Family Rafting

family rafting cisadane

Family Rafting – Bagi keluarga yang belum pernah melakukan pengarungan sungai Cisadane, aktifitas Rafting kesannya hanya diperuntukan bagi kelompok dewasa yang menyukai petualangan dan tantangan. Namun anggapan itu tidak semuanya benar.

Di Cisadane terdapat beberapa perusahaan rafting yang ramah keluarga. Rafting yang dapat memberikan kesempatan kepada seluruh anggota keluarga untuk mengambil dayung, lalu mengayuh dan mengarungi sungai serta melewati jeram-jeram yang menantang. 


Go Adventure

+62 811-1600-038

Whatsapp


Rafting Keluarga – Arung jeram sebagai kegiatan rekreasi dikenal sejak tahun 1811 saat pengarungan pertama dilakukan di Snake River, Wyoming USA. Pada saat itu, kegiatan pengarungan dilakukan tanpa pelatihan terlebih dahulu, pengalaman, atau peralatan yang tepat. Namun, pada 9 Juni 1940, Clyde Smith memimpin ekspedisi pengarungan yang sangat sukses dan membuktikan bahwa arung jeram bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan aman.

Dan, pengarungan sungai di Indonesia dimulai pada tahun 1970-an dengan istilah “Olah Raga Arus Deras (ORAD)”. Kegiattan ini dipelopori oleh WANADRI dan MAPALA UI. Olah raga air ini mulai ramai dan populer sebagai kegiatan petualangan.

Pada tahun 1975, WANADRI mengadakan Citarum Rally I, sementara Mapala UI mengembangkan olah raga ini dengan nama arung jeram.

Arung jeram saat ini tidak hanya di nikmati oleh para pencinta alam. Sejak tahun 1990, kegiatan ini berkembang menjadi atraksi wisata populer yang banyak dinikmati oleh berbagai kalangan. Bahkan, sebuah keluarga kecil dapat menikmati pengarungan sungai dengan aman dan nyaman.

Family rafting menawarkan kepada sebuah keluarga akan pengalaman pengarungan di sungai Cisadane Bogor. Memberikan kesempatan kepada pemula hingga seluruh keluarga untuk mengambil dayung lalu mengayuh dan mengarungi sungai serta melewati jeram-jeram yang menantang. Andakah keluarga yang pernah merasakan pengalamannya ?

Tentang Family Rafting

Family Rafting dan rafting keluarga

Family Rafting adalah aktivitas pengarungan pada aliran sungai yang berjeram, dilakukan bersama keluarga dengan perahu raft sebagai moda transportasinya. Kegiatan ini termasuk pada gendre rekreasi air dan wisata petualangan yang menyenangkan dan aman untuk dilakukan bersama dengan seluruh anggota keluarga.

Family rafting dilakukan pada sungai dengan arus yang lebih tenang, setiap anggota keluarga akan dilengkapi oleh pelampung, helm, body protector dan peralatan keamanan lainnya untuk memastikan keselamatan pada saat pengarungan.

Pada awalnya, banyak orang tua yang khawatir bahwa arung jeram bukan kegiatan untuk anak-anak. anggapan Ini mungkin ada benarnya, namun banyak sungai yang cukup tenang dapat digunakan sebagai tempat family rafting, begitupun dengan operator arung jeram banyak memiliki paket-paket untuk keluarga.

Rafting merupakan kegiatan tim work yang dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran kerjasama tim bagi anak-anak, setiap individu dalam keluarga akan bahu membahu secara bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan.

Tidak sebatas mendayung perahu sehingga sampai di garis finis dari titik luncur, pada rafting keluarga setiap orang dalam keluarga dapat membantu dari mulai perencanaan, penyiapan alat-alat rafting hingga bersama-sama mengendalikan perahu ketika pengarungan dilakukan.

Selain untuk kerjasama tim dalam keluarga, rafting bersama keluarga merupakan salah satu cara terbaik dalam menikmati alam dan menyalurkan adrenalin sekaligus bersenang-senang bersama. Perjalanan rafting yang menyenangkan bisa membawa kehangatan dan kebersamaan di antara sesama anggota keluarga.

