Jelajah air terjun

Air terjun – Jelajah air terjun adalah kegiatan menelusuri aliran  sungai yang menghubungkan antara satu air terjun dengan air terjun lainnya untuk sebuah kegiatan rekreasi. Aktivitas jelajah air terjun tergolong dalam  katagori wisata minat khusus berbasis petualangan (adventure tourism), diperuntukan bagi yang memiliki kecenderungan minat, tujuan dan motivasi petualangan, penjelajahan hutan dan air terjun sebagai pemenuhan atas kebutuhan akan sensasi dan minat wisatawan dalam berwisata.

Biasanya, jelajah air terjun dilakukan dalam kawasan hutan dengan aliran sungai yang masih bersih serta alami dan memiliki lingkungan yang eksotis. Aktivitas penjelajahan bukan sebatas hanya untuk merasakan kesegaran aliran air sungai yang mengalir dari satu air terjun ke air terjun lainnya, namun keindahan dan suasana lingkungan yang dihadirkan akan membuat seseorang lebih rilek dan menyenangkan. 

Artikel ini di telah di terbitkan pada situs Highland Indonesia group, dengan judul Jelajah curug Naga: wisata di Puncak Bogor berbasis adventure“.

Whatsapp

Jelajah air terjun di komplek curug Naga Bogor


Air terjun – Jelajah air terjun curug naga merupakan wisata berbasis petualangan (adventure based), kegiatannya dilakukan di empat (4) terjunan air dengan lingkungan yang eksotis pada kawasan pariwisata alam curug panjang, di punggungan barat daya gunung Paseban, Puncak Bogor.

Aktivitas penjelajahan air terjun ini tergolong pada genre / katagori wisata minat khusus atau wisata alternatif berbasis petualangan, diperuntukan bagi anda yang memiliki kecenderungan minat, tujuan dan motivasi petualangan dan penjelajahan hutan, air terjun dengan aman dan nyaman, juga sebagai pemenuhan atas kebutuhan akan sensasi dan minat terdalam wisatawan ketika berkemah di Highland camp curug panjang Bogor.

Kegiatan jelajah curug panjang dilakukan dalam komplek terjunan air yang berada disepanjang hulu sungai Cirangrang / Ciesek Megamendung. Keempat terjunan air yang mempesona dengan lingkungan alam yang eksotis ini merupakan bagian yang terintegrasi dalam obyek daya tarik wisata alam, kawasan pariwisata alam curug panjang. Adalah air terjun curug[1]dalam padanan bahasa sunda, curug berarti air terjun atau terjunan air disebuah badan sungai naga, curug barong, curug priuk, curug orok dan hutan pegunungan bawah (sub-montana) dalam kawasan Highland camp sebagai obyek petualangan dan penjelajahannya.

Pengetahuan dasar dan keselamatan dalam penjelajahan air terjun

Air terjun – Karena jelajah curug naga termasuk pada katagori olahraga arus deras  (ORAD) dan wisata petualangan (adventure tourism) yang mensyaratkan kesiapan fisik, mental dan pengetahuan dasar tentang keselamatan dan perlengkapan keselamatan, selain pengetahuan dasar atas obyek wisata itu sendiri. Maka, sebelum melakukan aktivitas petualangan dan penjelajahan air terjun, team Highland Adventure[2]adalah divisi dari Highland Indonesia group yang secara khusus menangani kegiatan-kegiatan adventure akan memberikan pengetahuan dasar tentang kawasan dan obyek air terjun yang akan di jelajahi beserta pengenalan perlengkapan keselamatan yang akan di gunakan pada aktivitas penjelajahan atau petualangan.

Pengetahuan dasar keselamatan

Air terjun – Keselamatan, keamanan dan kenyamanan menjadi faktor utama dalam penjelajahan air terjun berbasis adventure ini. Pengetahuan dasar atas keselamatan dalam kegiatan penjelajahan menjadi wajib untuk diketahui dan dilakukan oleh semua orang,  meliputi pemahaman atas kondisi lingkungan terkini, perlengkapan keselamatan yang digunakan, dan kondisi kesehatan diri.

