Perlengkapan Trekking di Puncak, Sentul Bogor yang wajib dibawa

Trekking Puncak – Karena trekking merupakan aktifitas petualangan, maka dibutuhkan persiapan yang matang terkait dengan alat-alat (perlengkapan) yang akan di gunakan dalam perjalanan wisata trekking di Puncak maupun Sentul Bogor. Hal ini agar selama perjalanan trekking seorang atau sekelompok trekker dapat menikmati petualangan yang menyenangkan disepanjang rute perjalanan.

Go Adventure

+62 811 1200 996

Whatsapp

Trekking Puncak – Berapa perlengkapan yang direkomendasi untuk dibawa pada aktivitas trekking di Sentul ataupun Puncak Bogor maupun di jalur trekking dalam Taman Nasional gunung Halimun Salak ataupun di TN Gunung Gede Pangrango, yaitu trekking pole, pakaian ganti atau pakaian cadangan, sarung tangan, air minum dan makanan ringan (snack), trekking daypack atau tas trekking, drybag, kamera dan perlengkapannya untuk mengabadikan moment-moment indah ketika trekking, GPS dan lainnya.

Perlengkapan tersebut diatas dapat dibawa sesuai dengan kebutuhan perjalanan dan tentunya tidak membebani diri sepanjang trekking.

Baca Paket Trekking :
Paket trekking di Sentul Bogor dan Puncak

Daftar perlengkapan trekking

trekking sentul bogor puncak
Image 1 : Perlengkapan trekking sentul bogor puncak

Trekking Puncak – Selain perlengkapan yang sudah di gunakan pada tubuh seperti sepatu atau sandal trekking, baju trekking, topi, kacamata dan lainnya, beberapa perlengkapan trekking dibawah ini wajib di bawa ketika melakukan aktivitas trekking di jalur pegunungan bawah (submontane forest) baik di trek hutan yang berada di Puncak, sentul Bogor maupun di kawasan pegunungan Halimun.

Untuk memudahkan dalam perjalanan, maka perlengkapan terbagi menjadi menjadi dua bagian. Pertama adalah perlengkapan wajib dibawa (harus dibawa dan dipersiapkan oleh trekker) seperti 1. trekking pole, 2. trekking backpack, 3. sarung tangan, 4. Rain Coat, 5. botol air minum dan makanan ringan, 6. Sunblok dan lotion anti serangga, 7. obat-obatan pribadi. Dan,  kedua adalah perlengkapan yang boleh dibawa jika tidak terlalu membebani sepanjang perjalanan seperti 1. Pakaian cadangan/ganti, 2. Peralatan mandi,  3. Drybag, 4.first aid kit, 5. GPS, 6. Kamera dan perlengkapannya, 7. Peralatan serbaguna.

Baca juga :
Tips trekking di Sentul dan Puncak Bogor

Perlengkapan Trekking yang wajib dibawa

Trekking Pole

peralatan trekking pole
Image-2 : Trekking Pole

Trekking pole merupakan perlengkapan yang berfungsi untuk membantu pejalan kaki dengan ritmenya, memberikan stabilitas, dan mengurangi ketegangan pada persendian di medan yang kasar. Trekking pole adalah aksesori pendakian dan merupakan alat bantu berupa tongkat yang bisa digunakan oleh pendaki ketika melakukan perjalanan, terlebih pada jalur yang masih baru.

Trekking pole yang baik untuk digunakan adalah tongkat yang ringan berbahan carbon fiber atau aluminium yang sifatnya kuat untuk menahan beban dengan bagian pegangan terdapat karet agar tangan tidak terasa licin akibat keringat. Membawa trekking pole berbahan karbon yang kuat untuk menahan beban dan benturan pada saat perjalanan di hutan maupun penelusuran arus sungai. Memang akan riskan sekali membawa trekking pole ketika river trekking, terkadang trekking pole sama sekali tidak bermanfaat malah menambah beban perjalanan ketika penelusuran sungai..