Rafting menjadi cara dalam menikmati alam yang menyenangkan, seru, dan aman. Aktivitas ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi keluarga untuk menikmati waktu bersama satu sama lain nya dalam satu petualangan menggunakan perahu. Anggota keluarga dapat menikmati keindahan alam, bersama-sama melewati arus sungai, dan menyaksikan berbagai jenis hewan yang terdapat di alam.

Dengan menggunakan kesempatan ini, anggota keluarga dapat menikmati waktu bersama dengan menguji keterampilan, menikmati keindahan alam, dan bersenang-senang bersama. Inilah cara terbaik untuk menikmati waktu bersama keluarga di alam.

Alat Rafting Untuk Keluarga

Rafting Keluarga – Perlengkapan rafting keluarga terbagi menjadi 2 bagian, pertama adalah peralatan pribadi yang disiapkan oleh setiap orang dalam keluarga, dan yang kedua adalah peralatan yang dipersiapkan oleh operator rafting atau perusahaan jasa perjalanan wisata berupa peralatan rafting dan kelengkapan keselamatan.

Perlengkapan pribadi

Family Rafting  – Pakaian dan aksesoris yang sesuai untuk rafting disediakan oleh peserta sendiri. Sebaiknya menggunakan pakaian yang tidak mudah menyerap air seperti kain parasut atau bahan tipis, dan sandal atau sepatu yang tidak mudah lepas.

Uang seperlunya disarankan dibawa untuk kepentingan transaksi, serta membawa sunblock dan ganti pakaian. Hindari membawa perhiasan berharga seperti anting, gelang, cincin, atau kacamata yang tidak terikat dengan tali.

Pakaian rafting keluarga

Family Rafting – Pakaian yang sesuai untuk pengarungan sungai tidak disediakan oleh operator arung jeram ataupun oleh perusahaan jasa perjalanan wisata. Peserta family rafting harus membawa sendiri dan  memakai pakaian yang tepat pada saat pengarungan.

Gunakanlah pakaian atau baju dan celana dari bahan kain yang tidak menyerap air. Karena jika menggunakan pakaian yang menyerap air, itu seperti mengunakan pakaian basah saat rafting. Memakai pakaian basah akan sangat cepat menguras stamina. Pakaian yang di rekomendasi untuk digunakan pada saat rafting adalah terbuat dari bahan seperti polypropylene, wol, polyester, bulu mikro, dan hindarilah menggunakan pakaian dari bahan 100% katun.

Direkomendasi menggunakan pakaian dari Quick Dry, karena Quick Dry adalah teknologi yang diterapkan pada kain sehingga mempunyai kemampuan cepat kering ketika basah. Bahan yang dilengkapi dengan teknologi quick dry bersifat mudah menyerap suhu panas tubuh yang kemudian dibebaskan ke udara sehingga akan terasa sejuk dan nyaman ketika digunakan pada saat rafting.

Begitupun dengan pengaman kaki, hindarilah penggunaan sandal jepit dengan memakai sandal gunung yang memiliki tali kuat agar tidak mudah lepas, atau menggunakan sepatu yang didesain untuk kegiatan air seperti sepatu khusus rafting. 

Perahu Rafting

Family Rafting – Perahu yang digunakan dalam rafting keluarga dapat memuat 4 hingga 10 orang sesuai dengan ukuran perahu tersebut. Perahu karet yang disebut dengan raft ini dibuat dengan bahan berkualitas yang sangat kuat.

Terdapat dua jenis raft yang digunakan, yaitu Non self Bailing dan Self Bailing. Boat Non self Bailing tidak dilengkapi dengan lubang pembuangan air, sehingga perlu disediakan ember untuk membuang air yang masuk. Sedangkan boat Self Bailing dilengkapi dengan lubang-lubang untuk pembuangan air.

Pelampung

Family Rafting – Ketika seseorang dalam keadaan terlempar atau jatuh ke air, baju pelampung dapat membantu peserta untuk tetap terapung dan mempermudahkan tindakan penyelamatan diri. Itulah pentingnya menggunakan pelampung dalam aktivitas arung jeram. 