    1. Highland Adventure yang menjadi pemandu akan menginformasikan keadaan dan kondisi lingkungan terkini yang menjadi jalur adventure dan jelajah air terjun, serta akan memberikan pengetahuan teknis dasar tentang tata cara penggunaan perlengkapan keselamatan serta menginformasikan aturan-aturan teknis perjalanan di sepanjang kegiatan penjelajahan. 
    2. Peserta wajib menggunakan perlengkapan keselamatan yang telah dipersiapkan secara benar dan sesuai dengan arahan pemandu.
    3. Mempergunakan pakaian yang tepat dan yang disarankan.
    4. Selalu mengikuti instruksi leader dan pemandu disepanjang penjelajahan curug Naga dan jalur petualangan.
    5. Minum Banyak Air ; usahakan untuk meminum banyak air sebelum penjelajahan, hal ini untuk menghindari dehidrasi di saat petualangan dan penjelajahan curug naga.
    6. Kondisi Kesehatan ; Jika peserta berada dalam status medikal pengawasan dokter, memiliki gejala kesehatan dan lainnya segera di informasikan pada team Highland Adventure atupaun leader.
    7. Bantulah rekan dengan tetap menjaga kerjasama team disepanjang aktivitas adventure dan penjelajahan curug Naga.
    8. Jangan memakai dan atau membawa perhiasan serta perlengkapan berharga pada saat kegiatan jelajah curug Naga.

Perlengkapan keselamatan

Air terjun – Terdapat tiga kategori perlengkapan untuk adventure dan jelajah curug naga, yaitu 1. yang harus dipersiapkan oleh peserta secara mandiri; 2. yang di pinjamkan oleh Highland Adventure untuk digunakan oleh peserta, dan 3. yang dibawa oleh team Highland Adventure. 

Dipersiapkan dan dibawa oleh wisatawan

    1. Alas Kaki ; peserta diwajibkan untuk menggunakan alas kaki berupa sandal gunung, sepatu olahraga ataupun sepatu karet / sepatu air, hal ini untuk  melindungi kaki dari dari batu-batu kecil yang berada di dasar sungai.
    2. Pakaian ; Saat adventure dan jelajah air terjun curug naga, pakailah baju dan celana pendek dari bahan / kain yang mudah kering atau menggunakan pakaian olahraga yang ringan, karena jika menggunakan pakaian berbahan 100% katun atau jeans itu akan lebih membebani pada tubuh dan sangat cepat menguras stamina. Jadi pergunakan pakaian yang terbuat dari bahan seperti polypropylene, wol, polyester, bulu mikro, dan lainnya yang ringan.
    3. Air mineral ; pastikan untuk membawa air mineral dalam adventure dan penjelajahan curug naga. Air mineral tidak sebatas untuk menghilangkan dahaga namun dapat menggantikan cairan keringat yang keluar dari tubuh pada saat adventure. (situasional)
    4. Kamera Tahan Air ; dalam dunia pendakian dan petualangan dikenal istilah “Jangan ambil sesuatu, kecuali gambar, jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak dan Jangan bunuh sesuatu selain waktu” maka kamera tahan air adalah alat yang tepat untuk mengabadikan perjalanan petualangan dalam jelajah curug naga. (situasional)

Dipersiapkan Highland Adventure

    1. Pelampung (life jacket); memiliki fungsi sebagai penahan beban badan agar terapung/mengambang pada saat berada di air, selain untuk perlindungan bagian tubuh pada saat body rafting maupun cliff jumping.
    2. Helm / Helmet ; Helm merupakan pelindung terhadap benturan dikepala pada saat melakukan jelajah curug naga, Helm yang baik adalah kuat, ringan, tahan air, dan yang tidak mengganggu pergerakan serta pandangan mata. Helm yang biasa dipakai dalam jelajah curug naga terbuat dari bahan plastik dengan busa pada bagian dalamnya. Helm berbahan plastik bersifat lentur dan tidak mudah pecah.
    3. Body protector ; meliputi pelindung siku sampai lengan, juga pelindung lutut hingga tulang kering kaki. Body protector memiliki kekuatan dan kekerasan pada bagian luar namun lembut di bagian dalam karena terdapat material berbahan busa.

