Paket Rafting Bogor dan Rekomendasi Tempat Arung Jeram di Puncak

Rafting Bogor – Tidak semua orang dapat merasakan sensasi mengarungi jeram riam diatas perahu rafting atau dengan menggunakan tube, itu dikarenakan kesempatan berupa kesehatan, keberanian,  lingkungan sosial dan alam yang mendukung seseorang untuk ber-arung jeram.

Dan, selagi anda memiliki kesempatan untuk melakukan pengarungan arus sungai dengan jeram-riam nya, kenapa tidak melakukannya saat ini juga ?. Dengan menghubungi kami, itu adalah langkah awal dalam memulai pesta jeram.

Go Adventure

+62 811 1200 996

Whatsapp

Setiap kita dapat menguji andrenalin dengan mengarungi arus sungai dan jeram riam nya yang menantang


Adapun paket custom 7Km dan 12Km rafting sungai Cisadane dengan titik luncur (start point) berada di Caringin ataupun di sungai Kalibaru Sentul adalah paket khusus dan fullboard dengan pembiayaan yang di hitung secara khusus, disesuaikan atas kebutuhan dan permintaan mitra.

Paket rafting custom adalah bagian yang terintergrasi dengan event outing kantor ataupun gathering perusahaan yang diselenggarakan dengan durasi 2 hari 1 malam dengan rafting, outbound dan offroad sebagai muatan acaranya.


Adapun paket one day trip rafting atau kegiatan yang hanya sebatas arung jeram ataupun body rafting di Bogor dan Puncak tanpa terintegrasi dengan kegiatan lainnya, harga paketnya dapat dilihat pada sub judul “Paket arung jeram atau rafting sebagai wisata petualangan” di artikel ini.


Rafting Bogor – Arung jeram adalah kegiatan pengarungan pada bagian alur sungai yang berjeram atau beriam dengan menggunakan menggunakan perahu karet berjenis landing craft rubber atau perahu rafting oval berjenis non self bailing loor dan self bailing floor, dapat pula menggunakan kayak, kano dan dengan mengandalkan kemampuan mendayung dalam mengendalikannya.

Arung jeram merupakan kegiatan olahraga arus deras (ORAD), saat ini lebih populer dengan sebutan rafting, itu merujuk pada perahu yang banyak dipergunakan dalam pengarungan jeram / riam. (the sport or activity of travelling down a river on a raft)[1]Oxford Dictionary

Adapun pengarungan dengan menggunakan ban (tube) yang lebih populer dengan sebutan river tubing[2]Tubing, also known as inner tubing, bumper tubing, towed tubing, or kite tubing, is a recreational activity where an individual rides on top of an inner tube, either on water, snow, or through the … Continue reading, di Indonesia adalah kegiatan tradisional yang dilakukan oleh anak-anak pada masa lampau yang disebut “papalidan”, aktivitas ini lalu berkembang menjadi salah satu kegiatan wisata air.

Tubing atau river tubing hampir sama prinsipnya dengan aktivitas olahraga arus deras lainnya seperti arung jeram dengan menggunakan perahu rafting, kegiatan meluncur bebas diatas permukaan air sungai dengan melewati jeram-jeram berarus liar menggunakan ban dalam yang didesain sedemikian rupa untuk dapat meluncur dengan aman.

Istilah dalam arung jeram atau rafting

Rafting Bogor – Saat ini rafting yang merupakan aktivitas olahraga arus deras (ORAD) tengah digemari oleh berbagai kalangan sebagai aktivitas wisata petualangan. Banyak istilah pada kegiatan arung jeram / rafting yang harus di pahami sebelum melakukan pengarungan. Dibawah ini adalah istilah yang umum dan sering digunakan pada saat kegiatan pengarungan sungai.

  • Put in (Entry Point); titik awal penempatan perahu yang juga merupakan titik awal pengarungan sungai.
  • Take out (end point); Titik akhir atau finish dari kegiatan rafting.
  • Atomic Launch; cara start pengarungan dengan cara meluncur dari atas tanah dan langsung ke air. Teknik ini dilakukan pada daerah yang miring, dimana perahu, canoe atau kayak langsung dinaiki saat meluncur tersebut.
  • Portage; adalah istilah untuk membawa perahu dan peralatan lainnya saat berada arus sungai yang sulit dan tidak dapat diarungi atau membawa perahu dan peralatan lainnya dari darat ke sungai.
  • Skipper ; adalah orang yang memberi instruksi sekaligus sebagai pendamping selama rafting, memiliki pengetahuan tentang arung jeram, teknik mendayung, mengetahui karakter sungai yang diarungi dan teknik river rescue dan an paham prinsip pertolongan pertama pada kecelakaan. Skipper adalah yang memandu para rafter, kapan harus mendayung lebih cepat, kapan harus berbelok, atau kapan harus menghentikan dayungan. 
  • Strainer; keadaan arus sungai yang terhalang oleh runtuhan batu atau pepohonan yang tumbang.
  • Tongue; merupakan arus yang mengalir dengan tenang, biasanya membentuk huruf V dan berada di bagian hulu jeram.
  • Standing Waves; adalah gelombang besar pada sungai yang dijadikan arus utama.
  • Haystacks; keadaan standing waves yang besar dan diikuti suatu drop.
  • Undercut; sebuah tebing atau batu besar yang ada di sisi sungai dan memiliki aliran air yang kencang di bagian bawahnya. Pusaran di permukaan tidak terlalu kencang, namun pada bagian bawah arusnya sangat deras dan menggulung ke bawah.
  • Headwall; berupa tebing atau jurang terjal pada sisi sungai dan membentuk sudut 90 derajat dengan arus utama.
  • Rocks; adalah ornamen sungai berupa bebatuan yang menonjol ke permukaan air. Bebatuan ini mengakibatkan adanya perubahan arus air dan membuat sungai memiliki jeram.
  • Hole; Putaran air yang terbentuk saat arus sungai jatuh diatas batu dan berputar secara terus menerus.
  • Side surf ; adalah suatu gerakan yang dilakukan saat berada di hole dimana seorang pendayung menggunakan tenaga dari arus yang mengalir ke hilir untuk melawan putaran air ke hulu.
  • Roll; adalah suatu gerakan yang memerlukan kayuhan dayung dan gerakan badan untukkeseimbangan saat berada di perahu. Teknik-teknik umum pada roll adalah Sweep dan Eskimo rolls.
  • Maytag ; suatu keadaan tertahan pada hole dan berputar-putar seperti dalam mesin cuci.
  • Carnage ; suatu posisi perahu yang terbalik, entah karena terhantam jeram yang deras atau memang sengaja dibalikkan.
  • Swimmer; merupakan peserta rafting atau rafter yang terjatuh atau terlempar ke sungai. 
  • Waterfall; berupa turunan di bagian badan sungai. Biasanya memiliki ketinggian nggak kurang dari 2 meter, waterfall bisa dikatakan sebagai air terjun atau terjunan air.
  • Rooster Tail ; adalah air yang menyembur atau memancar dari bawah, ini biasanya karena ada bebatuan atau rintangan lain di dalam sungai.
  • Wrap; adalah kondisi boat atau perahu yang terjepit batu besar atau rintangan lainnya. 
  • New Yorker ; sebutan untuk peserta rafting yang suka mengeluh.
  • Lilly dipper; sebutan pada pendayung yang lemah atau penumpang yang malas mendayung.