Trekking backpack 

Trekking backpack yang banyak dikenal dengan sebutan ransel atau backpack adalah tas punggung dengan beragam macam jenis seperti backpack, rucksack, carrier, dan daypack. Trekking backpack jenisnya banyak dan beragam namun memiliki perbedaaan fungsi. Pemilihan ransel untuk trekking dapat disesuaikan untuk kenyamanan dengan ukuran yang tepat untuk membawa baju ganti, raincoat makanan dan air mineral, perlengkapan hiking, first aid dan lainnya..

Sarung tangan trekking

Fungsi sarung tangan ialah untuk melindungi sang pemakai dari pengaruh lingkungan sekitarnya atau melindungi lingkungan sekitar dari tangan sang pemakai, maka pergunakanlah sarung tangan yang dapat menyerap keringat, lembut, dan memiliki sirkulasi aliran udara yang baik pada sarung tangan yang dipergunakan ketika trekking.

Sarung tangan berbahan poliester dan spandeks direkomendasi untuk aktivitas trekking, tangan akan terasa tetap adem selama memakai sarung tangan berbahan ini, selain itu pori-porinya akan memperlancar aliran udara ke daerah tangan sehingga tidak mudah pengap dan berkeringat.

Air minum dan makanan ringan 

peralatan trekking
Image-3 : Tas air minum dan makanan ringan

Kebutuhan konsumsi air minum ketika trekking sangat tinggi, hal ini untuk menghindari dehidrasi dan menghilangkan rasa haus selama trekking, maka membawa air minum yang cukup menjadi hal yang penting dalam trekking. Dan, seorang trekker ketika melakukan perjalanan harus menjaga stamina tubuhnya dengan  mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta serat yang cukup, seperti coklat batang, buah kering,  kacang-kacangan dan biji-bijian, serta lainnya, maka bawalah makanan ringan untuk menambah stamina dan energi selama dalam perjalanan.

Sunblok dan Lotion anti serangga 

1. Sunblok : Sunblock merupakan produk kesehatan kulit berupa lotion, gel, cream ataupun dalam bentuk spray yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari ketika trekking dan beberfungsi untuk mencegah sinar UVA (Ultar Violet A) dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.

2. Lation anti serangga : merupakan obat pengusir serangga seperti nyamuk dan lainnya dalam bentuk lotion yang mudah digunakan pada semua bagian anggota badan dari wajah hingga ujung kaki. Karena serangga pada umumnya menyukai karbondioksida yang dikeluarkan pori-pori kulit maka dengan mengoleskan lation anti serangga, serangga seperti nyamuk tidak bisa mencium C02 pada kulit. Lation anti serangga bekerja untuk menutupi zat-zat kimia di kulit yang disukai oleh serangga.

Obat-obatan pribadi

Seseorang yang akan melakukan aktivitas trekking di Puncak, Sentul Bogor disarankan untuk membawa obat-obat pribadi yang menjadi rujukan dokter dan atau membawa obat-obatan umum seperti vitamin, minyak kayu putih, obat pegal dan obat cedera otot, dls.

Perlengkapan trekking yang direkomendasikan untuk di bawa

Pakaian Cadangan/ganti

Pakaian ganti atau pakaian cadangan adalah pakain yang dipergunakan ketika habis trekking dikarenakan basah ataupun, kotor ataupun saatnya berganti pakaian ataupuan pakaian yang digunakan sewaktu-waktu dalam keadaan darurat dan diperlukan untuk mengganti pakaian yang sedang digunakan.

Dibeberapa jalur wisata trekking terdapat air terjun ataupun leuwi yang menjadi tujuan perjalanan, obyek daya tarik wisata air terjun ataupun leuwi merupakan lokasi untuk berenang yang dapat menyegarkan dan mengurangi rasa lelah sehabis trekking, oleh karenanya pakaian ganti / cadangan diperlukan untuk mengganti pakaian basah sehabis berenang.

Peralatan mandi 

Peralatan mandi digunakan pada saat selesainya trekking atau sebelum berkemas untuk pulang atau ketika selesainya melakukan aktivitas berenang di air terjun yang ada di sepanjang jalur trekking (jika mengikuti river trekking ataupun jelajah air terjun).

