Jelajah wisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Paket Wisata – Konon katanya “Pegunungan Halimun di cipta ketika Tuhan sedang tersenyum”. Ungkapan termaktub mungkin didasarkan pada  presepsi para penjelajah alam ataupun masyarakat (setempat ataupun non lokal) yang terpesona akan keindahan alam pegunungan Halimun. Dan, akupun terpesona.

Nama kecilku Kiade, aku mengenal pegunungan Halimun semenjak dikenalkan oleh seorang aktivis lingkungan pada suatu waktu di jaman sang dosen menulis di white board dengan spidolnya, dan semakin hari ketakjuban atas Halimun menjadi sebuah ketakutan, takut akan pesona Halimun tercabik-cabik oleh aku sendiri sebagai penggiat dan penggiat wisata ramah (sebagian orang menyebutnya dengan sustainable tourism) yang banyak menjelajah pelosok-pelosok belantara Halimun bersama para peneliti, NGO, akademisi, dan para pelancong bekulit putih, sawo matang ataupuan hitam.    

Dan penjelajahan kali ini, aku akan membawa pada literatur paket wisata minat khusus di Taman Nasional Halimun Salak dengan kajian umum, karena secara khusus, nantinya akan menjadi artikel tersendiri seperti pada artikel Jelajah suku pedalaman di Indonesia, seri Baduy dalam, yang membahas pesona masyarakat baduy dalam kawasan Pegunungan Halimun (Gunung Kendeng) atau artikel Hiking ke Kawah Ratu Gunung Salak via jalur perawan yang mengupas tentang perjalanan petualangan ke Kawah Ratu dalam kawasan Taman Nasioanl Gunung Halimun Salak.

Perlu diketahui bahwa data dan artikel dibawah ini merupakan kumpulan catatan penulis tentang wisata minat khusus dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan zona-zona penyangganya. Beberapa data dan catatan-catatan dalam artikel ini sebelumnya telah di publis sebelumnya pada situs wisata halimun yang merupakan bagian dari Highland Indonesia Group yang berfokus dalam menangani perjalanan wisata minat khusus dalam gugusan pegunungan Halimun  dalam dan gunung Salak.

Paket wisata di pegunungan Halimun dan gunung Salak

Paket Wisata – Kata Halimun mengacu pada sebuah gunung dengan ketinggian 1.929 Mdpl dan atau mengacu pada gugusan hutan hujan dataran rendah yang masih terjaga keasriannya, berada di bagian barat pulau Jawa. Pun Halimun merupakan tempat tinggal masyarakat adat yang masih memegang teguh budaya sunda wiwitan warisan kerajaan Pajajaran dengan rajanya pada saat itu adalah Prabu Siliwangi, antara lain Kasepuhan Banten Kidul dan masyarakat Baduy. Sementara secara etimologi, Halimun berarti kabut dalam padanan bahasa Sunda.

Karena kekayaan alam, budaya, dan pesona kearifan lokal mansyarakat yang menetap dalam pegunungan Halimun, itu menyebabkan tingkat permintaan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara meningkat, seiring dengan berkembangnya desa-desa wisata di zona penyangga Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Hal lain yang berpengaruh adalah karena terjadinya pergeseran pasar misata massal ke wisata Minat Khusus. Dan, dibawah ini adalah 4 paket wisata minat khusus yang populer dikalangan wisatawan, etrutama wisatawan mancanega dan ekspatriat, yaitu : Halimun Adventure Journey, Halimun Lembur Experience, Halimun Adventure ethnic, dan Halimun Wildlife and Nature.

Halimun Adventure Journey; wisata petualangan di Taman Nasional Halimun

Paket Wisata – Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan sebuah rangkaian kegiatan perjalanan petualangan di alam bebas yang diikuti proses pengkayaan pengetahuan secara learning maupun enriching. Paket wisata ini berpijak pada metode adventure learning based dimana aktivitas fisik, olah emosi dan pikir mendominasi setiap sesi pada alur kegiatan journey. Aktivitas wisata Halimun adventure journey lebih memanfaatkan potensi sumber daya dukung permanen dan buatan seperti hutan Halimun, terasering , Perkebunan teh Nirmala Agung, dls.

Halimun Adventure Journey memiliki beberapa versi paket yang nantinya akan disesuaikan dengan minat terdalam seorang wisatawan ketika merencanakan perjalanan wisata di Halimun. Saat ini paket perjalanan wisata yang bersifat umum ada 3 krateria yaitu wisata dengan durasi waktu 2 hari 1 malam bertemakan “with camp+“, paket tour berdurasi 3 hari 2 malam dan paket tour dengan durasi 4 hari 3 malam dengan tema Amazing Journey+. Semakin lama durasi journey atau perjalanan wisata, maka anda akan menemukan kedalaman dari sebuah petualangan, baik kedalaman secara materi wisata, ataupun destinasinya.