Perlengkapan arung jeram atau rafting

Rafting Bogor – Arung jeram / rafting yang merupakan kegiatan olahraga arus deras yang dilakukan pada badan sungai yang berjeram/beriam, memiliki perlengkapan khusus yang menjadi standar dalam aktivitas arung jeram yang harus digunakan ketika melakukan aktivitas arung jeram di Puncak atau rafting Bogor, berikut adalah perlengkapannya :

  • Raft : perahu karet berjenis landing craft rubber atau perahu rafting oval berjenis non self bailing loor dan self bailing floor, lainnya adalah kayak, kano, dls.
  • Dayung : adalah tongkat besar yang memiliki bilah pipih di salah satu ujungnya yang berfungsi sebagai pengayuh / menjalankan, menggerakkan perahu, kayak, kano dan rakit (raft)
  • Body protector ; terdiri dari pelindung siku sampai lengan, pelindung lutut hingga tulang kering kaki.
  • Jaket Pelampung ; membantu peserta rafting, baik secara sadar atau di bawah sadar, untuk tetap mengapung dengan mulut dan hidung berada di atas permukaan air atau pada saat berada dalam air, selain itu untuk melindungi tubuh dari dingin. Life Jacket atau pelampung merupakan peralatan yang wajib digunakan oleh setiap peserta kegiatan arung jeram. Bentuk dan ukurannya berbeda-beda untuk setiap orang namun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk keselamatan saat terlempar keluar perahu.
  • Helmet ; adalah penutup kepala yang berguna untuk melindungi kepala bagian kening, pelipis, telinga, dan kepala bagian belakang dari benturan.
  • Sepatu air ; merupakan sepatu berbahan karet memiliki daya tahan yang kuat, lentur dan tahan air.
  • Dry bag : adalah tas/kantong kedap air yang kuat dan dapat menahan tekanan air dan kedap udara untuk menyimpan dan melindungi peralatan yang rentan dari air. 
  • Throw bag : tali lempar adalah alat penyelamat dari bahan nylon yang kuat yang dimasukkan longgar ke dalam tas. Tali lempar biasanya berdiameter 8mm dengan panjang tali 15 meter, digunakan untuk membantu menarik peserta rafting ketika terlempar keluar dari perahu, dan kendala-kendala lainnya yang membutuhkan pertolongan dengan menggunakan tali.
  • P3k Kit (First aid) ; adalah perlengkapan untuk melakukan pertolongan pertama kepada penderita sakit/cedera/kecelakaan yang membutuhkan pananganan medis dasar.

Arung jeram atau rafting sebagai wisata petualangan

Rafting Bogor – Arung jeram yang dikenal dengan rafting pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh aktivis Mapala ORAD sebagai olahraga arus deras, dan saat ini merambah menjadi kegiatan wisata air yang memadukan unsur petualangan, olahraga, dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber jeram dengan menggunakan perahu karet perahu karet berjenis landing craft rubber atau perahu rafting oval berjenis non self bailing loor dan self bailing floor, dan menggunakan perlengkapan pengarungan lainnya.

Aktivitas arung jeram dan rafting bersama kami terbagi dalam 3 kategori kegiatan wisata bergendre petualangan dengan sungai sebagai obyek daya tarik wisata nya (ODTW) dan dengan model kegiatan yang berbeda, yaitu :

  • Rafting ; Pengarungan Jeram / riam dengan menggunakan perahu rafting kegiatannya dilakukan di sungai Cisadane dengan mengambil start point atau titik peluncuran berada di Muara Jaya Kecamatan Caringin. (Paket Rafting Bogor).
  • Body Rafting : kegiatan pengarungan sungai dan jeram dengan menggunakan tubuh atau badan yang dilengkapi pengaman diri berupa life jacket, helm, body protector, dan lainnya dilakukan di komplek air terjun curug naga dalam aliran sungai Ciesek sub DAS Ciliwung Puncak Bogor (Paket Body Rafting di Puncak).
  • Tubing ; merupakan pengarungan dengan menggunakan ban (tube) dan perlengkapan pengaman tubuh layaknya arung jerang dengan menggunakan perahu. Aktivitas tubing dilakukan di sub DAS Cidurian DAS Cisadane di pegunungan Halimun (Paket Tubing di Halimun).

Paket Rafting Bogor

Banyak pilihan tempat rafting di Bogor dengan harga yang beragam. Keberagaman harga itu dipengaruhi oleh lokasi rafting  (jalur pengarungan), kualitas peralatan pengarungan dan kecakapan pelayanan serta fasilitas yang diberikan oleh perusahaan jasa penyedia aktivitas wisata arung jeram / rafting.

1. Start Point Rafting Bogor

Berada di Sungai Cisadane dengan start point atau titik peluncuran / Start Point rafting berlokasi di Muara Jaya, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat dan titik penjemputan berada sejauh 7 km dan 12 km dari titik luncur.

2. Harga Paket Rafting Bogor

Biasanya rafting merupakan muatan dari event utama yaitu gathering perusahaan atau outing kantor, tentunya harga paket merujuk pada paket gathering maupun outing, namun ada beberapa harga paket dasar rafting dan harga custom yang tersedia, yaitu :



Harga paket rafting custom 7 km ataupun custom 12 km akan menyesuaikan dengan jumlah peserta, bus yang dipergunakan, kualitas T-shirt, pilihan menu makan dan lainnya. Pada paket custom, kami akan membuatkan rancangan anggaran biaya yang disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan.

Baca Juga :

Paket Arung Jeram di Puncak dan Rekomendasi Tempat Rafting Bogor

Paket Arung Jeram Bogor (Tubing)

rafting di bogor arung jeram
Figure 2 : Paket arung jeram di Halimun

NOMOR PAKET:HAJO.01DWK/17
JENIS:Arung Jeram DWK
DURASI:2D1N
DESTINASI:Desa Wisata Kiarasari
AKOMODASI:Homestay Cibuluh
MINIMAL PAX:30 orang
INVESTASI:Hubungi kami di +62 857-8000-2200

Arung Jeram Bogor – Arung jeram dengan menggunakan tube hanyalah satu dari banyak perjalanan wisata di Desa Wisata Kiarasari, beragam aktivitas wisata lainnya seperti trekking hutan, wisata air terjun, melihat proses pembuatan kriya ethnic, wisata agro, wisata kuliner beras hitam, dls dapat anda lakukan sebelum ataupun setelah pulang dari pesta jeram.