Selain itu, baju pelampung juga efektif untuk melindungi tubuh dari benturan dengan benda keras. Ada beberapa baju pelampung yang dilengkapi dengan pelindung tubuh hingga ke tengkuk leher. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa baju pelampung tersebut tidak terlalu longgar atau terlalu kencang agar tetap aman dan nyaman digunakan.

Dayung

Family Rafting  – Dayung merupakan peralatan yang digunakan untuk mengendalikan laju perahu. Dayung berguna untuk mengarahkan perahu bergerak maju, belok, mundur, atau berhenti. Kekuatan dan berat dayung sangat penting untuk memastikan manuver yang lancar.

Dayung biasanya terbuat dari kayu, fiber, plastik, atau aluminium. Dayung dari aluminium dan plastik lebih disarankan karena ringan dan bisa terapung di air. Ujung dayung memiliki bentuk huruf T dan gagang terbuat dari aluminium. Panjang dayung berkisar antara 150 hingga 170 cm tergantung dari peserta rafting.

Helm

Family Rafting Keluarga – Menggunakan helm pelindung kepala diwajibkan dalam aktivitas pengarungan sungai. Helm bertujuan untuk melindungi kepala dari benturan dengan benda-benda keras seperti bebatuan atau peserta lainnya.

Helm tersedia dalam berbagai ukuran, pilihlah ukuran yang sesuai dengan kepala pemakai. begitupun dengan kekencangan ketika digunakan harus disesuaikan dengan kenyamanan, sebab jika terlalu kencang akan membuat kepala tidak nyaman. Tali pengikat helm harus diletakkan sedikit longgar sekitar dua jari dari dagu.

Proteksi Anggota Tubuh

Family Rafting  – Gunakanlah alat pelindung tubuh yang berfungsi untuk melindungi anggota tubuh dari potensi terjadinya cedera atau luka pada aktivitas pengarungan jeram.  Beberpa alat pelindung tubuh yang direkomendasi untuk digunakan pada saat rafting adalah knee brace, pelindung siku, kaos tangan Neoprene, sepatu Neoprene atau sandal air.

Alat Keselamatan

Family Rafting Keluarga – Alat keselamatan penting untuk dibawa dan digunakan ketika melakukan rafting untuk memastikan keselamatan pengarung dan melakukan tindakan ketika terjadi kecelakaan dalam pengarungan. Alat-alat tersebut antara lain :

  • Pelampung : Alat ini membantu menjaga keselamatan saat jatuh dari perahu.
  • Helm : Alat ini melindungi kepala dari benturan dan kerusakan.
  • Body protector : Alat ini melindungi tubuh dari benturan dan kerusakan.
  • Peralatan keselamatan lainnya : seperti tali pengikat, Flip line dan Pulley, Tali lempar, Dry bag, P3K dan lainnya.

Sangat penting bagi setiap orang yang melakukan rafting untuk memastikan bahwa mereka memakai semua alat keselamatan yang tersedia dan benar-benar memahami cara menggunakan alat-alat tersebut untuk memastikan keselamatan selama rafting.

P3K

Family Rafting – Peralatan P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan adalah peralatan yang sangat penting untuk membantu mengatasi cedera atau kecelakaan pada saat melakukan aktivitas rafting. Alat-alat ini disediakan oleh operattor rafting attau perusahaan jasa perjalanan wisata dan dibawa setiap saat dalam pengarungan. Bagi peserta yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, disarankan membawa peralatan P3K atau obat pribadi yang disarankan oleh dokter.

Flip line dan Pulley

Family Rafting – Flip Line adalah sebuah tali flip atau ikat pinggang pemandu, terbuat dari sepotong webbing dan karabiner yang dikunci, berfungsi untuk membantu membalikkan raft yang terbalik, atau dapat digunakan  untuk membuat anchor, ikat perahu ataupun harness.

Lainnya adalah Pulley single yang berfungsi sebagai Katrol untuk mendukung pergerakan saat menarik atau mengangkat sebuah beban sehingga pekerjaan manusia bisa lebih mudah, cepat dan efisien.

