Resort akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

D. Villa Ratu Cikereteg

penginapan untuk rafting cisadane

Villa Ratu memiliki kamar-kamar penginapan yang terdiri dari 4 tipe kamar, yaitu standard room, deluxe room, family room, dan VIP room. Semua kamar memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman, seperti AC, TV, kamar mandi dalam, dan akses Wi-Fi gratis. Terdapat juga gazebo dan taman bermain untuk anak-anak.

Villa Ratu menawarkan suasana yang tenang dan asri dengan konsep back to nature. Kebersihan dan kenyamanan kamar sangat terjaga dengan baik, membuat pengalaman menginap di Villa Ratu sangat menyenangkan. 

Untuk memaksimalkan pengalaman pengunjung, Villa Ratu menawarkan berbagai paket outing dan family gathering dengan program yang menarik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti dengan muatan Rafting Cisadane. 

E. Villa Bukit Pinus Pancawati

penginapan untuk rafting cisadane

Villa Bukit Pinus Pancawati adalah tempat yang sempurna untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti family gathering dengan muatan outbound dan rafting Cisadane, dan kegiatan lainnya. Terdapat 36 unit kamar, bungalow, dan barak villa yang dapat menampung hingga 300 orang.

Fasilitas yang tersedia, seperti kolam renang, ruang meeting, playground, flying fox, cargo net, dan lainnya, membuat pengalaman menginap para wisatawan akan menjadi lebih memuaskan. Resort ini terletak di Kampung Legok Nyenang, Jalan Ciderum-Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor dan dikelilingi oleh hutan pinus merkusii. Setiap kamar di Villa Bukit Pinus Pancawati dilengkapi dengan teras dan balkon yang cukup luas serta mampu menampung 12 orang per unit.

Mengenal Sungai Cisadane

arung jeram dan rafting cisadane

A. Mata air sungai Cisadane

Sungai Cisadane adalah aliran yang berasal dari mata air Gunung Kendeng. Sungai ini memiliki hulu yang berada di lereng-lereng Gunung Pangrango dan beberapa anak sungainya berawal di Gunung Salak di Jawa Barat. Sungai Cisadane bermuara di sekitar Tanjung Burung di provinsi Banten dan melintasi sisi barat Kabupaten Bogor seerta kabupaten Tangerang.

B. Grade sungai Cisadane

Grade 3+ pada Sungai Cisadane menawarkan pengalaman pengarungan jeram yang lebih menantang bagi para penyuka wisata petualangan. Jeram-jeram pada grade ini tidak beraturan, dengan lebar sungai yang menyempit dan jeram yang dapat membalikkan perahu. Oleh karena itu, dibutuhkan pemantauan dan arahan untuk melewati jeram ini.

Di Sungai Cisadane, rafter akan menemukan pusaran arus yang kuat dan deras, namun dapat dilewati dengan mudah melalui beberapa manuver. Bagi rafter yang terjatuh dari perahu, masih dapat melakukan self rescue. Namun, untuk memperkecil resiko, rescuer sering diterjunkan pada grade ini. Dengan kondisi dan tingkat kesulitan seperti ini, petualangan rafting di Sungai Cisadane akan menjadi lebih memuaskan dan menantang.

Lokasi Highland Rafting Cisadane

Dari Jakarta 

  • Ambil Jl. Tol Jagorawi lalu masuk Jl. Tol Bocimi / Jl. Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi, keluar pintu Tol Caringin, ikuti ke Jl. Mayjen H.R. Edi Sukma / Jl. Raya Ciawi – Sukabumi. 
  • Tetap Jl. Mayjen H.R. Edi Sukma/Jl. Raya Bogor – Sukabumi, Belok kanan di Pasir Muncang, lanjut mengemudi ke Jl. Pasir Muncang di Muara Jaya, ikuti sehingga ketemu dengan Highland Rafting Cisadane

Dari Sukabumi.

Melalui Jl. Raya Bogor – Sukabumi/Jl. Mayjen H.R. Edi Sukma menuju arah Ciawi, belok kiri di Pasir Muncang, lanjut mengemudi ke Jl. Pasir Muncang di Muara Jaya, ikuti sehingga ketemu dengan Highland Rafting Cisadane.

FAQ Rafting Cisadane

arung jeram dan rafting cisadane
Q : Apakah Rafting Cisadane cocok untuk Keluarga?

A : Ya, Rafting Cisadane cocok untuk keluarga, pemula maupun yang sudah berpengalaman. Kami menyediakan pemandu dan pelatihan yang memadai untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pelanggan.

Q : Apa pilihan paket Rafting Cisadane

A : Terdapat dua pilihan paket Rafting Cisadane yaitu 1. Family Rafting adalah paket arung jeram Cisadane  yang dikhususkan untuk wisata keluarga berbasis petualangan, dan 2. Adventure Rafting merupakan kegiatan arung jeram untuk kelompok dewasa dan perusahaan.

Q : Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan rafting di Cisadane?

A : Durasi rafting di Cisadane biasanya berkisar antara 2-3 jam tergantung pemilihan rute pengarungan nya. Di sungai Cisadane terdapat 2 rute lintasan arung jeram Cisadane , satu memiliki lintasan sepanjang 7 Km dan kedua berjarak 12Km.

Q : Bagaimana cara untuk melakukan pemesanan paket Rafting Cisadane?

A : Pemesanan paket Rafting Cisadane dapat dilakukan melalui website Highland Adventure atau melalui Hotline dan WhatsApp kami di nomor +62 811-1200-996.

Q : Apakah perlu memiliki pengalaman rafting sebelumnya untuk melakukan rafting di Cisadane?

A : Tidak, meskipun pengalaman rafting sebelumnya akan membantu, namun pemandu rafting akan memberikan instruksi dan bantuan selama aktivitas rafting sehingga orang yang belum pernah melakukan rafting sebelumnya pun bisa menikmati petualangan ini.

Q : Apakah perlu membawa perlengkapan khusus untuk melakukan rafting di Cisadane?

A : Perlengkapan rafting seperti pakaian berenang, life jacket, dan topi akan disediakan oleh kami, namun disarankan membawa pakaian ganti dan sunblock untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Simpulan Rafting Cisadane

arung jeram dan rafting cisadane

Sungai Cisadane menawarkan pengalaman rafting bagi para penyuka wisata petualangan dengan dua varian produknya, yaitu “Family Rafting” dan “Adventure Rafting“. Dan, disungai Cisadane juga terdapat beberapa pilihan rute tempuh yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan dan tingkat kesulitan yang diinginkan oleh para rafter, termasuk jalur populer seperti 12 Km dan 7 Km.

Sungai Cisadane dengan start point nya berada di Caringin-Bogor termasuk sungai dengan kategori grade 3+, memiliki spesifikasi jeram yang tidak beraturan dan gelombang yang tidak terduga. Jalur ini memiliki lintasan pengarungan yang menantang dengan arus yang kuat.

Aksesibilitas menuju spot rafting di Caringin tidak terlalu jauh dari Jakarta dan kota-kota sekitarnya, hanya sekitar satu jam lebih perjalanan dari Medan Merdeka melalui Jagorawi – Bocimi dan keluar di Pintu Tol Caringin.


This entry was tagged rafting cisadane and arung jeram cisadane, rafting di cisadane, arung jeram di cisadane, paket rafting cisadane, paket arung jeram di cisadane, tips arung jeram.