Arung Jeram dengan menggunakan tube di Desa Wisata Kiarasari merupakan alur kegiatan yang tidak terpisahkan dalam sebuah paket Halimun Adventure Journey dengan durasi kegiatan wisata selama 2 hari 1 malam. Kegiatannya dilakukan di Desa Wisata Kiarasari[3]Desa Wisata Kiarasari merupakan salah satu Desa Wisata yang sedang berbenah diri membangun kampung wisata Cibuluh dengan mengusung nilai-nilai wisata ramah dan kearifan lokal sunda tua yang menginduk … Continue reading Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor.

Start Point Arung Jeram di Bogor

Arung Jeram Bogor – Lokasi tempat peluncuran / Start Point arung Jeram dengan menggunakan tube yang menembus megahnya Hutan Halimun ini memiliki lebar sungai sekitar 15 meter, jarak lintasan pengarungan sepanjang 4 kilometer dengan katagori sungai gradian 2 plus, melewati plat Cipariuk, plat sengkol, plat palias dan terakhir plat waru, dan memiliki 5 patahan dengan ketinggian 1,4 s.d 2,5 meter. terdapat 12 jeram yang menghiasi jalur lintasan [4]Tonjolan dasar sungai / rintangan atau letak batu yang tidak beraturan yang semakin besar pusaran airnya dari jeram tapak kaki menuju etape akhir.

Pesta jeram menembus belantara Hutan Halimun ini mengambil titik luncur / Start Point di kampung wisata Agro Cibuluh dan berakhir di Jembatan Cidurian. Sebelum anda menikmati aliran sungai yang berwarna hijau tosca dengan buih-buih memutih ketika derasnya arus air bertuburkan dengan batu hitam berlumut, anda akan dihadapkan pada suasana kampung wisata agro terluas di Jawa Barat.

Paket Body Rafting di Puncak


Body Rafting Puncak – Tempat Rafting di Puncak berada di sungai Ciliwung dan beberapa anak-anak sungainya. Selain menggunakan perahu rafting ataupun tube sebagai alat pengarungan, di Puncak terdapat sungai hutan pegunungan bawah yang khusus untuk kegiatan body rafting.

Body Rafting adalah istilah pengarungan arus sungai dengan tubuh yang terbawa aliran air sebagai media perjalanan nya atau dapat diartikan bahwa body rafting adalah kegiatan menyusuri aliran hulu sungai yang searah air mengalir dengan cara berenang.

Body Rafting di Puncak merupakan alur kegiatan dalam wisata petualangan jelajah curug Naga di kawasan Pariwisata Paseban, aktivitas nya meliputi trekking hutan, body rafting, cliff jumping, dls.

Harga Paket Body Rafting di Puncak.

UraianHarga Paket
Jelajah Curug Naga (Body Rafting 3 air terjun)Rp. 180.000,-
Jelajah Curug Naga ( Body Rafting 2 air terjun)Rp. 145.000,-
Body Rafting Curug Naga Rp. 130.000,-

Baca Juga :

Paket Arung Jeram di Puncak dan Rekomendasi Tempat Rafting Bogor

Body Rafting Puncak – Karena kami ingin berbeda dalam menyajikan paket wisata petualangan di Puncak Bogor dengan menfasilitasi hanya Body Rafting sebagai pilihan olahraga arus deras (ORAD), dan tidak memiliki paket-paket rafting dengan menggunakan perahu rafting ataupun tubing sebagai alat pengarungannya di sungai Ciliwung Puncak Bogor, oleh karenanya jika pembaca menginginkan pilihan rafting dengan perahu ataupun tube, pembaca dapat menghubungi penyedia jasa rafting di Puncak Bogor.

Lokasi body rafting di Puncak

Body Rafting Puncak – Dalam aktivitas Body Rafting di komplek air terjun curug Naga yang lokasinya berada di hulu sungai Ciesek, sub DAS Ciliwung dalam kawasan hutan pegunungan bawah, dari titik awal berada di Latitude : 6, 38′ 44.2427″, Longitude: 106, 56′ 45.9132″; dan ketinggian ketinggian 1.033 M dpl, dimana titik awal perjalanan berada dalam hutan pegunungan bawah dengan kondisi air yang bersih.

Alur kegiatan body rafting di Puncak

Body Rafting Puncak – Kegiatan Body Rafting di lakukan di komplek air terjun Curug Naga yang berada di Lerengan Barat Gunung Paseban, Desa Megamendung Puncak Bogor, aktivitas ini memiliki durasi waktu s.d 4 jam dengan melintasi hutan pegunungan bawah, menapaki tebingan bebatuan hitam dan batuan cadas untuk mencapai terjunan air, menyusuri arus yang searah aliran sungai di curug Naga, Barong, Priuk dan curug Orok, dengan aktivitas nya adalah :

  • Body Rafting ; adalah kegiatan pengarungan sungai dan jeram dengan menggunakan tubuh atau badan yang dilengkapi pengaman diri berupa life jacket, helm, body protector, dan lainnya.
  • Cliff Jumping ; adalah sebuah tempat atau spot lompatan dari atas tebing yang mengarah kolam terjunan dan memiliki rentang ketinggian yang berbeda setiap spot nya, sekitar 7 s.d 15 meter.
  • River trekking ; adalah kegiatan menyusuri sungai sepanjang aliran sungai cirangrang / ciesek dimulai dari curug orok dan berakhir curug barong serta menikmati keindahan sungai dan kolam terjunan air yang masih alami.

Kegiatan body rafting di komplek air terjun curug naga termasuk pada katagori olahraga arus deras (ORAD) dan wisata petualangan (adventure tourism), oleh karenanya aktivitas body rafting dalam jelajah curug Naga ini mensyaratkan pengetahuan dasar tentang keselamatan dan perlengkapan keselamatan serta kesiapan fisik, mental dalam pengarungan komplek air terjun curug Naga.