Tali lempar

Family Rafting – Tali lempar merupakan peralatan penting dalam perahu. Kegunaannya bisa dibutuhkan sewaktu-waktu, terutama sebagai alat penyelamatan. Jika peserta terjatuh ke sungai dan kesulitan menyelamatkan diri, tali bisa dilemparkan ke peserta untuk dipegang dan mempermudah proses penyelamatan.

Tas kedap air (Dry bag)

Family Rafting – Tas pelindung disediakan oleh operator rafting atau perusahaan penyedia jasa perjalanan rafting. Tas ini biasanya dikaitkan pada perahu sebagai bantalan. Tujuannya untuk menyimpan barang-barang yang tidak boleh basah, seperti alat P3K, kamera, telepon, dan dompet peserta. Demi keamanan, barang-barang yang tidak perlu dibawa sebaiknya dititipkan ke petugas dan tidak dibawa rafting.

Peluit

Family Rafting – Pemandu rafting dalam setiap perahu membawa peluit sebagai alat komunikasi saat berada di tengah arus sungai. Peluit digunakan untuk memberikan sinyal kepada perahu lain atau peserta lain, seperti meminta pertolongan, menyampaikan peringatan, atau memberikan arah.

Pompa atau Pump

Family Rafting Keluarga – Perahu karet yang berisi udara memerlukan pengisian ulang apabila tekanan udaranya berkurang. Guide atau pemandu akan mengatasi hal ini dengan menggunakan pompa yang sudah disediakan dalam setiap perahu. Pompa tersebut bisa digunakan dengan cara diinjak atau dipompa dengan tangan.

Harga Paket Family Rafting Bogor

Family Rafting dan rafting keluarga

Rafting Keluarga – Paket family rafting yang kami fasilitasi mencakup peralatan keselamatan yang akan digunakan oleh setiap keluarga pada saat pengarungan seperti pelampung, helm, pelindung badan dan peralatan keamanan lainnya, serta fasilitas lainnya yang dibutuhkan untuk aktivitas rafting dengan aman dan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.

Harga setiap orang untuk dapat mengikuti family rafting sebesar Rp. 250.000,- dengan minimal 5 peserta, Fasilitas yang disediakan untuk keluarga saat rafting adalah :

  • Pengarungan sepanjang 7 kilometer di sungai Cisadane Bogor
  • Peminjaman peralatan rafting
  • Transfortasi lokal
  • Makan siang dan snack break
  • Kelapa muda
  • Guide / Pemandu

Itinerary Family Rafting Cisadane

Itinerary rafting di Sungai Cisadane put in Caringin dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi peserta. Hal ini memungkinkan peserta untuk mengatur jadwal dan aktivitas yang sesuai dengan keinginan. Misalnya, jika peserta ingin melakukan kegiatan outbond seperti trekking atau camping, maka dapat dimasukkan ke dalam itinerary rafting.

Beberapa peserta mungkin ingin merasakan sensasi rafting yang lebih lama, sehingga dapat memilih untuk melakukan kegiatan rafting selama satu hari penuh. Namun, bagi peserta yang memiliki keterbatasan waktu, kegiatan rafting dapat disesuaikan untuk dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.. Selain itu, level kesulitan rafting juga dapat disesuaikan dengan kemampuan peserta. Instruktur rafting akan memilih jalur rafting yang sesuai dengan kemampuan dan keberanian peserta. Peserta juga dapat memilih level kesulitan yang ingin mereka hadapi, mulai dari level dasar hingga level yang lebih tinggi.

Secara umum, Itinerary Family rafting Cisadane dengan mengambil star point nya berada di Highland Adventure Rafting, sebagai berikut:

  • Peserta tiba di lokasi lokasi rafting ( RT.05/RW.04, Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730)
  • Perkenalan dan penyelesaian administrasi
  • Persiapan Rafting (peserta dapat menitipkan barang yang dibawa di basecamp)
  • Menuju lokasi Put IN atau star point
  • Mulai pengarungan, istirahat diselingi refreshment kelapa muda, melanjutkan pengarungan sampai ke lokasi end Point
  • Take out (end point)
  • Peserta di bawa ke basecamp dengan transfortasi lokal
  • Mandi, Makan Siang (disesuaikan paket) dan Istirahat
  • Persiapan pulang dan copy file Video dan foto
  • Sayonara!