Seyogyanyalah pakaian ganti dan peralatan mandi dipersiapkan (di bawa) oleh trekker dari rumah dan di dititipkan pada petugas basecamp trekking di titik awal perjalanan atau disimpan di dalam mobil untuk nantinya digunakan saat selesainya kegiatan trekking.

Drybag 

Dragbag berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang dibawa pada saat jungle trekking ataupun river trekking. Drybag adalah wadah fleksibel yang kedap air, merupakan sejenis tas anti air untuk mengamankan perlengkapan ketika berbasah-basah, misalnya saat terjadinya hujan dalam perjalanan sehingga perlengkapan elektronik seperti kamera, GPS, handphone dls membutuhkan pengamanan ekstra dari guyuran hujan.

Untuk yang tidak membawa Drybag, fungsi drybag dapat digantikan atau  disiasati dengan membawa kantong plastik atau dengan menggunakan cover bag untuk menutup tas yang terkena guyuran hujan. Namun hal yang berbeda ketika river trekking, Drybag wajib dibawa ketika penelusuran sungai.

Raincoat

Raincaot atau jas hujan sangat diperlukan ketika cuaca berubah hujan pada saat berlangsungnya trekking agar perjalanan trekking tetap dapat dilanjutkan sesuai rencana waktu perjalanan. Raincoat merupakan pakaian tahan air yang dipakai untuk melindungi tubuh dari guyuran hujan. Fungsi utama raincoat adalah untuk meminimalkan masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian. Kebanyakan raincoat dibuat dengan warna terang untuk memudahkan pemakainya terlihat saat hujan lebat ketika jarak penglihatan berkurang.

First aid kit 

First aid kit adalah kotak untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan dalam trekking seperti obat antiseptik, betadine atau sejenisnya, kain kasa, perban atau plester, obat-obatan umum dan ringan seperti minyak kayu putih atau sejenisnya. Selain obat-obatan, dalam kit terdapat alat pemotong seperti gunting atau pisau, juga pinset, serta sarung tangan biasanya menjadi standar kepemanduan dalam trekking, lainnya membawa obat-obatan umum seperti vitamin,  minyak kayu putih, obat pegal dan obat cedera otot, dls.

GPS, Kamera dan perlengkapannya 

Membawa perlengakapan elektronik untuk kepentingan dokumentasi yang tahan air seperti waterproof camera atau water resistant camera yang mampu bertahan dari cipratan air dengan segala macam peralatannya seperti gimbal, battery cadangan dan lainnya untuk mengabadikan moment-moment perjalanan trekking penting sekali, kalaupun itu sebatas membawa smartphone, karena pada saat ini smart phone sudah banyak dilengkapi dengan kamera profesional untuk mengambil photo yang bagus.

Dan direkomendasikan membawa GPS (Global Positioning Sistem) untuk berbagai kepentingan seperti mengitung jarak dan waktu tempuh perjalanan, memberikan informasi posisi, dls. Namun saat ini beberapa fungsi GPS untuk trekking banyak ditemukan pada beberapa aplikasi smartphone, sehingga anda tinggal menginstal aplikasi yang dibutuhkan untuk trekking.

Peralatan Serbaguna

Peralatan serbaguna adalah peralatan yang dianggap penting dan akan digunakan pada saat trekking seperti seperti pisau, korek api dan lainnya, bisa juga membawa survival kit yang merupakan paket alat dan perlengkapan dasar yang disiapkan sebagai bantuan untuk bertahan hidup dalam keadaan darurat.

Resume Perlengkapan Trekking di Puncak, Sentul Bogor yang wajib dibawa

Trekking Puncak– Perjalanan dalam wisata trekking, merupakan rangkaian dari wisata petualangan yang membutuhkan perencanaan dan penyediaan perlengkapan trekking yang memenuhi standar aktifitas luar ruangan seperti yang termaktub diatas, agar selama perjalanan berpetualang terasa lebih berkesan dan menyenangkan.



This entry was tagged in perlengkapan trekking and perelengkapan trekking di puncak, trekking pole, baju trekking, sepatu trekking, sandal trekking, ransel trekking, pakaian trekking, jenis pakian trekking, toko perlengkapan trekking, jual perlengkapan trekking, trekking di puncak sentul bogor, trekking di bogor, peralatan trekking.