Peralatan body rafting di Puncak

Body Rafting Puncak – Berbeda dengan rafting yang menggunakan perahu rafting ataupun tube, perlengkapan yang wajib di gunakan dalam body rafting dalam komplek air terjun curug naga adalah :

  • Body protector ; meliputi pelindung siku sampai lengan, juga pelindung lutut hingga tulang kering kaki. Body protector memiliki kekuatan dan kekerasan pada bagian luar namun lembut di bagian dalam karena terdapat material berbahan busa.
  • Pelampung (life jacket); memiliki fungsi sebagai penahan beban badan agar terapung pada saat berada di air, selain untuk perlindungan bagian tubuh pada saat body rafting maupun cliff jumping.
  • Helm / Helmet ; Helm merupakan pelindung terhadap benturan dikepala pada saat melakukan jelajah curug naga, Helm yang baik adalah kuat, ringan, tahan air, dan yang tidak mengganggu pergerakan serta pandangan mata. Helm yang biasa dipakai dalam jelajah curug naga terbuat dari bahan plastik dengan busa pada bagian dalamnya. Helm berbahan plastik bersifat lentur dan tidak mudah pecah.

Baca Selanjutnya di :


Tempat Rafting atau Arung Jeram


Tujuh sungai di Bogor dan Sukabumi untuk rafting atau arung jeram

Tempat Rafting Bogor – Kawasan wisata Puncak dan Bogor yang di apit oleh 3 gunung, yaitu gunung salak, gunung  Gede dan gunung Pangrango serta pegunungan Halimun ini memiliki sungai Ciliwung dan Cisadane serta anak-anak sungai lainnya yang mengalir ke dua sungai terbesar yang berada Bogor dan Puncak seperti sungai Cianten, kalibaru sentul, sungai Cidurian Halimun, sungai Ciesek Puncak dan lainnya  untuk kegiatan arung jeram atau rafting.

Sungai Ciliwung Puncak Bogor

Tempat Rafting Bogor – Sungai Ciliwung yang melintasi jalur kawasan wisata Puncak, airnya bersumber dari telaga warna dan hutan hutan penyangga disekitarnya. Telaga Warna menjadi salah satu sumber mata air dari 13 anak sungai yang akhirnya menyatu menjadi aliran sungai Ciliwung.

Telaga warna merupakan danau kuno di tengah hutan yang terletak di sebelah utara Gunung Gede Pangrango. Seperti dituturkan dalam naskah kuno bahwa, “seorang Bujangga Manik pernah tiba di Telaga Warna yang menjadi hulu dari sungai Cihaliwung atau yang kini disebut sebagai Ciliwung.”

Saat ini sungai Ciliwung yang berada dalam kawasan pariwisata Puncak tengah menjadi tempat rafting / arung jeram begitupun dengan anak-anak sungainya seperti sungai Ciesek sub DAS Ciliwung merupakan salah satu jalur petualangan wisata air body rafting dls.

Dan Sungai Ciliwung yang melintasi jalur kawasan wisata Puncak yang melintas kota Bogor, airnya bersumber dari telaga warna dan hutan hutan penyangga disekitarnya. Telaga Warna menjadi salah satu sumber mata air dari 13 anak sungai yang akhirnya menyatu menjadi aliran sungai Ciliwung adalah salah satu sungai tempat rafting bogor, selain sungai Cisadane. Terdapat beberapa tempat Start Point / peluncuran arung jeram / rafting Bogor yang berada di sungai Cisadane, Ciliwung dan anak-anak sungai nya yang melintasi Bogor yaitu . 

Sungai Ciesek Puncak (sub DAS)

Tempat Rafting Bogor – Sungai Ciesek adalah Sub DAS Ciliwung yang lokasinya berada di dua buah Kecamatan yaitu Cisarua melewati Desa Cilember dan Kecamatan Megamendung melewati Desa Cipayung, Desa Cipayung Girang dan Desa Megamendung.

Di sepanjang aliran sungai Ciesek, penggunaan lahan Sub DAS Ciliwung ini meliputi hutan pegunungan bawah yang terletak di hulunya dan hutan lahan kering sekunder, semak belukar, hutan tanaman, pemukiman, pertanian lahan kering, pertanian lahan kering campur semak berada di hilirnya. Sungai Ciesek alirannya menyatu / terhubung dengan sungai Ciliwung di kawasan Gadog. 

Sungai Kalibaru Sentul Bogor (sub DAS)

Tempat Rafting Bogor – Sungai Kalibaru merupakan DAS Ciliwung yang airnya dikontrol pada pintu air bendungan katulampa Bogor sehingga aliran air kalibaru cenderung lebih stabil.  Aliran sungai Ciliwung setelah melewati bendungan Katulampa terbagi menjadi 2 sungai yng terpisah, sungai pertama airnya mengalir ke kota Bogor, melintas Kebun Raya Bogor (KRB), sementara aliran yang kedua mengalir ke arah Sentul selatan dengan sebutan sungai Kalibaru Sentul.

Sungai Cisadane Bogor

Tempat Rafting Bogor – DAS Cisadane merupakan aliran yang sumbernya berada di mata air Gunung Kendeng. Sungai Cisadane memiliki hulu-hulu sungai yang berada berada di lereng-lerang Gunung Pangrango dan beberapa anak sungai berawal di Gunung Salak di Jawa Barat. Sungai Cisadane bermuara di sekitar Tanjung Burung profinsi Banten, melewati kabupaten tangerang dengan melintas di sisi barat Kabupaten Bogor.

Sungai Cianten Bogor (sub DAS)

Tempat Rafting Bogor – Sub DAS Cianten yang merupakan bagian dari wilayah DAS Cisadane  adalah salah satu sungai di bagian barat Kabupaten Bogor dengan panjang sungai utama adalah 49,2 km, berhulu di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), mengalir dari selatan menuju utara dan bermuara di Sungai Cisadane. Tempat pertemuan antara Sungai Cianten dengan sungai Cisadane dikenal dengan sebutan Pasir Muara berada dalam wilayah Kecamatan Cibungbulang.

Bagian hulu sub DAS Cianten terdapat Gunung Kendeng (1749 m dpl) dan Gunung Salak (2211 m dpl). Aliran air yang berasal dari Gunung Kendeng mengalir melewati sungai Cikaniki daslam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak lalu bergabung dengan sungai Cianten yang berasal dari Gunung Salak, bertemu di desa Cijujung. 

Sungai Cidurian Halimun (sub DAS)

Tempat Rafting Bogor – Hulu sungai Cidurian berasal dari mata air di Gunung Kendeng yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan bermuaranya di Tangerang-Banten. Beberapa anak sungai yang bersumber dari gunung yang sama salah satunya adalah sungai Cikondang. Sungai Cikondang menyatu dengan sungai Cidurian pada sebuah lembah diantara dua bukit yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan suwak

Tempat arung jeram atau rafting di Bogor


Rafting Bogor – Base peluncuran / Start Point rafting / arung  Cisadane berada di sekitar di sekitar Kecamatan. Caringin Kecamatan  Rumpin Bogor,  dan tempat-tempat peluncuran rafting lainnya di aliran sungai Cisadane, Ciliwung dan dan anak-anak sungai dari keduanya..