Dibawa pemandu dalam jelajah air terjun

    1. Tali Lempar (Throw bag) ;  tali lempar berfungsi untuk penyelamatan disaat peserta ada yang terbawa arus sungai dan terasa susah untuk menyelamatkan diri, tali tersebut akan dilemparkan pada peserta untuk dipegang dan mempermudah penyelamatan.
    2. Tali Kernmantle[3]Istilah kermantel berasal dari bahasa Jerman: Kern – Core = inti (bagian dalam) Mantel – Shelth = pembungkus ; merupakan tali yang dirancang dari serabut sebagai inti dan pokok  kekuatannya, Kern atau bagian initi dilindungi oleh pembungkus (anyaman) yang memberikan tambahan kekuatan dan berfungsi sebagai pelindung terhadap pengikisan, tanah/lumpur, sinar cuaca, dan lainnya. Ketika jelajah air terjun, tali Kernmantle di gunakan pada saat menuruni tebing (rappeling) serta medan-medan sulit yang membutuhkan bantuan tali.
    3. Dry Bag ; tas tahan air ini dipergunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak tahan air seperti, obat-obatan, dan lain lainnya. Dry bag akan dibawa oleh crew Highland Adventure layaknya membawa tas dengan satu tali.
    4. Perlengkapan P3K ; Obat yang paling penting dan wajib dibawa selama dalam penjelajahan curug naga adalah obat luka luar seperti antiseptik, betadin, kapas pembalut, plester, dan alkohol untuk mengobati jika terjadinya luka luar akibat terbentur bebatuan atau tergores selama pengarungan sungai dan penjelajahan hutan.

Alur petualangan dalam jelajah air terjun di komplek curug Naga

Air terjun – Untuk menikmati terjunan-terjunan air dalam jelajah curug naga, terlebih dahulu peserta akan memasuki curug periuk dengan beragam aktivitasnya seperti body rafting dan cliff jumping, lalu menyusuri aliran hulu sungai yang searah air mengalir dengan cara berenang, dilanjutkan dengan menjelajahi  hutan, kemudian menuruni tebingan (rappelling) yang memiliki kemiringan mencapai 80 derajat dengan menggunalan kernmantel, selanjutnya bermain di curug barong dan curug Naga.

Sebelumnya, Peserta akan terlebih dahulu diajak untuk trekking hutan dan telusur sungai pada kawasan Highland camp menuju cek point kedua yang berlokasi di kawasan curug panjang. Kendatipun sebagian wisatawan akan memilih untuk langsung menuju cek point kedua dengan tidak melewati rute journey yang berada dalam kawasan Highland Camp, namun itu adalah sebuah pilihan yang akan ditentukan pada saat kegiatan.

Mencairkan suasana dan pemanasan

Air terjun – Ice Breaking adalah proses adaptasi antar peserta dengan peserta, dan antar peserta dengan team jelajah curug naga, bentuk kegiatannya berupa permainan pengenalan diri untuk mencairkan kekakuan melalui cara interaktif dan menyenangkan. Setelahnya, peserta akan diajak melakukan pemanasan badan (energizer) sebelum aktivitas penjelajahan agar tidak terjadinya kram sewaktu kegiatan berlangsung.

Hiking dalam kawasan

Air terjun – Menelusuri jalanan setapak dibawah rimbunnya tajuk tegakan di lembahan hutan pegunungan dalam kawasan Highland Camp menuju obyek daya tarik wisata alam curug panjang, menapaki bebatuan hitam disepanjang aliran sungai yang tak berarus kencang dan mendaki tebingan air terjun curug saimah untuk mencapai puncak ketinggian dimana pandangan tak terbatasi oleh sekat-sekat pembatasnya, merupakan awal dari perjalanan dalam kawasan Highland camp menuju cek point kedua dimana perlengkapan keselamatan seperti helm, body protector dan lainnya berada untuk di pakai peserta. Durasi petualangan dalam kawasan Highland camp memakan waktu 1 – 1,5 jam perjalanan.

Hiking dalam kawasan Highland camp adalah sebuah pilihan yang dapat dijalani atupun diabaikan, pada sebagian kelompok (dalam pengalaman kami) memilih untuk langsung menuju cek point kedua, dan proses ice breaking serta pemanasan dilakukan di cek point kedua. Dari kawasan Highland camp menuju cekpoint kedua memakan waktu tempuh sekitar 5-10 menit dengan berjalan kaki.

Aktivitas dalam jelajah air terjun curug Naga

Air terjun – Durasi jelajah air terjun yang dapat memakan waktu s.d 4 jam ini akan melintasi hutan, menapaki tebingan bebatuan hitam dan batuan cadas untuk mencapai terjunan air, menyusuri arus yang searah aliran sungai dan melakukan aktivitas body rafting, river trekking, cliff jumping dan water free fall di curug Naga, Barong, Priuk dan curug Orok.