Halimun Adventure Journey adalah tindakan perjalanan berpetualang dan atau berwisata yang dilakukan dalam gugusan pegunungan Halimun guna menikmati keindahan bentang alam dan atau atraksi wisata alam dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa.

-Kiade

Paket ekowisata di pegunungan Halimun

Ekowisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Paket Wisata – Paket yang berdurasi 2 hari 1 malam ini sudah termasuk wisata alam, wisata agro dan wisata petualangan, dengan menelusuri sungai, bermain di curug piit, trekking hutan dan susur sungai serta menginap di tenda camp ataupun di perkampungan yang berada enclave Nirmala yang Agung atau berada dalam jantungnya Halimun. Pada perjalanan wisata ini, anda akan menjadi menjadi bagian dari untaian symponi yang menakjubkan dimana aktivitas fisik dan olah emosi anda akan berpadu peran dengan instrumen-instrumen hutan.

Paket penjelajahan menuju kawah Ratu gunung Salak via jalur perawan

hiking kawah ratu gunung salak
Hiking ke Kawah Ratu gunung Salak

Paket Wisata – Kawah Ratu merupakan kawah terbesar yang berada di gunung Salak, berada pada ketinggian 1.437 meter diatas permukaan laut. Untuk mencapainya, anda dapat melalui jalur Desa Wisata Ciasihan, menempuh perjalanan sekitar 90 s/d 160 menit, dengan perjalanan menanjak, melewati jalanan setapak, berbatu dan terkadang melewati sungai kecil karena jalur ke Kawah Ratu via jalur perawan merupakan jalur basah. Read More ; Hiking ke Kawah Ratu Gunung Salak via jalur perawan.

Paket penjelajahan air terjun di gunung Salak

Penjelajahan air di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Paket Wisata – Menelusuri aliran sungai yang langitnya dipenuhi oleh kelalawar yang berterbangan diantara lorong itu, lorong yang dipenuhi oleh sorotan cahaya mentari pagi menembus rapatnya tajuk tegakan lalu menyinari tebing kecoklatan yang berhiaskan Sphagnum alga salaka dimana anda dapat menyusur sungai berair hijau tosca menuju air terjun Curug Cipetey.

Paket perjalanan wisata menuju peradaban tua situs Cibalay

Jelajah peradaban tua di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Paket Wisata – Anda akan menelusuri hutan, melewati lembah dengan air terjun sebagai penghias perjalanan menuju sebuah peradaban tua yang diduga berasal dari tahun 2000 SM. Situs megalitikum yang berada di puncak bukit itu begitu mempesona. Keindahan alam dan kekayaan TNGHS yang menjadi suguhan dari lerengan barat puncak Salak dua dalam mengisi petualangan anda di camp Halimun.

Wisata petualangan menembus gunung Halimun dengan rafting

Pengarungan jeram menembus belantara pegunungan Halimun

Paket Wisata – Arung jeram hanyalah satu diantara banyak perjalanan wisata di Desa Wisata Kiarasari, beragam aktivitas wisata seperti trekking hutan, bermain di air terjun, melihat proses pembuatan kriya ethnic, wisata Agro, wisata kuliner beras hitam, atau sebatas menikmati menu liwetan di pojokan sawah akan menjadi suguhan petualangan anda sebelum pesta jeram ataupun atau sebelum pulang pesta jeram.

Live in di perkampungan dalam Taman Nasional Halimun

Penulis dalam suasana Live in di desa Halimun

Paket Wisata – Enclave Ciwalen tanpa tersentuh oleh arus listrik PLN. Bola lampu yang sebentar menyala dan terkadang meredup itu di aliri dari turbin tua yang berputar di ujung sungai, berputar tergantung debit arus air yang mengalir. Arsitektur rumah bergaya sunda berjejer dengan rapi, memberi kesan unik, dan keramahan sang tuan rumah disuatu malam di sudut dapur itu sepertinya terbentuk dari tempaan alam, keramahan mereka adalah pesona.

Halimun Lembur Experience

Paket Wisata – Paket wisata Halimun Lembur Experience Merupakan rangkaian wisata edukasi, dimana wisatawan turut berinteraksi secara langsung dalam aktivitas keseharian penduduk sunda yang mendiami gugusan halimun seperti berkesenian, bertani dan berkerajinan. Wisata ini bertujuan untuk menambah wawasan lingkungan dan pengetahuan dalam suasana pedesaan yang tergambar dalam sistem adat istiadat, pola kebudayaan, kearifan lokal serta kehidupan masyarakat desa yang agraris dalam suasana yang menyenangkan dan penuh kenangan.