Terdapat beberapa tempat peluncuran / Start Point arung jeram / rafting Bogor yang berada di sungai Cisadane, Ciliwung dan anak-anak sungai nya yang melintasi Bogor yaitu :

NoOperatorStart Point / Base
1Operator Rafting Cisadane CR One GroupCiherang Pondok., Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730
2Katulampa Rafting BogorJalan Sukaraja No. 29, Jl. Sukaraja No.29, Sukaraja, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710
3Rafting Cisadane BogorJl. Raya Sukabumi, Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730
4Rafting Cisadane CaringinJl. Mayjen H.R. Edi Sukma No.KM.17, RT.04/RW.01, Caringin, Kec. Caringin, Kota Bogor, Jawa Barat 16730
5Rafting Cisadane Bogor Al HajarJalan Raya Mayjen HE Sukma KM. 16, Ciherang Pondok, Caringin, Lemah Duhur, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730
6Bogor Rafting CaringinJl. Kolonel Bustomi No.1A, RT.002/RW.001, Maseng, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730
7Rafting Outbound Alamanda Cimande Jl. Kolonel Bustomi No.16, Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730
8Rafting Cisadane BogorJl. Raya Sukabumi No.km 16, Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730
9RaftingPro – Rafting Bogor CisadaneMuara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16110

Operator Rafting Cisadane CR One Group


Rafting Bogor – Rafting Cisadane CR One Group merupakan salah satu Operator Wisata Arung Jeram di sungai Cisadane dengan base nya berada di Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tidak sebatas menfasilitasi arung jeram / rafting di sungai Cisadane, Rafting Cisadane CR One Group yang sudah berbadan hukum Comanditaire Venootschap (CV) menfasilitasi kegiatan outdoor activities lainnya seperti offroad, outbound dan paintball.

Katulampa Rafting Bogor


Rafting Bogor – Rafting di Bendungan Katulampa lokasi nya berada di Jalan Pemuda Sindangrasa, Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Bendung Katulampa merupakan bangunan yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1911 dengan tujuan untuk melakukan peringatan dini atas air yang mengalir ke Jakarta serta sebagai sarana irigasi lahan seluas 5.000 hektare yang terdapat pada sisi kanan dan kiri bendung pada zamannya.

Seiring dengan berkembangnya olahraga sungai menjadi wisata petualangan, saat ini bendung Katulampa yang merupakan DAS Ciliwung tengah menjadi salah satu tempat untuk kegiatan Katulampa rafting Bogor.

Rafting Cisadane Cimande Bogor


Rafting di Bogor – Salah satu yang menjadi keunggulan ketika rafting / arung jeram di Sungai Cisadane Bogor adalah adanya bendungan dengan ketinggian terjunan air setinggi 3 meter yang akan arungi oleh pera rafter selain jeram-jeram yang bervariasi.

Wisata Rafting Cisadane memiliki lebih banyak alternatif paket pilihan jika dibanding dengan rafting sungai Kalibaru ataupun arung jeram di sungai Cianten, hal ini karena sungai cisadane memiliki jeram-jeram yang cukup sangat banyak. Base rafting Cisadane Bogor berada di Caringin Bogor berdekatan dengan stasiun kereta api Maseng Bogor.

Rafting Cisadane Caringin – Al Hajar


Rafting di Bogor – Rafting Cisadane Bogor Al Hajar merupakan penyedia jasa kegiatan rafting dengan fokus kegiatannya berada di Jalan Raya Mayjen HE Sukma KM. 16, Ciherang Pondok, Caringin, Lemah Duhur, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730. Tidak sebatas wisata Rafting di Cisadane, Al Hajar memiliki paket outdoor lainnya berupa outbond, paintball,  off road, dll.

Rafting Cisadane Bogor AL Hajar adalah bagian yang terintegrasi dari Cisadane Outbound Rafting yang merupakan penyedia jasa kegiatan rafting / arung jeram, camping, Paint Ball, dan OutBound. Beberapa Paket Rafting Cisadane Bogor Al Hajar sbb :


Untuk informasi paket rafting Cisadane Bogor AL Hajar ataupun Cisadane Outbound Rafting dapat membuka situs cisadane.com atau menghubungi whatapps +6285720445056.

Rafting Outbound Alamanda Cimande


Rafting di Bogor – Di Alamanda Rafting, sekali seorang wisatawan turun untuk mengarungi sungai Cisadane maka ia harus memiliki energi untuk melakukan pengarungan selama 1-2 jam, menempuh jarak 7 km dengan start point / titik peluncuran perahu di caringin, sedangkan energi untuk jarak 11 km dengan titik start di Desa Muara, maka wisatawan harus mempersiapkan energi selama 2-3 jam pengarungan.

Star point dari Muara Jaya ataupun dari Caringin, Keduanya akan berakhir di Ciherang Pondok, selanjutnya wisatawan akan di jemput untuk kembali ke base Alamada Rafting Bogor dengan transportasi lokal. Alamanda Rafting berada di Jl. Kolonel Bustomi Cimande Hilir, Kecamatan Caringin – Bogor, Jawa Barat.

Rafting Cisadane Cimande Bogor


Rafting di Bogor – Tidak sebatas aktivitas rafting, operator Rafting Cisadane Bogor menfasilitasi beragam kegiatan outdoor lainnya seperti outbound, paintball, offroad, boomball dan lainnya. Bertempat di Jl. Raya Sukabumi No.km 16, Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rafting Cisadane Bogor memiliki beberapa paket rafting dengan rute pengarungan 7,5 km dengan estimasi waktu 1.5 jam sampaikan rafting dengan jarak temopuh 11 km dengan estimasi pengarungan selama 2 jam. 

RaftingPro – Rafting Caringin Bogor


Rafting di Bogor – RaftingPro adalah operator rafting yang berada di Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan sungai Cisadane yang menjadi venue pengarungan nya.

Harga Paket Pro Rafting Cisadane Bogor

Paket Minimal Durasi Harga

Kegiatan 1 hari
1x makan,
1 x snack break + welcome drink

30 Pax Full Day Rp. 420.000.- /pax

Rafting + Penginapan

30 Pax 2D 1N Rp. 450.000.- /pax

Rafting + Penginapan + Outbond

30 Pax 2D 1N Rp. 600.000.- /pax

Rafting + Penginapan + Hotel

30 Pax 2D 1N Rp. 700.000.- /pax
Sumber : raftingpro.com

Tempat rafting atau arung jeram di Puncak

Rafting Puncak – Sungai Ciliwung yang melintasi jalur kawasan wisata Puncak, airnya bersumber dari telaga warna dan hutan hutan penyangga disekitarnya. Telaga Warna menjadi salah satu sumber mata air dari 13 anak sungai yang akhirnya menyatu menjadi aliran sungai Ciliwung.