    1. Cliff  Jumping ;  adalah sebuah tempat atau spot lompatan dari atas tebing yang mengarah kolam terjunan dan memiliki rentang ketinggian yang berbeda setiap spot nya, sekitar 7 s.d 15 meter.
    2. Body Rafting ; adalah kegiatan pengarungan sungai dan jeram dengan menggunakan tubuh atau badan yang dilengkapi pengaman diri berupa life jacket, helm, body protector, dan lainnya.
    3. River trakking ; adalah kegiatan menyusuri sungai sepanjang aliran sungai cirangrang / ciesek dimulai dari curug orok dan berakhir curug barong serta menikmati keindahan sungai dan kolam terjunan air yang masih alami.

Alur jelajah air terjun curug Naga

Air terjun – Dari cek point kedua menuju terjunan air dalam wisata petualangan jelajah curug naga, terlebih dahulu peserta akan menjelajah hutan menuju curug priuk, lalu menyusuri aliran hulu sungai Cirangrang yang searah air mengalir dengan cara berenang (body Rafting). di Curug priuk peserta dapat melakukan beragam aktivitas seperti berenang, cliff jumping dan body rafting menuju cek point berikutnya.

Setelah body rafting dan bermain-main di curug priuk, selanjutnya peserta akan diajak menapaki jalanan setapak dan mendaki bebatuan cadas menuju lokasi yang lebih tinggi dibagian atasnya curug barong, dilanjutkan dengan menyusuri hutan, kemudian menuruni tebingan dengan cara rappelling menuju curug barong dan naga, tebingan yang dituruni memiliki kemiringan tebing mencapai 80 derajat dengan menggunakan karmantel.

Pada jalur jelajah curug naga, terdapat banyak titik-titik bahaya (hazard spot) yang harus diperhatikan sehingga perlu ekstra kehati-hatian dalam melakukan penjelajahan air terjun naga dengan menerapkan standar safety yang ketat.

The end ; Jelajah air terjun di komplek curug Naga

Tempat wisata di Bogor – Memang melelahkan karena banyak menguras energi selama jelajah air terjun, namun kelelahan itu terbayar oleh pengalaman petualangan dan keindahan bentang alam yang eksotis dan kekayaan yang terkandung didalamnya. inilah saatnya menikmati sajian nasi liwet di akhir cerita petualangan, semua senang berpetualang dengan menjelajahi air terjun komplek curug Naga dan kawasan Highland camp.

Simpulan jelajah air terjun sebagai wisata minat khusus berbasis petualangan

Air terjun – Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengkuti aktivitas penjelajahan air terjun, karena jelajah air terjun termasuk olaharga arus deras dan adventure, selain karena faktor alam itu sendiri yang membatasinya, dimana jelajah air terjun terbatasi oleh cuaca dan alam, dan medan penjelajahan. Pembatas keduanya adalah mental petualangan pada setiap individu, karena kegiatan jelajah air terjun ini membutuhkan mental berpetualang (adventurer), dan pembatas ketiga adalah kondisi kesehatan dan usia pada setiap orang.

Beruntunglah bagi anda yang masih memiliki kesempatan untuk dapat mengikuti aktivitas jelajah air terjun, disana anda akan banyak melihat keindahan Indonesia dari pedalaman hutan, menikmati terjunan-terjunan air dengan lingkungan yang eksotis, dan disanalah anda akan mendapati suasana relak yang tidak ditemukan dalam aktivitas rekreasi lainnya.


This entry was tagged in air terjun di indonesia and air terjun,air terjun adalah, wisata air terjun, air terjun indah, sungai terindah di indonesia, air terjun terkenal di dunia, air terjun cantik, curug bogor, air terjun di jawa barat, curug jawa barat, wisata air terjun, curug putri bogor, curug, air terjun di bogor, air terjun di dunia, air terjun di jabar, air terjun di jateng, air terjun bali, air terjun lombok, air terjun halimun, curug di bogor, curug di puncak, wisata air terjun bali, jelajah air terjun, air terjun eksotis.

References

References
1 dalam padanan bahasa sunda, curug berarti air terjun atau terjunan air disebuah badan sungai
2 adalah divisi dari Highland Indonesia group yang secara khusus menangani kegiatan-kegiatan adventure
3 Istilah kermantel berasal dari bahasa Jerman: Kern – Core = inti (bagian dalam) Mantel – Shelth = pembungkus