Pada wisata pro edukasi Halimun Lembur Experience ini memiliki beberapa turunan wisata, yaitu paket yang berdurasi 2 hari 1 malam, 3H2M, 4H3M ataupuan one day trip. Pun pada paket Halimun Lembur Experience, obyek atraksi wisata dan destinasinya dapat di parsial-kan / dipecah dalam beberapa fokus tema wisata agar terjadinya pendalaman pada wisata edukasi ini, seperti fokus hanya pada agrowisata, wisata kreatif gula aren, wisata kreatif pembuatan kerajinan khas penduduk Desa Wisata Malasari. Pemecahan ini dimaksudkan untuk mengakomodir keterbatasan waktu kunjungan ataupun dengan tujuan untuk mematangkan pengetahuaan dan kebisaan / keahlian dalam bidang tertentu.

Halimun Lembur Experience adalah suatu kegiatan wisata seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang dihasilkan dari partisipasi dan interaksi secara langsung antara wisatawan dan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa atau kegiatan bertani, berkerajinan dan berkesenian yang dilakukan di kampung-kampung adat dalam gugusan Halimun.

-Kiade

Eduwisata ; Live in di Taman Nasional Halimun

Paket Wisata – Merupakan sebuah paket wisata edukasi yang berdurasi 2 hari 1 malam. Dalam paket ini, wisatawan akan melakukan perjalanan wisata yang bertujuan guna mendapatkan pengalaman belajar secara langsung pada bidang pertanian, kreatif warga dan budaya. Paket wisata minat khusus ini diperuntukan bagi kalangan mahasiswa, pelajar dan peminat wisata pedesaan.

Paket wisata pendidikan ; Live in di zona penyangga Taman Nasional

Paket Wisata – Selain memiliki muatan wisata edukasi, pada paket wisata Halimun lembur experience yang berdurasi 2 hari 1 malam ini ditambahakan pula kegiatan ekowisata. Petualangan di dalam hutan Halimun dengan beragam kekayaan nya merupakan perjalanan penuh muatan pengetahuan alam selain interaksi antara wisatawan dengan kebiasaan aktivitas warga.

Halimun Adventure Ethnic ; perjalanan wisata menembus dua massa

Wisata budaya di kasepuhan Ciptagelar

Paket Wisata – Halimun Adventure Ethnic yang di singkat HADE, merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan di kampung-kampung adat dan suku sunda tua yang berada dalam gugusan pegunungan Halimun guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta menikmati keagungan tradisi / budaya yang masih kental dengan tradisi yang diwariskan leluhur. Read More : Jelajah suku pedalaman di Indonesia, seri jelajah suku Baduy Dalam.

Merupakan wisata petualangan berbalut Budaya, menghadirkan perilaku adat yang berbaur dalam keindahan alam di suku masyarakat sunda wiwitan yang bermukim dalam gugusan pegunungan Halimun dengan keragaman pesona kearifan lokal yang masih terselimuti misteri kabut Halimun.

-Kiade

Menyibak kekayaan wisata budaya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Seren tahun di kasepuhan Ciptagelar Halimun

Paket Wisata – Halimun Adventure Ethnic dilakukan dalam perkampungan / suku adat sunda, maka secara filosofis Halimun adventure Ethnic mengusung nilai-nilai kesundaan dalam layanan pariwisata, yaitu “Someah HADE ka semah, HADE ku tata, HADE ku Basa tur HADE ku soca”. secara bahasa HADE berarti bagus, benar dan akur. “Someah hade ka semah, hade ku basa, hade ku tata tur hade ku soca” dalam paket wisata Halimun Adventure Ethnic dapat dimaknakan memberikan layanan terhadap wisatawan dengan keramahan, kesopanan, dengan perencanaan yang matang serta menunjukan hal-hal yang indah yang enak dipandang oleh wisatawan.

Halimun Wildlife and Nature

Jelajah wisata pada kedalaman Taman Nasional Gunung Halimun

Paket Wisata – Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Simpulan jelajah wisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Paket Wisata – Pegunungan Halimun yang begitu mempesona karena “Tuhan menciptakan Halimun ketika sedang tersenyum” saat ini sedang menjalani takdirnya sebagai salah satu venue wisata alam terbaik di Indonesia dengan beragam paket wisata yang dihadirkan oleh para penggiat dan pengiat pariwisata minat khusus. Namun, jangan nodai keindahan Halimun dengan keisengan kalian! 


This entry was tagged in taman nasional gunung halimun salak and berkemah, mendaki, air terjun, trekking, arung jeram, pengamatan satwa liar, perkebunan teh, hutan hujan dataran rendah, hutan pegunungan rendah, hutan pegunungan tinggi, wisata di taman nasional, wisata halimun, ekowisata halimun, wisata taman nasional, jelajah taman nasional, adventure di taman nasional, taman nasional, paket wisata di taman nasional halimun, halimun adventure journey, wisata petualangan di taman nasional halimun, taman nasional halimun salak, taman nasional halimun gunung salak, taman nasional halimun bogor, taman nasional halimun salak bogor