NoOperatorStart Point / Base
1Body Rafting PuncakHighland Camp Curug Panjang ; Jl. Situhiang, Megamendung, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770
2Rafting hotel Pramesthi Megamendung Puncak Jl. Raya Puncak – Gadog Jl. Raya Cibogo No.Km, RW.72, Gadog, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770
3Rafting di Taman Wisata Matahari Cisarua Puncak Jl. Raya Puncak Gadog No.KM 77, Cilember, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

Body Rafting Puncak Bogor


Rafting Puncak – Body Rafting di Puncak kegiatannya diselenggarakan di komplek air terjun Curug Naga yan berada di Desa Citamiang Megamendung Megamendung, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hal yang berbeda dengan arung jeram yang menggunakan perahu rafting, kegiatan pengarungan sungai dan jeram di komplek air terjun curug Naga ini menggunakan tubuh atau badan yang dilengkapi pengaman diri berupa body protector, life jacket dan helm dalam pengarungannya.

Rafting Hotel Pramesthi Megamendung

Figure 15 : Sungai Ciliwung di hotel Pramesthi

Rafting Puncak – Terdapat  2 Trip paket arung jeram / rafting dengan kegiatan terpusat di hotel Pramesthi. Paket pertama  memiliki jarak tempuh sepanjang 5 kilometer di DAS Ciliwung, lama pengarungan 1, 5 jam,dengan mengambil titik peluncuran / Start Point di Cipayung  dan berakhir di hotel Pramesthi.

Harga Paket Rafting hotel Pramesthi Puncak Bogor per orangnya sebesar Rp. 225. 000,-. Biaya termaksud sudah meliputi :

  • Kopi & makanan kecil
  • Es Cendol atau Es kelapa muda
  • Pemandu Rafting
  • Perlengkapan Rafting

Trip yang kedua dengan titik awal pengarungan di hotel Pramesti  dan berakhir di  rest area yang berada di sekitar pintu Tol Ciawi. Trip ini memiliki Jarak tempuh sepanjang 9 kilometer dengan lama Pengarungan sekitar 2 – 3 jam dengan biaya sebesar Rp. 300. 000,- /orang. Biaya termaksud sudah meliputi :

  • Kopi & makanan kecil
  • Es Cendol atau Es kelapa muda
  • Pemandu Rafting
  • Perlengkapan Rafting. Sumber : Rafting di puncak

Rafting Taman Wisata Matahari Cisarua

Figure 16 : Rafting di Taman Wisata Matahari Puncak

Rafting Puncak – Taman Wisata Matahari menyediakan fasilitas arung jeram dengan menggunakan perahu rafting sebagai alat pengarungannya, memiliki beragam jarak tempuh menyusuri DAS Ciliwung, ada yang sejauh 600 meter, 4 kilometer dengan dari durasi pengarungan selama 1 jam, sampaikan jarak 5 kilometer dengan durasi 1, 5 jam pengarungan.

Paket Jarak Harga
Recreation Rafting 600 meter Rp. 30.000
Family Rafting 5 kilometer Rp. 175.000
Fun Rafting 8 kilometer Rp. 250.000
Adventure Rafting 12 kilometer Rp. 350.000

materi bersumber dari situs twm


Tempat Rafting atau arung jeram di Sentul

Rafting Sentul – Operator arung jeram / rafting sentul menggunakan sungai Kalibaru sebagai venue utama dalam pengarungan.

NoOperatorStart Point / Base
1Rafting Kalibaru SentulJl. Sukaraja No.15, Sukaraja, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710
2Arung Jeram SentulJalan Sukaraja, Kp Jl. Raya Cijulang No.28, Sukaraja, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710

Rafting Kalibaru Sentul


Rafting Sentul – Kalibaru merupakan anak sungai Ciliwung yang airnya dapat dikontrol pintu air bendungan katulampa Bogor sehingga aliran air kalibaru cenderung lebih stabil. Tempat peluncuran  / Start Point Rafting Kalibaru berada di sungai Kalibaru dengan basecamp nya berlokasi di Jl. Sukaraja Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Aliran sungai Ciliwung setelah melewati bendungan Katulampa terbagi menjadi 2 aliran, yang pertama airnya mengalir ke Kebun Raya Bogor, aliran yang menuju arah kebun raya Bogor memilii debit  lebih besar, sementara itu aliran yang kedua mengalir ke arah Sentul selatan yaitu sungai Kalibaru Sentul.

Jika dibandingkan dengan badan sungai lainnya di Bogor untuk kegiatan rafting, Sungai Kalibaru memiliki badan sungai yang relatif kecil, namun mengarungi derasnya sungai Kalibaru sentul dengan panjang pengarungan sepanjan 8 km yang dapat ditempuh sekitaer 2 jam memiliki sensasi sendiri. Sepanjang pengarungan, sang pengarung akan melewati beberapa DAM dengan ketinggian luncuran yang bervariatif.

Paket Rafting Kalibaru Sentul Bogor

Rafting Sentul – Rafting di Kalibaru Sentul Bogor hanya memiliki 1 lintasan sepanjang 8 Km yang dapat ditempuh dengan waktu pengarungan selama 2 jalam. Untuk dapat menikmati pengarungan jeram-jeram Kalibaru diberlakukan minimal jumlah peserta yaitu sebanyak 10 orang dengan fasilitasnya berupa :

  • Peminjaman Peralatan Rafting ( Helm, Jaket Pelampung, Dayung )
  • Transportasi lokal
  • Pemandu dan Rescue Team
  • Snack
  • Air Mineral
  • Kelapa Muda
  • Asuransi

Arung Jeram Sentul

Rafting Sentul – Arung Jeram Sentul adalah salah satu operator Rafting di Sentul Bogor sekaligus pemasar rafting di Kalibaru. Aktivitas pengarungan ‘Arung Jeram Sentul‘ dilakukan di sungai Kalibaru Sentul yang memiliki jarak pengarungan sepanjang 7 km dan dapat di arungi selama 2 jam.


Tempat rafting di Cianten dan Halimun

Rafting Cianten – Terdapat dua sungai yang bersingungan dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dimana sungainya

  • Sungai Cidurian ; Berada di Desa Wisata Kiarasari merupakan salah satu Desa Wisata yang sedang berbenah diri membangun kampung wisata Cibuluh dengan mengusung nilai-nilai wisata ramah dan kearifan lokal sunda tua yang menginduk pada kasepuhan Cipatat dan Kasepuhan Urug.
  • Sungai Cianten : berhulu dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak, mengalir ke utara sejauh 49,2 km lalu menyatu dengan dengan Sungai Cisadane.
NoOperatorStart Point / Base
1
Rafting Sungai Cianten Bogor
Desa Muara Jaya Rt 001/ Rw 005 Ciaruteun ilir, Cibungbulang, Cidokom, Kec. Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16350
2CRV rafting BogorJl. Cirangkong, Cemplang, Kec. Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16630
3Tubing Desa Wisata Kiarasari Kiarasari, Kec. Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16660

Rafting Sungai Cianten

cianten rafting bogor arung jeram
Figure 18 : Rafting di sungai Cianten Bogor

Rafting Cianten – Sungai Ci Anten atau Cianten merupakan anak sungai terpanjang Cisadane yang  berada di barat Kabupaten Bogor dan bermuara di Kabupaten Tangerang. Hulu sungai Cianten berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dengan aliran yang cukup stabil,

Selain sebagai pembangkit listrik tenaga air, (pembangkit listrik Kracak) yang dibangun pada tahun 1926 dan masih beroperasi hingga hari ini, sungai Cianten saat ini tengah menjadi venue wisata rafting Bogor / arung jeram, rute arung jeram di sungai Cianten umumnya berakhir di pertemuan sungai Cisadane. 

Cianten River Village Rafting Bogor


Rafting Cianten – CRV atau Cianten River Village rafting merupakan provider kegiatan rafting dengan sungai Cianten sebagai lokasi pengarungannya.  Beberapa paket rafting Bogor yang menjadi pilihan diperuntukan bagi  pemula yang berjarak  1 km, atau dapat ditempuh dengan durasi 30 menit. sampai dengan pengarung mahir dengan jarak tempuh pengarungan sungai sepanjang 12km atau durasi 120 menit.

River Tubing Halimun


Rafting Cianten“Pesta jeram di belantara Hutan Halimun” mengambil start point atau titik peluncuran di kampung wisata Cibuluh dan berakhir di Jembatan Cidurian dengan tube sebagai alat pengarungannya. Pengarungan jeram-jeram dengan tube (tubing) ini melintasi aliran sungai Cidurian yang banyak di tumbuhi oleh tajuk tegakan disepanjang aliran jalur-jalur jeram nya. Aktivitas river tubing di Desa Wisata Malasari merupakan salah satu kegiatan dalam paket wisata Halimun Adventure Journey.


Tempat dan Paket Rafting Citarik Sukabumi

arung jeram citarik rafting sukabumi
Figure 21 : Sungai Citarik Sukabumi untuk Rafting

Tempat Rafting Citarik Sukabumi

Rafting Sukabumi – Tempat rafting di sukabumi berada di aliran sungai Citarik dan sungai Citatih di Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Sungai. Sungai Citarik dan Citatih merupakan salah satu dari 14 anak sungai Cimandiri yang memiliki panjang lebih dari 10 Km untuk aktifitas rafting.

Sungai Citarik Sukabumi

arung jeram citarik rafting sukabumi
Figure 22 : Rafting di sungai Citarik Sukabumi

Rafting Sukabumi – Sungai Citarik terletak di Kecamatan Cikidang, Sukabumi, dengan daya tarik wisata air yang menarik dan menantang, berada pada Grade 2 sampai 5. Saat ini sungai Citarik dimanfaatkan sebagai tempat rafting di Sukabumi Jawa Barat. 

Karakteristik sungai Citarik yang menantang namun aman untuk diarungi para wisatawan, hal ini karena :

  • Jeram ;  arus yang melintasi rintangan kontur sungai ataupun bebatuan yang tidak beraturan yang
  • Arus ; Aliran arus sungai Citarik plat dan bisa di pakai untuk transit atau istirahat.
  • Ombak ; arus yang melintasi bongkahan dari dasar Sungai Citarik Hilir atau bisa bebatuan yang tidak beraturan dan disitulah akan terbentuknya ombak.
  • Hole/Lubang; Sungai Citarik Hilir mempunyai hole yang berbeda-beda. Terjadinya hole adanya arus deras yang melewati rintangan bebatuan dan terjadi terjunan air yang membentuk sirkulasi air sehingga permukaan air berbentuk lobang atau bahasa yang sering kita ketahui pusaran air.

Selain merujuk pada sungai, Citarik merupakan sebuah kelurahan / desa dengan sungai Citarik sebagai identitas marker nya, berada di Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kelurahan Citarik terletak kurang lebih 6 km di sebelah timur Kota Palabuhanratu, ibu kota kecamatan.

Sungai Citatih Sukabumi

arung jeram citarik rafting sukabumi
Figure 23 : Kano di sungai Sukabumi

Rafting Sukabumi – Sungai Cicatih untuk aktivitas rafting terletak di desa Warung Kiara, kecamatan Pelabuhan Ratu Sukabumi. Rafting di Sungai Citatih memiliki rute sepanjang 22 km dengan total jeram sebanyak 20 jeram yang terbagi dua etape, 13 km pertama adalah adventure trip dan 9 km kedua adalah family trip

Paket Rafting Citarik Sukabumi

Rafting Sukabumi – Paket rafting di sukabumi yang kegiatannya dilakukan di sungai Citarik dan Citatih, secara umum terbagi dua durasi yaitu one day trip (1D) dan 2D1N dengan jarak tempuh pengarungan sungai yang beragam.

Dan, dibawah ini adalah gambaran umum harga paket di sungai Citarik dan Citatih Sukabumi. Gambaran paket ini akan berbeda antar satu operator atau event organizer lainnya karena adanya penyesuaian-penyesuaian dari fasilitas yang diberikan.

Paket Rafting Citarik 1D

Jarak TempuhHarga Paket
5 km / 1 jamRp. 220.000,-
9 km / 2 jamRp. 280.000,-
12 km / 3 jamRp. 365.000,-
17 km / 5 jam

Paket Rafting rafting Citarik 1D 
Include :
1. Transfortasi lokal (MP to SP)
2.Peminjaman peralatan Rafting
3. 1x makan dan 1x snack
4. Kelapa muda
5. Guide/instruktur
5. Asuransi

Paket Rafting Citarik 2D1N

Jarak TempuhHarga Paket
5 km / 1 jamRp. 450.000,-
9 km / 2 jamRp. 490.000,-
12 km / 3 jamRp. 560.000,-
17 km / 5 jam

Paket Rafting rafting Citarik 2D1N 
Include :
1. Akomodasi
2. Paket Rafting fullboard
3. Transfortasi lokal (MP to SP)
4. Peminjaman peralatan Rafting
5. 1x makan dan 1x snack
6. Kelapa muda
7. Guide/instruktur
8. Asuransi

Paket Rafting Citatih 1D

Jarak TempuhHarga Paket
9 km / 2 jamRp. 240.000,-
9 km / 3 jamRp. 270.000,-
12 km / 5 jamRp. 370.000,-

Paket Rafting rafting Citatih 1D 
Include :
1. Transfortasi lokal (MP to SP)
2. Peminjaman peralatan Rafting
3. 1x makan dan 1x snack
4. Kelapa muda
5. Guide/instruktur
6. Message
7. Sertifikat Rafting
8. Asuransi

Operator Rafting Citarik Sukabumi

NoOperatorStart Point / Base
1Arus Liar Rafting SukabumiCijambe, Kec. Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43367
2Caldera Indonesia – River Resort CitarikJl. Alternatif Cikidang – Pelabuhan Ratu RT. 5 RW. 3 Kampung Lebak Wangi Cijambe, Cikiray, Kec. Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43367
3Arung Jeram Citarik Sukabumi – Niagara Arung JeramPajagan, Cijambe, Cikiray, Kec. Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 13410

Arus Liar Rafting Sukabumi


Rafting Sukabumi – Arus Liar merupakan salah satu operator ratfing di sungai Citarik Sukabumi sekaligus pelopor Arung Jeram di Indonesia, serta kegiatan-kegiatan berbasis adventure yang memiliki tempat akomodasi dengan konsep Back to Nature. Sejak berdirinya  tahun 1995, Arus Liar telah melayani ribuan tamu domestik maupun international dengan mengarungi sungai Citarik Sukabumi.

Caldera Indonesia – River Resort Citarik


Rafting Sukabumi – Caldera Rafting merupakan operator arung jeram pertama yang beroperasi di Sungai Citarik Sukabumi. Setelah diresmikannya pada tahun 2009, Caldera Rafting Citarik Sukabumi kemudian menjadi tempat rekreasi rafting terbesar kedua di Indonesia setelah sungai pekalen, kabupaten Probolinggo, Jawa timur. 

Terdapat 5 paket wisata rafting yang ada di Caldera yaitu paket Rafting Grand Crocodile yang memiliki jarak tempuh 17 km atau selama 4 jam pengarungan, Crocodile dengan jarak tempuh 11 km atau selama 3 jam pengarungan, Alligator jarak dengan jarak tempuh 9 km atau 2 jam pengarungan, Salamander memiliki jarak tempuh 5 km atau 1 jam pengarungan dan Baby salamander untuk anak usia 4 – 9 tahun.

Caldera Rafting Citarik Sukabumi merupakan tempat Rafting terbesar dan terlengkap, di Jawa Barat. 

Arung Jeram Citarik Sukabumi – Niagara Rafting


Rafting Sukabumi – Niagara Rafting merupakan salah satu pemasar arung jeram di Citarik Sukabumi. pemasar arung jeram yang berkantor di JL TB Simatupang, Kel Gedong,Pasar Rebo Jakarta Timur ini memiliki beberapa trip rafting pilihan yang ditawarkan di sungai Citarik maupun Citatih Sukabumi, yaitu :  1. Adventure Trip yang memiliki jarak tempuh pengarungan sepanjang 12 km, bagi yang bersama keluarga besar ingin bermain rafting yang tingkat jeramnya aman untuk anak-anak bisa mencoba Family Trip 9 km. Selengkapnya berikut pilihan paket dari Niagara Adventure di sungai Citatih dan Citarik Sukabumi.

Paket Rafting sukabumi, operator Niagara Arung Jeram

Lokasi Metting Point:

Saung Kapinis (Outdoor Cafe & Resto)
Jl Raya Pelabuhanratu KM.14 Kp Sugeman RT04/05, Sukaharja Kab Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasi Rafting :
1. Pajagan, Cijambe, Cikiray, Kec. Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 13410

2. Sirnajaya, Kec. Wr. Kiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43362.

Simpulan Paket Rafting Bogor dan Tempat Arung Jeram di Puncak Jawa Barat

Rafting di Bogor – Arung jeram atau rating yang awalnya sebagai olahraga arus deras, saat ini mulai merambah sebagai salah satu kegiatan wisata berbasis petualangan, olahraga dan rekreasi. Di Puncak dan Bogor yang kawasannya dilintasi oleh sungai Ciliwung dan Cisadane serta anak-anak sungai dari gunung salak, gunung Gede dan pangrango serta pegunungan Halimun aliran sungainnya sering di pergunakan untuk kegiatan wisata arung jeram / rafting untuk menfasilitasi wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Puncak atau ke Bogor.

Terdapat tiga (3) paket rafting Bogor dan arung jeram di Puncak, yaitu :

  • Paket Rafting Bogor yang pengarungannya berada di Sungai Cisadane dengan start point rafting berlokasi di Muara Jaya, Kecamatan Caringin, Bogor.
  • Paket Body Rafting Puncak yang dilakukan di  komplek air terjun curug Naga di hulu sungai Ciesek
  • Paket Arung Jeram Halimun Bogor adalah pengarungan sungai Cidurian dengan menggunakan tube yang mengambil start point di Desa Wisata Malasari.


This entry was tagged in rafting and rafting bogor, rafting di puncak, rafting kalibaru, rafting sungai cisadane, rafting murah, rafting cisadane, rafting di bogor, arung jeram di puncak, arung jeram di bogor, arung jeram, rafting terdekat, tempat rafting di bogor, rafting cisadane bogor, canyoning rafting, arus liar rafting, paket rafting cisadane, rekomendasi rafting di bogor, rafting puncak, rafting cisadane adventure, arung jeram terdekat, rafting bogor adventure, wisata arung jeram bogor,  rafting di bogor, paket rafting bogor, body rafting bogor, rafting cisadane bogor, tempat rafting di bogor, rafting bogor cisadane, rafting caringin bogor, rafting kalibaru sentul bogor, arung jeram bogor, arung jeram di bogor, arung jeram puncak bogor, arung jeram caringin bogor, arung jeram kalibaru bogor, wisata arung jeram bogor, arung jeram di puncak bogor, paket arung jeram di bogor, kayak rafting, paket rafting puncak, paket arung jeram puncak.

References

References
1 Oxford Dictionary
2 Tubing, also known as inner tubing, bumper tubing, towed tubing, or kite tubing, is a recreational activity where an individual rides on top of an inner tube, either on water, snow, or through the air. The tubes themselves are also known as “donuts” or “biscuits” due to their shape (Wikepedia)
3 Desa Wisata Kiarasari merupakan salah satu Desa Wisata yang sedang berbenah diri membangun kampung wisata Cibuluh dengan mengusung nilai-nilai wisata ramah dan kearifan lokal sunda tua yang menginduk pada kasepuhan Cipatat dan Kasepuhan Urug
4 Tonjolan dasar sungai / rintangan atau letak batu yang tidak beraturan